Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMP Negeri 5 Malang / Laelatul Arofah

Main Author: Arofah, Laelatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/56810/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArofahLaelatul.2015.KeefektifanKonselingKelompokRingkasBerfokusSolusiuntukMeningkatkanDisiplinDiriSiswaSMPNegeri5Malang.TesisProgramStudiBimbingandanKonseling.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.M.RamliM.A.(2)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd.Katakuncidisiplindirikonselingkelompokringkasberfokussolusisekolahmenengahpertama.Perilakudisiplinmenjadisatuhalyangharusdikembangkanpadadirisiswasejakdini.Perilakudisiplinakanmemperlihatkansejauhmanapenerimaansiswaterhadapnilaidanperilakuyanghendakdiperlihatkandisekolah.Disiplindiriperlumendapatperhatianyangseriuskarenadisiplindirisiswayangrendahakanmempengaruhiprestasiakademiksiswabegitujugasebaliknya.PenelitianinibertujuanmengetahuikeefektifanKonselingKelompokRingkasBerfokusSolusiuntukmeningkatkandisiplindirisiswaSMPNegeri5Malang.Penelitianinimenggunakandesainpenelitianpretestandposttestcontrolgroupdesign.Berdasarkanhasilpengukuranskaladisiplindiriterdapat12siswayangteridentifikasimemilikidisiplindiriyangrendah.Selanjutnyasiswadipilihmenggunakankoinuntukmenentukan6siswayangberadapadakelompokeksperimendan6siswayangberadapadakelompokkontrol.InstrumenpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinimeliputiskaladisiplindiripanduanpelaksanaanKonselingKelompokRingkasBerfokusSolusiuntukkonselorSekolahMenengahPertama(SMP)pedomanwawancaradanjurnalrefleksidiri.DatadiujimenggunakanujiTwo-Independent-SampleTest-Mann-WhitneyU.BerdasarkanujiTwo-Independent-SampleTest-Mann-WhitneyUmenunjukkanbahwabahwanilaimeanpadaoutputrankkonseliyangmendapatkanintervensimenggunakankonselingkelompokringkasberfokussolusi(kelompokeksperimen)lebihbesardibandingkannilaimeankonseliyangtidakmendapatkanintervensikonselingkelompokringkasberfokussolusi(kelompokkontrol)yaitu9.503.50.SelanjutnyadilihatdarioutputTestStatisticsmenunjukkanbahwaasymp.Sig.(2-tailed)adalah0.004atauprobabilitasdibawah0.05(0.0040.05).MakaHoditolakartinyakonselingkelompokringkasberfokussolusiefektifuntukmeningkatkandisiplindirisiswaSMP.Saranbagipenelitiselanjutnyadiharapkanmengembangkanpenelitianinidenganmenggantisubjekpenelitiannyapadajenjanglain.Selainitupenelitiselanjutnyahendaknyamenggunakanrancanganpenelitianlainyanglebihmendalamataudenganmenambahsubjekpenelitianlebihbanyakagardapatmelihatperubahansiswasecaramenyeluruhyangnantinyadapatdijadikansebagaipertimbanganuntukmelihatapakahperubahanpadadirisiswamurnikarenaintervensiyangdilakukanatauadafaktorlain.