Keefektifan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Babat, Lamongan / Galuh Prasetyoningrum

Main Author: Prasetyoningrum, Galuh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/56854/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrasetyoningrumGaluh.2016.KeefektifanKonselingRingkasBerfokusSolusiUntukMeningkatkanMotivasiBerprestasiSiswaSekolahMenengahAtas(SMA)Negeri1BabatLamongan.TesisProgramStudiBimbingandanKonseling.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.CarolinaL.RadjahM.Kes(2)Dr.IMHambaliM.PdKataKuncimotivasiberprestasikonselingringkasberfokussolusiMotivasiberprestasiadalahkecenderunganuntukberusahasuksesdanmemilihkeberhasilanataukegagalanataskegiatanyangberorientasipadatujuan.Fenomenarendahnyamotivasiberprestasisiswayaitusiswatidakmemilikitanggungjawabterhadaptugaskurangtepatmenentukansasarankurangmemilikiinovasidalammenyelesaikantugasdantidakadakeinginanmendapatkanumpanbalikterhadapkinerjanya.Permasalahantersebutharussegeradiatasisehinggapendekatankonselingyangdipilihjugaharusbersifatsegeradancepat.Konselingringkasberfokussolusiadalahsuatumodelpendekatanyangmembantukonselidalammenyelesaikanpermasalahnnyadenganmenitikberatkanpadasolusidanlangkahyangtepatberdasarkankekuatanataukemampuandalamdirikonseli.TujuanpenelitianuntukmengetahuikeefektifankonselingringkasberfokussolusiuntukmeningkatkanmotivasiberprestasisiswaSekolahMenengahAtas(SMA)Negeri1BabatLamongan.Rancanganpenelitianeksperimendengandesainsinglesubject.BentukrancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaituA-B-A1Baseline(A)-Intervensi(B)-Baseline(A1).SubjekpenelitianadalahlimasiswakelasXIIPA1SMAN1Babat.Instrumenpengumpuldatamenggunakanskalamotivasiberprestasipedomanobservasidanpedomanwawancara.Analisadatamenggunakananalisisvisualgrafik.Hasilanalisisvisualgrafikmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanpadafaseintervensi(B)danbaseline(A1).Presentasedatatumpangtindihsetiapkonseliadalah0%.Haliniberartiintervensiyangdiberikansangatefektif(10%)sehinggadapatdisimpulkanbahwakonselingringkasberfokussolusiefektifuntukmeningkatkanmotivasiberprestasisiswa.Saranuntukpenelitianselanjutnyasebaiknyamenggunakanmultiplebaselinedanpenambahansesipadafasebaseline(A)danfasebaseline(A1).Konselormenggunakankonselingringkasberfokussolusiuntukmeningkatkanmotivasiberprestasisiswadalammemberikankonselingdengansiswahendaknyaditempatyangnyamansertatenangsehinggabisafokusdanmemberikanpujianterhadapkonseliterhadapkemajuanyangdicapai.