Keefektifan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training untuk meningkatkan interpersonal skills siswa SMP / Citra Tectona Suryawati

Main Author: Suryawati, Citra Tectona
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/56925/
Daftar Isi:
  • RINGKASANSuryawatiCitraTectona.2018.KeefektifanLayananKonselingKelompokdenganMenggunakanTeknikAssertiveTraininguntukMeningkatkanInterpersonalSkillsSiswaSMP.Tesis.ProgramStudiBimbingandanKonseling.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.IM.HambaliM.Pd.(II)Dr.BlasiusBoliLasanM.PdKatakunciinterpersonalskillskonselingkelompokteknikassertivetrainingKeterampilaninterpersonalatauinterpersonalskillsmerupakankemampuanindividudalamberinteraksidenganlingkungandisekitarnyatermasukdenganteman-temansebaya.Individuyangmemilikiketerampilaninterpersonalyangbaikakanmudahbahagiadanmencapaitugas-tugasperkembanganterutamadalamaspeksosial.Untukmeningkatkanketerampilaninterpersonalmenggunakanintervensikonselingkelompokdenganmenggunakanteknikassertivetrainng.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahassertivetrainingyangdikemaskedalamkonselingkelompokefektifuntukmeningkatkanketerampilaninterpersonal.Rancanganpenelitianiniyaitupre-eksperimentaldenganbentukrancanganonegrouppretestposttest.SubjekpenelitianinisebanyaktujuhsiswakelasVIIISMPNegeri1KartoharjoKabupatenMagetan.Penentuansubjekpenelitianmenggunakantesketerampilaninterpersonaldenganmenggunakananalisisvaliditasbiserialyaitujikaskort-hitungt-tabelmakabutiritemdikatakanvalid.Reliabilitasmenggunakanalphacronbachdengannilaisebesar0751yangberartiinstrumentdapatmemberikanhasilpengukuranyangdapatdipercayadanlayakdigunakansebagaialatpengumpulandata.Nilaimeanpretestyaitusebesar542danmeanposttestsebesar1357yangberartiadaperbedaanantarahasilrata-ratapretestdanposttest.AnalisisdatadalampenelitianinimenggunakanujiWilcoxonsignedrankstest.HasilanalisisdatamenunjukkannilaiAsymp.Sig(2-tailed)adalah0.0140.05makaHoditolak.ArtinyakonselingkelompokdenganmenggunakanteknikassertivetrainingefektifuntukmeningkatkanketerampilaninterpersonalsiswaSMP.BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasanterdapatbeberapasarankepadaguruBKhendaknyaguruBKataukonselorsekolahmemilikikemauanuntukmengembangkandiridanbelajaruntukmenerapkantekniktersebutsebagaiwujudbantuanbagisiswayangmemilikipermasalahanberkenaandenganketerampilaninterpersonal.Kepadapenelitiselanjutnyahendaknyadapatmenerapkankembalipadasubjekdijenjangyanglain.Hendaknyamenggunakandesainpenelitianyangberbedadanlebhmendalamsertavariatifsertamenggunakansubjekpenelitianyanglebihluasagardapatmelihatperubahansecaramenyeluruhsertadapatbergunabagilebihbanyakindividu.