Implementasi nilai-nilai at-tawazun dalam konseling (studi di Lembaga Pendidikan Formal pada Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo) / Samsul Arifin

Main Author: Arifin, Samsul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/56684/
Daftar Isi:
  • ProgramStudiBimbingandanKonselingProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.M.RamliM.A.(II)Dr.NurHidayahM.Pd.KatakunciNilai-nilaiat-tawazunkonselingpondokpesantrenKearifanlokaldalamkonselingsangatpenting.Konselingyangselamainididominasiteori-teoridariBaratdalamaplikasidilapangankerapmengalamihambatanbudaya.Salahsatualternatifnyaupayamenggalinilai-nilaibudayapesantrendalamkonseling.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengungkapdanmendeskripsikannilai-nilaipesantrenyangdapatdiserapdalambimbingandankonseling(2)memahamidanmendeskripsikanmodeldantahapanimplementasinilai-nilaibudayadilembagapendidikanformalpadaPondokPesantrenSalafiyahSyafiiyahSitubondo.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatiftipeetnografi-hermeneutik.Databerasaldaridokumen(bukukitabkasetrekamandankaryatulislainnya)danfieldnotes(hasilobservasidanwawancara).SubyekpenelitianadalahparakonselorSLTPdanSLTAPondokSukorejo.Langkah-langkahanalisisdatayaitureduksidata(datareduction)pemaparandata(datadisplay)danpenarikankesimpulan(conclusiondrawing).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapertamanilai-nilaipesantrenyangdapatdiserapdalambimbingandankonselingterdapatpadakonstrukat-tawazun(keseimbangan).Keduaprosesimplementasidalambimbingandankonselingterdapatduamodelyaitu(1)kemasansamamuatanberbeda.Artinyaparakonselormemaknaikegiatanbimbingandankonselingdenganmengalamirekonstruksinilaiyangsaratreligiusdan(2)muatanlayanankompetensikepesantrenan.Artinyaparakonselormemasukkannilai-nilai(biasanyabersifatunggulan)kedalamlayananbimbingandankonselingberbasiskompetensikepesantrenan.Adapunpadaprosesimplementasiterdapattigatahap(1)pengenalandanpemahaman(2)pengamalandalamkehidupansehari-harisehinggamenjadikebiasaandan(3)evaluasidanrefleksiyangmelibatkansemuakalangan.Prosesimplementasimerupakansebuahsiklusyangistiqamahyaitutetapberkesinambungandanberkelanjutan.Saran-saranpenelitian(1)perludipopulerkandandipublikasikanistilahat-tawazundalamkajiankonseling(2)hasilpenelitianiniperludipraktikkandandiadaptasibagiparakonselordilingkunganlembagapendidikancabangPondokPesantrenSukorejodiseluruhIndonesiadanuntukparakonselordilembagapendidikanyangberbasispondokpesantren(3)kepadapenelitiyanglainagardilakukankajianterhadappermasalahanyanglainsehinggamasyarakatdapatmemperolehgambaranyangutuhtentangkonselingberbasispesantrendan(4)terdapatkajianpadakonteksyangberbedadenganPondokSalafiyahSyafiiyahSukorejoSitubondo.