Pengembangan panduan pelatihan kesadaran keragaman budaya dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP / Luthfita Cahya Irani
Main Author: | Irani, Luthfita Cahya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56927/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANIraniLuthfitaCahya.2018.PengembanganPanduanPelatihanKesadaranKeragamanBudayadenganDialogSocratesBerbantuanMediaWayangKulituntukSiswaSMP.TesisProgramStudiBimbingandanKonselingPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DanyMoenindyahHandariniM.A.(II)Dr.H.AdiAtmokoM.SiKataKuncipanduankesadarankeragamanbudayadialogsocratesmediawayangkulit.TingginyadinamikakehidupanmasyarakatIndonesiasertamertamembawadampakpadarentannyagesekanantarsesamaindividumaupunkelompok.Adanyagesekantersebuttakjarangberakhirpadakonflikdankekerasan.Dewasainiperilakukekerasanyangterjadidalammasyarakatsecaraumummemberikanrolemodelbagipesertadidik.Situasitersebutsecaratidaklangsungberdampaksecaraseriusterbuktimeningkatnyaangkakekerasanyangdilakukanolehpesertadidiksepertibullyingtawuranperkelahiandantindakannegatiflainnya.Salahsatuupayayangrelevandilakukanuntukmencegahsekaligusmengurangiperilakukekerasanpesertadidikdisekolahyaknimelaluiimplementasipendidikandamai.Pendidikandamaisendirimerupakansebuahkonsepbesaryangmenaungipengembangankaraktersosialindividuuntukmencapaipribadidamai.Konseppendidikandamaimeliputipengembangankarakterindividudiantaranya(a)kesadarankeragamanbudaya(b)kesadarankontroldiri(c)kesadarantoleransi(d)kesadaranempati(e)kesadarantoleransidan(f)keterampilanberpikirkritis.DidasarkanpadasituasiIndonesiayangpluralisyangjugaditurunkandalamlingkungansekolahmakakesadarankeragamanbudayamerupakansalahsatuindikatorpembentukpribadidamaiyangrelevanuntukdilatihkankepadasiswa.Berdasarkanpenelitianawalyangdilakukanterhadap302siswaSMPterkaitskalakesadarankeragamanbudayadi9sekolahyangtersebardi5kecamatandiKotaMalangdiketahuibahwa62%masukpadatingkatkesadarankeragamanbudayayangsangatrendah.Selanjutnya234%masukpadakategorirendahdan271%masukpadakategorikesadarankeragamanbudayasedang.Sisanyayaitu225%dan208%masukkategorikesadarankeragamanbudayatinggidansangattinggi.Polakurvadatayangdihasilkannormalwalaumenunjukkansebaranyangrata.Namunjumlahkategorirendahdansangatrendahhampirmencapai30%sehinggaaspekkesadarankeragamanbudayasiswaSMPperluuntukditingkatkan.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniialahmenghasilkanpanduanpelatihankesadrankeragamanbudayadengandialogsocratesberbentuanmediawayangkulituntuksiswaSMP.Produkyangdikembangkanterdiridaribukupanduanuntukkonselordanmediawayangkulityangmenyajikanisuuntukprosesdialogsocrates.ProsedurpenelitianpengembanganinimenggunakanrancanganpenelitianmodelBorgGall(1983)dengantahap-tahapyangdimodifikasisesuaidenganketerbatasandanasumsiuntukmemaksimalsetiaptahappenelitian.Tahapyangdigunakanialah1)penelitianawaldanpengumpulandata2)perencanaan3)pengembanganprodukawal4)ujicobaprodukawal5)perbaikanprodukdan6)produkakhir.BerdasarkanhasilujicobaprodukpadatigaahliBimbingandanKonselingsecarakuantifikasimemperolehkesepakatannilaidengantingkatrelevansitinggiterhadapkeriteriakeberterimaanprodukyaknikegunaankelayakandanketepatanproduk.Selanjutnyaberpijakpadadatahasilujicobapadatigaahlimediapembelajaransecarakuantifikasijugamemperolehkesepakatannilaidengantingkatrelevansitinggiterhadapkeriteriakeberterimaanprodukyakniaspekkemenarikan.Padaujicobaprodukpadasubjektunggalahliwayangjugamemperolehpenilaiandengantingkatrelevansitinggiterhadapkeberterimaanprodukberdasarkanaspekketepatan.ujicobaprodukpadatigacalonpenggunasecarakuantifikasimemperolehkesepakatannilaidengantingkatrelevansitinggiterhadapkeriteriakeberterimaanprodukyaknikegunaankelayakandanketepatanproduk.Berpijakpadahasilujicobapada3ahliBimbingandanKonseling3ahlimediapembelajaran1ahliwayangdan3calonpenggunamakaprodukberupaPanduanPelatihanKesadaranKeragamanBudayadenganDialogSocratesBerbantuanMediaWayangKulituntukSiswaSMPtelahmemenuhikriteriakeberterimaanproduksehinggalayakdigunakansebagailayananBKpreventif-developmentaluntuksiswaSMP.Sehubungandenganpemanfaatanyangdidasarkanpadahasiltemuandilapanganterdapatsaranbagikonseloragarprodukyangdihasilkaninidapatdigunakandalamkegiatankurikulumpengembangandirisiswamelaluipendidikankarakterdenganmelakukankajianlebihlanjutdenganpihak-pihaksekolahyangberwenang.DisampingituuntukkegiatanpengembanganprodukbagipenelitiselanjutnyaadalahmelaksanakanujikelompokkeciluntukmengetahuiketerlaksanaandankeefektifanpanduanpelatihankesadarankeragamanbudayadengandialogsocartesberbantuanmediawayanguntuksiswaSMP.