Keefektifan "proses guru" sebagai teknik bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK / Guruh Sukma Hanggara

Main Author: Hanggara, Guruh Sukma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/56834/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHanggaraGuruhSukma.2015.KeefektifanProsesGuruSebagaiTeknikBimbinganKelompokDalamMeningkatkanPengambilanKeputusanKarierSiswaSMK.TesisProgramStudiBimbingandanKonselingPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.M.RamliM.A.(II)Dr.Moh.IrtadjiM.Si.KataKuncikeefektivanprosesGURUbimbingankelompokkemampuanpengambilankeputusankarier.Kemampuanpengambilankeputusankariermerupakansalahsatukapasitaskognitifseseorangdalammengevaluasiberbagaipilihankariergunamenghasilkankomitmenyangbertanggungjawab.Dengankemampuanpengambilankeputusankarieryangbaikmakaindividudapatmemilihkarieryangsesuaidenganpotensnyasecarabertanggungjawabkonsekuendanmatang.UntukitukemampuanpengambilankeputusankariersiswaSMKperluditingkatkansalasatunyamelaluibimbingankelompokdenganteknikprosesGURU.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifanprosesGURUsebagaiteknikbimbingankelompokdalammeningkatkankemampuanpengambilankeputusankariersiswaSMK.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianPretest-PosttestControlGroupDesigndengansubjekpenelitiansiswaSMKN1Trenggalek.TeknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradanskalakemampuanpengambilankeputusankariersiswaSMK.Datayangdiperolehberupadataangkadandatanonangka/verbal.Dataangkadianalisismenggunakanstatistikdeskriptifdaninferensial.Datanonangka/verbaldianalisisdenganmendeskripsikandatakemudianmenarikkesimpulandarideskripsitersebut.HasilujihipotesismenggunakanTwoIndependentSampleTestMannWhitneyUmenghasilkantarafsignifikansiantarakelompokkontroldaneksperimensebesar003706005yangberartibahwabimbingankelompokdenganmenggunakanprosesGURUlebihefektifdibandingkandenganbimbingankelompoktanpaprosesGURU(asusual)dalammeningkatkankemampuanpengambilankeputusankariersiswaSMK.Saranyangdiajukandalampenelitianiniadalah(1)GuruBKseyogyanyamenggunakanprosesGURUsebagaiteknikdalamBKyangdiaplikasikansecarakolaboratifbersamapendekatanBKlainya(2)PenggunaanprosesGURUhendaknyajugamemperhatikantahapperkembanganaspekyanghendakdikembangkandanjugakontenprosesGURUitusendiri(3)UntukpenelitiselanjutnyasebaiknyamenelitiprosesGURUdengandesainselaintrueexperimentPretest-PosttestControlGroupDesignsepertiSingle-SubjectDesignspenelitiantindakandalamBKdanpenelitianmodellainnyasehinggadapatlebihterujikeefektifannyadanjugalebihmemperhatikanpenggunaaninstrumenpenelitiandenganbaik(4)PenelitiselanjutnyadiharapkanmemperhatikanancamanvaliditasinternalmaupuneksternaldanmengujikeefektifanmodelprosesGURUdalamberbagaiaspekpsikologiyanglainsepertimotivasihargadiriefikasidirikemampuanberfikirkritiskemampuanberfikirrespekdanlainsebagainya.