Keefektifan Konseling Rasional Emotif Perilaku (KREP) untuk meningkatkan penerimaan diri siswa cacat fisik / Marlena

Main Author: Marlena
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/56901/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMarlena.2017.KeefektifanKonselingRasionalEmotifPerilaku(KREP)untukMeningkatkanPenerimaandiriSiswaCacatFisik.TesisPascasarjanaProgramStudiBimbingandanKonselingUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AdiAtmokoM.Si.dan(II)Dr.CarolinaL.RadjahM.Kes.KataKunciPenerimaandirikonselingRasionalEmotifPerilakusiswacacatfisik.Penerimaandirimerupakansuatutingkatankesadaranindividutentangkarakteristikkepribadiannyaakankemauanuntukhidupdengankeadaandiridanmenerimadiritanpasyarat.Siswadisabeladalahsiswayangmemilikikondisifisikberbedapadaumumnya.Siswayangmemilikikecacatanfisikmayoritasmengalamimasalahdalammenerimakeadaandiriterutamasiswayangmemilikikecacatanfisikakibatkecelakaan.SalahsatucarauntukmeningkatkanPenerimaandirisiswaadalahdenganlayanankonseling.Kreatifitasdanteknikdalamkonselingdiperlukanagarkonselimendapatkanmanfaatyanglebihmaksimal.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektivitaspendekatanKREPdenganteknikmempertanyakankeyakinanirasional.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimendengandesainsubjektunggal.BentukrancanganpenelitianyangdigunakanadalahA-B-AyaituBaseline(A)-Intervensi(B)-Baseline(A).Subjekpenelitianiniadalah2orangsiswaSMKPGRI1kediriyangmemilikikecactanfisikakibatkecelakaan.Datadikumpulkandenganmenggunakanskalapenerimaandiridannilaivaliditasyangdiperolehdiatas03danreliabilitasnyaadalah0920danpedomanobservasi.Analisisdatamenggunakananalisistrend(Slope).HasilpenelitianmenunjukkanbahwaKREPdenganteknikmempertanyakankeyakinanirasionalefektifuntukmeningkatkanpenerimaandirisiswacacatfisikakibatkecelakaanterlihatdarihasilanalisisdatakeduasubyekmenunjukkanestimasikecenderunganarahperubahansikappenerimaandirimengalamitrendturundannaikpadasubjekANdantrendnaikdanmendatarpadasubjekRA.PendekataniniberfokusuntukmembantusiswadalammeningkatkanpenerimaandirimerubahpemikirandanperilakuyangirasionalmenjadiperilakudanpemikiranyangrasionaldanpositifdenganmenggunakanteknikmempertanyakankeyakinanirasionaldalamKREPsehinggapermasalahansiswaakanpenolakandiridapatsegeradiatasi.Saran1)bagikonselorperlumelakukanidentifikasimengenaitingkatpenerimaandiripadasiswadisekolah.Selanjutnyauntukmembantusiswadalammeningkatkanperilakupenerimaandiri.konselordapatmenngunakanteknikmempertanyakankeyakinanirasionaldalamKREP.2)BagipenelitiselanjutnyahasilpenelitiantentangkeefektifanKREPdenganteknikmempertanyakankeyakinanirasionaluntukmeningkatkanpenerimaandiriinidapatdijadikansebagairujukandanperluditindaklanjutidenganvariasisubjekdanpopulasiyangberbedamisalnyapadasiswaSLBdankorbanbullyingyangmemilikimasalahterkaitpenerimaandiri.