Perbedaan komitmen tugas siswa SMP Negeri 4 Malang melalui penerapan teknik reframing dan self instruction / Rosalia Dewi Nawantara

Main Author: Nawantara, Rosalia Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/56812/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNawantaraRosaliaDewi.2015.PerbedaanKomitmenTugasSiswaSMPN4MalangMelaluiPenerapanTeknikReframingdanTeknikSelfInstruction.TesisProgramStudiBimbingandanKonseling.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.AndiMappiareATM.Pd.(2)Dr.CarolinaL.RadjahM.Kes.Katakuncikomitmentugascognitivebehaviortherapyreframingselfinstruction.Komitmentugasyangrendahmerupakansalahsatupenghambattercapainyaprestasibelajarmaksimal.Komitmentugasadalahmotivasiinstrisikyangberubahmenjadisikapmengerjakantugassepertiketekunankerjakerasdayatahanpercayadiridancarapandang.Caramengatasikomitmentugasrendahadalahdengankonselingteknikreframingdanselfinstructionyangdilaksanakandalamsituasikelompok.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmengetahuiapakahterdapatperbedaankomitmentugassiswaSMPN4Malangmelaluipenerapanteknikreframingdanteknikselfinstruction(2)untukmengetahuiapakahterdapatperbedaankomitmentugassiswaSMPN4Malangberdasarkanjeniskelaminmelaluipenerapanteknikreframingdanteknikselfinstructiondan(3)untukmengetahuiapakahterdapatinteraksiantarafaktorjeniskelamindenganteknikreframingdanteknikselfinstructiondalammeningkatkankomitmentugassiswaSMPN4Malang.Penelitianinimenggunakaneksperimenfaktorialdenganpolafaktorial2x2.Berdasarkanhasilpengukuranskalakomitmentugasterdapat20siswayangteridentifikasimemilikikomitmentugasrendah.SelanjutnyasiswadipilihsecaraacakuntukmasukdalamkelompokeksperimenIdankelompokeksperimenII.InstrumenpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinimeliputiskalakomitmentugasdanpanduanteknikreframingdanteknikselfinstructionuntukkonselorSekolahMenengahPertama(SMP).DatadianalisisdenganprosedurstatistikAnovaduaarah.DarihasilhitungdidapatkanterdapatperbedaankomitmentugassiswaSMPN4MalangmelaluipenerapanteknikreframingdanteknikselfinstructiontidakterdapatperbedaannyatakomitmentugassiswaSMPN4MalangberdasarkanjeniskelaminmelaluipenerapanteknikreframingdanteknikselfinstructiondantidakterdapatinteraksifaktorjeniskelamindenganteknikreframingdanteknikselfinstructiondalammeningkatkankomitmentugassiswaSMPN4Malang.Penelitianinimenyarankanbagikonselorsekolahperlumelaksanakanlayanankonselingdenganteknikreframingdanteknikselfinstructionuntukmeningkatkankomitmentugassiswa.BagipenelitiselanjutnyadapatmelaksanakanpenelitianserupadalamsettingindividudandiharapkanmenggunakanpopulasiyanglebihbesardengankarakteristiksiswayangsamadengansiswaSMPagarhasilpenelitiandapatdigeneralisasisecaralebihluas.