Pengembangan panduan permainan Gobak Sodor untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa sekolah dasar / Muwakhidah
Main Author: | Muwakhidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56768/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipanduanpermainangobaksodorketerampilankerjasamaSiswasekolahdasarmengalamimasatransisiyaitutransisidarilingkungankeluargakelingkungansekolahhaliniditandaidenganadanyaperluasanhubungandarilingkupkeluargabertambahkelingkupsekolahdantemansebaya.Salahsatuketerampilanyangpentingdimilikisiswadalammenghadapiperluasanhubungansosialadalahketerampilankerjasama.SiswaSDdenganketerampilankerjasamayangrendahcenderungdihindaritemansebayanyadiabaikansukapilih-pilihtemankurangmaumendengarkanpendapatoranglaindanprestasibelajarnyapadakategorirata-ratasampaikurang.SalahsatuupayayangdapatdilakukanuntukmengatasipromblemkerjasamayangdialamisiswaSDadalahdenganmembuatpanduanpermainangobaksodor.ModelpengembanganpanduanpermainangobaksodormenggunakanmodelBorgandGallyangterdiridaritahap(1)melakukanpenelitianpandahuluan(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduktahapawal(4)ujicobatahapawal(5)revisiproduk(6)ujikelompokkecil(7)revisiproduk(8)ujiprodukoperasional(9)revisiprodukakhirdan(10)diseminasi.Subjekujicobaprodukadalahahliisirancangandansiswakelas4dan5SDNCurahmalangIIdanSDNSumbermulyoII(tiapsekolahdiambil8siswa).PenilaiandilakukanolehahliBKahlimediadancalonpenggunaterhadappanduanpermainangobaksodor.Berdasarkanujiahlidanujicalonpenggunaterhadappanduanpermainangobaksodortelahmemenuhikriteriaakseptabilitasyangtinggi.Hasilpenilaianahliisidanrancangandiperolehnilaiinter-ratersebesar1atauvaliditassangattinggi(sangatbaik).Hasilpenilaianujicobacalonpenggunadiperolehnilaiinter-ratersebesar1atauvaliditassangattinggi(sangatbaik).Analisispretestdanposttestyangdilakukanpadaujikelompokterbatasdenganmenggunakanskalaketerampilankerjasamamenunjukkanbahwaterjadipeningkatanketerampilankerjasamasiswapadakeenamketerampilanyangdilatihkandarikategorikurangterampilmenjaditerampil.HasiltersebutdiperkuatdenganhasilujistatistikWilcoxondiperolehhargaZsebesar-2588denganAsymp.Sig.lebihkecildari005makadapatdisimpulkanbahwapanduanpermainangobaksodorefektifmeningkatkanketerampilankerjasamasiswaSD.Berdasarkanhasilpenelitantersebutmakasaranyangdiajukanadalah(1)guruhendaknyamemilikipemahamanyangbaikterhadappermainangobaksodoragardapatmembantusiswameningkatkanketerampilankerjasama(2)penelitiselanjutnyadisarankanmenelitidalamwilayahyanglebihluasdenganterlebihdahulumelakukanassesmentbudayapadatempatpenelitimelakukanpenelitiandanmelakukanujiefektifitasdengandesainyangtidakterbataspadapretest-posttestonegroupdesignpenelitiselanjutnyadapatmelakukanujiefektifitasdengandesainPTKmelaluimatapelajaranolahraga.