Keefektifan teknik cognitive restructuring untuk menurunkan negative automatic thoughts (NATs) pada siswa SMA / Muthmainnah

Main Author: Muthmainnah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/56429/
Daftar Isi:
  • ProgramStudiBimbingandanKonseling.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MarthenPaliM.Psi(2)Dr.M.RamliM.AKataKuncikeefektifancognitiverestructuringnegativeautomaticthoughts(NATs)Setiapindividumemilikiautomaticthoughtyangdapatmengarahpadanegativeautomaticthoughts(NATs).NATsperluditurunkanagarindividutidakterjebakpadapemalsuanpemikiranyangdapatmenghambatkebahagiaanhidup.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuikeefektifancognitiverestructuringuntukmenurunkanNATs.CognitiveRestructuringmembentukulangpola-polakognitifasumsi-asumsikeyakinan-keyakinandanpenilaianyangirasionalmerusakdanmengalahkandiri(self-defeating).Terapis/konselormembantuuntukmengubahdistorsi-distorsikognitifdenganmengujiulangkeyakinankonselidenganberbagaiteknikpersuasiverbaldanmodelhipotesis.Desainyangdigunakandalampenelitianiniadalahonegrouppre-testandpost-testdesign.SubjekpenelitianadalahsiswayangmemilikiNATstinggiberjumlah6orang.HasilanalisisujiWilcoxonsignedranktestmenunjukkanbahwanilaiprobabilitas(961)lebihkecildari945artinyahipotesisnol(Ho)ditolakdanadaperbedaanyangsignifikanpadakonselisebelumdansesudahperlakuan.KonselorsekolahdiharapkandapatmenggunakanteknikcognitiverestructuringsebagaisalahsatuteknikuntukmenurunkanNATssiswadiSMAIBantulYogyakarta.ParapenelitidanpengembangBKjugaperlumenyelenggarakanpenelitianpengembanganataulanjutanmelaluiteknik-teknikkonselingyanglain.