Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris teknik 1 dengan pendekatan kontekstualisme fungsional: materi ESP (English for Specific Purpose) untuk mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Negeri Ambon / Meiti Leatemia

Main Author: Leatemia, Meiti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/57069/
Daftar Isi:
  • PendidikanPoliteknikmerupakanpendidikanprofesionalyangdiarahkanpadakesiapanpenerapankeahliantertentu.SistemdanpenyelenggaraanpendidikanmengacuhpadakurikulumnasionalprogramDiploma3.DalamperkembangannyakurikulumPoliteknikdisesuaikandengankemajuanilmupengetahuandanteknologisertatuntutanmasyarakatmaupunpemakaijasa.BahasaInggrismerupakanbahasaglobalbahasayangdigunakandalamperkembanganilmupengetahuandanteknologi.SalahsatuprasyaratutamadalammemasukiindustriataupasarkerjaadalahpenguasaanbahasaInggris.UmumnyadiIndonesiabahasaInggrisdibelajarkandalamkonteksbahasaasing.BahasaInggristeknikImerupakanmatakuliahyangdiberikanuntuksetiapprogramstudipadajurusanrekayasadiPoliteknikKenyataandilapanganmenunjukanbahwaoutputlulusanPolitekniktidakdapatmenggunakanbahasaInggristeknikdalambidangnyadiindustri.Halinidikarnakankarena1)kurangtersedianyamateri-materibahanajarbahasaInggristeknikyangrelevandenganpengetahuandasarmaupunpengetahuanpraktisteknikmesinbaikdibengkelmaupundiindustri2)materi-materiyangdigunakandalambukuajarkurangmenarik3)DosenbahasaInggriskurangkreatifdankurangtepatdalammemilihmaterimaupunmerancangbukuajaryangdigunakan4)tidakmempertimbangkanpendekatanpsikologidanmetodologipembelajaranmaupunkharakteristikpebelajar.Berdasarkanberbagaipermasalahantersebutmakapenulismencobamenggunakanpendekatankontektualismefungsionaldalammemilihmateri-materibukuajarbahasaInggrisTeknikIagarlebihbermaknabagipebelajardenganlingkunganbelajarteknikmesinsedangkanpengembangannyamenggunakanmodelDickCareyCarey.Produkpengembanganyangdihasikanberbentukpaketpengembangantektualyakni(1)bukuajar(2)panduandosendan(3)panduanmahasiswa.TujuanpengembanganagarpebelajardapatmeningkatkankualitashasilbelajarbahasaInggristeknikIdanmenggunakannyadilapanganpekerjaan(marketplace).Hasilujicobaprodukdiharapkandapatdijadikansebagaiacuandalampenggunaanproduksebagaisumberbelajarmaupunsebagaireferencedalamkajian-kajianteoriyangberhubungandenganpenelitianpengembanganbidangET/IT.SetelahmelakukanrevisiberdasarkanangketpenilaianhasilwawancaramaupundiskusidenganparaAhliisimaupunAhlimediadanracanganpembelajaranmakaprodukpembelajarantersebutdiujicobakan.PenilitianpengembanganinidilaksanakandiPoliteknikNegeriAmbon.Mahasiswateknikmesinyangdijadikansubjekcobadalampenelitianiniyakni3orangmahasiswauntukujicobaperorangan8orangmahasiswauntukujikelompokkecilujilapanganadalah1orangdosenbahasaInggrisdan15orangmahasiswateknikmesin.Penelitianpengembanganinimenggunakanangketskala5sebagaiinstrumendalampengumpulandata.Setelahdiujicobakanpadatahapujiperoranganhasilmenunjukanbahwaprodukbukuajardanpanduanmahasiswaperludirevisibaikmenyangkutkesalahanketikkesalahanpenggunaanhurufbasar/hurufkecilkesalahanpenggunaantandabacadansebagainya.Darihasilujicobakelompokkecilmakadidapatibahwaprodukpaketpembelajarankhususnyabukuajarreratamencapai8925%danprodukpanduanmahasiswamencapai8925%keduanyadinyatakanbaiktingkatkualifikasinya.Hasilujicobalapangandari1respondenyaknidosenbidangstudimenyatakanreratapencapaianprodukbukuajar9333%dinyatakansangatbaikpanduandosen8375%dinyatakanbaikdanpanduanmahasiswa8333%dinyatakanbaik.Darihasilangket15respondenditemukanbahwareratapanduanmahasiswamencapai9006%danprodukbukuajarmencapai9332%keduaprodukinidinyatakansangatbaiktingkatkualifikasi.Untukmelihatefektifnyapenggunaanprodukbukuajardilapanganpenelitimelakukanpre-testsebelummelakukanperlakuankegiatanpembelajaranselama3kalipertemuandandiakhiridenganpemberianpost-test.Berdasarkandatahasilpre-testdanpost-testtersebutmakadilakukananalisaparametrikdenganmenggunakanujituntukduasampelberhubungandenganmenggunakanbantuanprogramkomputerSPPS13.Darihasilujitditemukanbahwahasilbelajarsesudahmenggunakanpaketpembelajaranlebihbaikdarisebelum.MakadapatlahdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarmahasiswasesudahmenggunakanpaketpembelajaranbahasaInggristeknikI.dibandingkandengansebelummenggunakanprodukpembelajaran.DengandemikianpenggunaanprodukpaketpembelajaranbahasaInggristeknikIdenganpendekatankontektualismefungsionalinilebihefektifuntukmeningkatkankualitashasilbelajarbahasaInggristeknikImahasiswateknikmesin.Beberapasaranyangdiajukandiperkirakandapatmeningkatkanpresentasedankualitaspemanfaatanprodukadalahsaran(1)pemanfaatanproduk(2)desiminasiproduk(3)dankelanjutanpengembanganproduk.