Keefektifan "proses guru" sebagai teknik bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK / Guruh Sukma Hanggara
Main Author: | Hanggara, Guruh Sukma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56834/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHanggaraGuruhSukma.2015.KeefektifanProsesGuruSebagaiTeknikBimbinganKelompokDalamMeningkatkanPengambilanKeputusanKarierSiswaSMK.TesisProgramStudiBimbingandanKonselingPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.M.RamliM.A.(II)Dr.Moh.IrtadjiM.Si.KataKuncikeefektivanprosesGURUbimbingankelompokkemampuanpengambilankeputusankarier.Kemampuanpengambilankeputusankariermerupakansalahsatukapasitaskognitifseseorangdalammengevaluasiberbagaipilihankariergunamenghasilkankomitmenyangbertanggungjawab.Dengankemampuanpengambilankeputusankarieryangbaikmakaindividudapatmemilihkarieryangsesuaidenganpotensnyasecarabertanggungjawabkonsekuendanmatang.UntukitukemampuanpengambilankeputusankariersiswaSMKperluditingkatkansalasatunyamelaluibimbingankelompokdenganteknikprosesGURU.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifanprosesGURUsebagaiteknikbimbingankelompokdalammeningkatkankemampuanpengambilankeputusankariersiswaSMK.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianPretest-PosttestControlGroupDesigndengansubjekpenelitiansiswaSMKN1Trenggalek.TeknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradanskalakemampuanpengambilankeputusankariersiswaSMK.Datayangdiperolehberupadataangkadandatanonangka/verbal.Dataangkadianalisismenggunakanstatistikdeskriptifdaninferensial.Datanonangka/verbaldianalisisdenganmendeskripsikandatakemudianmenarikkesimpulandarideskripsitersebut.HasilujihipotesismenggunakanTwoIndependentSampleTestMannWhitneyUmenghasilkantarafsignifikansiantarakelompokkontroldaneksperimensebesar003706005yangberartibahwabimbingankelompokdenganmenggunakanprosesGURUlebihefektifdibandingkandenganbimbingankelompoktanpaprosesGURU(asusual)dalammeningkatkankemampuanpengambilankeputusankariersiswaSMK.Saranyangdiajukandalampenelitianiniadalah(1)GuruBKseyogyanyamenggunakanprosesGURUsebagaiteknikdalamBKyangdiaplikasikansecarakolaboratifbersamapendekatanBKlainya(2)PenggunaanprosesGURUhendaknyajugamemperhatikantahapperkembanganaspekyanghendakdikembangkandanjugakontenprosesGURUitusendiri(3)UntukpenelitiselanjutnyasebaiknyamenelitiprosesGURUdengandesainselaintrueexperimentPretest-PosttestControlGroupDesignsepertiSingle-SubjectDesignspenelitiantindakandalamBKdanpenelitianmodellainnyasehinggadapatlebihterujikeefektifannyadanjugalebihmemperhatikanpenggunaaninstrumenpenelitiandenganbaik(4)PenelitiselanjutnyadiharapkanmemperhatikanancamanvaliditasinternalmaupuneksternaldanmengujikeefektifanmodelprosesGURUdalamberbagaiaspekpsikologiyanglainsepertimotivasihargadiriefikasidirikemampuanberfikirkritiskemampuanberfikirrespekdanlainsebagainya.