Keefektifan metode cinemaeducation based on true story (CBTS) pada pelatihan keterampilan pengambilan keputusan pribadi siswa SMA / Henny Christine Mamahit
Main Author: | Mamahit, Henny Christine |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56753/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimetodecinemaeducationbasedontruestory(CBTS)keterampilanpengambilankeputusanpribadi(KPKP)Urgensipengambilankeputusanpadausiaremajasemakinmeningkatdisertaidenganpilihanyangsemakinberagamkhususnyayangberkaitandengankeputusanpribadi.Remajaperlumenguasaiketerampilantersebutsebagaisalahsatulifeskill.Keterampilanpengambilankeputusanpribadimerupakankecakapanindividuberperilakudalamprosespembuatankeputusan.Keterampilaninidipengaruhiolehfaktorlogicempirical-datanormativedanafeksi.Untukmemperolehkeputusanyangbenarindividumelewatilimatahapyaknimenetapkantujuanmengumpulkaninformasimenyusunpilihanmengidentifikasidanmengevaluasikemungkinansertakonsekuensidantahapterakhiryaitumembuatkeputusan.DalamrangkamengajarkanKPKPdigunakanmetodecinemaeducationbasedontruestory(CBTS).TujuanpenelitianadalahuntukmengetahuikeefektifanmetodeCBTSpadapelatihanketerampilanpengambilankeputusanpribadisiswaSMA.Penelitianinimenggunakanmultipletreatments-SingleSubjectDesignmenggunakanrepeatedmeasures.Subyekpenelitiannyaadalah9siswaSMAkelasX.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahrubrikobservasiKPKPactiontasklembarrefleksidanskalaKPKP.Analisisdatamenggunakananalisisvisualdenganmemperhatikanperubahanleveldantrenddalamdanantarkondisidarimasing-masingsubyek.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasemuasubyekmeningkatsecaraleveldarifasebaselinekefaseintervensidenganmetodeCBTSkemudiandarifaseintervensidengangambarkefaseintervensidenganmetodeCBTStahapkedua.Setiapperubahanleveltersebutdiikutidengankenaikantrendyangcukuptajam.3subyekyangberadapadakategorirendahmengalamipeningkatanmenjadikategoritinggisetelahdiberikanintervensi.Tigasubyekpadakategorisedangmengalamipeningkatanmenjadikategoritinggi.Tigasubyekpadakategoritetapberadapadakategoritinggi.HalinimenunjukkanmetodeCBTSefektifdalamprosespelatihanKPKP.Sarandalampenelitianiniadalah1)untukkonselordapatmemanfaatkanmetodecinemaeducationdanmengumpulkanfilm-filmyangdapatdigunakanuntukbidangbimbingankelompoksertadisertailayananfollowup2)bagipihaksekolahdapatmendukungprogramBKdenganmemfasilitasikegiatandanmediayangmenunjangmetodecinemaeducation3)untuklembagaLPTKpenghasiltenagakonselordapatmembekalicalonkonselordenganpembelajaranpengembanganmetodecinemaeducationdalampraktekpsikoedukasiyangtepatsesuaidengankarakteristiksiswadan4)untukpenelitiberikutnyadapatmemfokuskanpadakesulitansiswadalammengambilkeputusanmelaluikonselingindividualataupunkelompok.