Perbedaan komitmen tugas siswa SMP Negeri 4 Malang melalui penerapan teknik reframing dan self instruction / Rosalia Dewi Nawantara
Main Author: | Nawantara, Rosalia Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56812/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNawantaraRosaliaDewi.2015.PerbedaanKomitmenTugasSiswaSMPN4MalangMelaluiPenerapanTeknikReframingdanTeknikSelfInstruction.TesisProgramStudiBimbingandanKonseling.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.AndiMappiareATM.Pd.(2)Dr.CarolinaL.RadjahM.Kes.Katakuncikomitmentugascognitivebehaviortherapyreframingselfinstruction.Komitmentugasyangrendahmerupakansalahsatupenghambattercapainyaprestasibelajarmaksimal.Komitmentugasadalahmotivasiinstrisikyangberubahmenjadisikapmengerjakantugassepertiketekunankerjakerasdayatahanpercayadiridancarapandang.Caramengatasikomitmentugasrendahadalahdengankonselingteknikreframingdanselfinstructionyangdilaksanakandalamsituasikelompok.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmengetahuiapakahterdapatperbedaankomitmentugassiswaSMPN4Malangmelaluipenerapanteknikreframingdanteknikselfinstruction(2)untukmengetahuiapakahterdapatperbedaankomitmentugassiswaSMPN4Malangberdasarkanjeniskelaminmelaluipenerapanteknikreframingdanteknikselfinstructiondan(3)untukmengetahuiapakahterdapatinteraksiantarafaktorjeniskelamindenganteknikreframingdanteknikselfinstructiondalammeningkatkankomitmentugassiswaSMPN4Malang.Penelitianinimenggunakaneksperimenfaktorialdenganpolafaktorial2x2.Berdasarkanhasilpengukuranskalakomitmentugasterdapat20siswayangteridentifikasimemilikikomitmentugasrendah.SelanjutnyasiswadipilihsecaraacakuntukmasukdalamkelompokeksperimenIdankelompokeksperimenII.InstrumenpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinimeliputiskalakomitmentugasdanpanduanteknikreframingdanteknikselfinstructionuntukkonselorSekolahMenengahPertama(SMP).DatadianalisisdenganprosedurstatistikAnovaduaarah.DarihasilhitungdidapatkanterdapatperbedaankomitmentugassiswaSMPN4MalangmelaluipenerapanteknikreframingdanteknikselfinstructiontidakterdapatperbedaannyatakomitmentugassiswaSMPN4MalangberdasarkanjeniskelaminmelaluipenerapanteknikreframingdanteknikselfinstructiondantidakterdapatinteraksifaktorjeniskelamindenganteknikreframingdanteknikselfinstructiondalammeningkatkankomitmentugassiswaSMPN4Malang.Penelitianinimenyarankanbagikonselorsekolahperlumelaksanakanlayanankonselingdenganteknikreframingdanteknikselfinstructionuntukmeningkatkankomitmentugassiswa.BagipenelitiselanjutnyadapatmelaksanakanpenelitianserupadalamsettingindividudandiharapkanmenggunakanpopulasiyanglebihbesardengankarakteristiksiswayangsamadengansiswaSMPagarhasilpenelitiandapatdigeneralisasisecaralebihluas.