Keefektifan problem-solving strategy untuk meningkatkan kemampuan kelola emosi marah siswa SMA / Ferisa Prasetyaning Utami

Main Author: Utami, Ferisa Prasetyaning
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/56967/
Daftar Isi:
  • RINGKASANUtamiFerisaPrasetyaning.2018.KeefektifanProblem-SolvingStrategyuntukMeningkatkanKemampuanKelolaEmosiMarahBagiSiswaSekolahMenengahAtas.Tesis.ProgramStudiBimbingandanKonselingPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd.(2)Dr.IM.HambaliM.Pd.KataKunciProblem-solvingStrategykemampuankelolaemosimarahKemampuankelolaemosimerupakankemampuanindividuuntukmenemukanresponyangtepatketikadihadapkanpadasituasiemosional.Salahsatuemosiyangmenjadiperhatiankhususpadapenelitianiniadalahemosimarah.Munculnyaemosimarahdisebabkanadanyapenilaianyangnegatifsebagaireaksiterhadaplingkunganatausituasiemosional.Remajaperlumemilikiketerampilanmengelolamarahagarterhindardariperilakumaladaptifdandapatmencapaikematanganemosisesuaidengantugas-tugasperkembangannya.Fenomenadilapanganmenunjukkanbahwaketidakmampuanremajauntukmengelolaemosiakanberdampakmunculnyaperilaku-perilakumaladaptifsepertiperilakuagresifmelakukankekerasanverbaldijauhisecarasosialdankonflikinterpersonal.TujuandaripenelitianiniadalahmengujikeefektifanProblem-SolvingStrategyuntukmeningkatkankemampuankelolaemosimarahbagisiswaSekolahMenengahAtas.Instrumenpengumpulandatauntukpenjaringansubjekmenggunakanteskemampuankelolaemosimarah.PenelitianinidilakukandiSMABrawijayaSmartSchoolMalangdengansubjekpenelitianberjumlah12orang.PenelitianinimenggunakandesainpenelitianNonequivalentcontrolgroupdesignyangdibagimenjadiduakategorikelompokyaitukelompokeksperimendankelompokkontrol.Kelompokeksperimen(n6)diberikanperlakuanProblem-SolvingStrategydankelompokkontrol(n6)diberikanperlakuanThoughtStoppingStrategy.Analisisdatayangdigunakanpadapenelitianiniadalahanalisisstatistiknon-parametrikujiWilcoxonSignedRankTestdanujiMannWhitneyUTest.UjiWilcoxonSignedRankTestdigunakanuntukmengetahuiperbedaanskorsebelumdansesudahdiberikanintervensi.UjiMannWhitneyUTestuntukmengetahuiperbedaanskorpost-tespadakelompokeksperimendankelompokkontrolsetelahdiberikanintervensi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaProblem-SolvingStrategyefektifuntukmeningkatkankemampuankelolaemosimarah.BerdasarkanhasilujiWilcoxonSignedRankTestterhadapnilaipre-testdanpost-testpadakelompokeksperimenmenghasilkannilaiAsympSig(1-tailed)adalah001350025makadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanskorkemampuankelolaemosimarahkelompokeksperimensebelumdansesudahdiberikanperlakuanProblem-SolvingStrategy.SelanjutnyaujistatistikMannWhitneyUTestyangmenunjukkanbahwaAsymp.Sig(1-tailed)adalah004450025sehinggadisimpulkanbahwatidakadaperbedaanskorpost-testantarkelompokeksperimendankelompokkontrolsehinggadapatdisimpulkanteknikProblem-SolvingStrategydanThoughtStoppingStrategysamaefektifnyauntukmeningkatkankemampuankelolaemosimarah.PemberianintervensiProblem-SolvingStrategymemilikidampakpengiringsebagaitemuanpenelitiyangterjadipadasubjekpenelitianyaituadanyaperubahanpolapikirsubjekpenelitianketikamenilaipermasalahanmemicumunculnyaemosimarahdanpemilihansolusiuntukmengatasikonflikyangmenyebabkanemosimarahsudahmengarahkepadasolusiyangkonstruktif.Berdasarkanpenelitianinisaranbagipenelitiselanjutnyaadalahperlumenambahdurasiwaktuintervensidanmengkombinasikandenganteknikbehavioristik.SelanjutnyasaranbagikonselordisekolahadalahdapatdenganmenerapkanintervensiteknikProblem-SolvingStrategysebagaialternatifteknikuntukmeningkatkankemampuankelolaemosimarah.