Keefektifan pelatihan metakognisi melalui model experiental learning untuk meningkatkan kinerja konselor dalam layanan konseling / Muya Barida

Main Author: Barida, Muya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/56809/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBaridaMuya.2015.KeefektifanPelatihanMetakognisimelaluiModelExperientialLearninguntukMeningkatkanKinerjaKonselordalamLayananKonseling.TesisProgramStudiBimbingandanKonselingPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IMHambaliM.Pd.(II)Dr.AdiAtmokoM.Si.KataKuncipelatihanmetakognisimodelexperientiallearningkinerjakonselordalamlayanankonseling.Metakognisiadalahketerampilandalammencaritahuapayangterjadimenciptakanaturanmainpersepsiwicaradirigambarvisualpenjelasandanpengharapanyangdapatmempengaruhikinerjaindividu.Konselorperlumeninjauketerampilanmetakognisinyauntukmeningkatkankinerjadalamlayanankonseling.Kenyataanyangterjadidilapanganbahwamasihbanyaksiswatidaknyamandengankeberadaankonselorkarenasukamemarahikonselorhanyamelayanisiswabermasalahkurangaktifmelakukanpendekatankepadasiswakurangmenguasaikonseplayananteknikyangdigunakanmasihkonvensionaldantidakmelakukanevaluasilayanan.Kondisi-kondisitersebutdapatmenimbulkandampaknegatifyangberkelanjutanapabilatidakadalangkahdarikonseloruntukmemperbaikikualitaskinerjasebagaikonselorprofesional.Olehkarenaituperludilaksanakanpelatihanmetakognisimelaluimodelexperientiallearning.Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuikeefektifanpelatihanmetakognisimelaluimodelexperientiallearninguntukmeningkatkankinerjakonselordalamlayanankonseling.PenelitianmenggunakanexperimentaldesigndenganmodelsinglesubjectA-B-A1.SubjekpenelitianiniadalahlimakonselorSMPNegeri5Sukoharjoyangdipilihdenganmenggunakanteknikpurpossivesampling.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupainstrumenbahanperlakuandaninstrumenpengumpuldata.Hasilpenelitianmelaluianalisisvisualgrafikmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatannilaipelaksanaanlayanankonselingbagimasing-masingkonselor.Peningkatanterjadidarifasebaselinefasetreatmenthinggafasesetelahtreatmentditarik.Berdasarkanhasilinimakadapatdisimpulkanbahwapelatihanmetakognisimelaluimodelexperientiallearningefektifuntukmeningkatkankinerjakonselordalamlayanankonseling.Saranyangdapatpenelitikemukakan(1)bagikonselor(a)konselorhendaknyaterusmelatihdiriuntukmenggunakanketerampilanmetakognisisecaratepatdalammelaksanakanlayanankonselingsehinggamampumencapaikinerjayangoptimaldan(b)konselorhendaknyamengisiinstrumenkuesionersesuaidengankondisisaatiniagarmenghasilkankondisiyangrepresentatifdan(2)bagipenelitiselanjutnya(a)apabiladesainpenelitianiniditerapkandisekolahatauterhadapkonselorlainmakahendaknyadisesuaikandengankriteria-kriteriatertentudan(b)hendaknyafaseketigadaridesainsinglesubjectA-B-A1inidilakukanlebihdarisatukalipertemuansehinggadiperolehhasilyanglebihreliabelmengenaidampakdarivariabelindependenterhadapvariabeldependen.