Hubungan lingkungan belajar, dukungan orang tua, motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA negeri di Kabupaten Lombok Timur / Muhamad Syarafuddin

Main Author: Syarafuddin, Muhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/56350/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMuhamadSyarafuddin.2010.HubunganantaralingkunganbelajardukunganorangtuadanmotivasibelajardenganprestasibelajarsiswaSMANegeridiKabupatenLombokTimur.Tesis.ProgramstudiBimbingandanKonseling.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SutoyoImamUtoyoM.Pd(II)Prof.Dr.IWayanArdhanaM.AKatakuncilingkunganbelajardukunganorangtuamotivasibelajarprestasibelajarPrestasibelajaryangtinggimerupakankondisiyangdiharapkanolehsetiapsiswa.Namundalamkenyataannyatidaksemuasiswamampumemenuhikondisiyangdiharapkantersebut.Halinidisebabkanbanyakfaktoryangturutmempengaruhiprestasibelajarsiswaantaralainlingkunganbelajardukunganorangtuamotivasibelajarprestasibelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)hubunganlingkunganbelajardukunganorangtuamotivasibelajardanprestasibelajarsiswaSMANegeridiKabupatenLombokTimur.(2)Hubunganantaralingkunganbelajardukunganorangtuamotivasibelajarsecarabersama-samadenganprestasibelajarsiswaSMANegeridiKabupatenLombokTimur.(3)Sumbanganefektiflingkunganbelajardukunganorangtuadanmotivasibelajarsecarabersama-samadenganprestasibelajarsiswaSMANegeridiKabupatenLombokTimur.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifpenarikananggotasampeldenganteknikpurposiveproporsionalrandomsampling.Sampelpenelitianiniberjumlah228orang.Datadikumpulkanmenggunakanangketdandokumen.Teknikanalisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptifanalisiskorelasianalisisregresiliniermultipl.Dengantarafsignifikansi5%(61537005).Temuanpenelitianinimenyatakanhasil-hasilsebagaiberikut(1)kecendrunganlingkunganbelajardukunganorangtuamotivasibelajardanprestasibelajarsiswaSMANegeridiKabupatenLombokTimurtergolongCukupBaik.(2)terdapathubunganyangpositifantaralingkunganbelajardenganprestasibelajarsiswa(r0150)dukunganorangtuadenganprestasibelajarsiswa(r0340)danmotivasibelajardenganprestasibelajarsiswa(r0329).Sumbanganmasing-masingvariabelbebasterhadapprestasibelajarsecaraberturut-turutadalahvariabellingkunganbelajarmempengaruhisebesar122%dukunganorangtuaberpengaruh311%danmotivasibelajarsebesar293%.(3)hasilanalisahubunganbersama-samadenganvariabelbebasterhadapvariabelterikatprestasibelajarmenunjukkanadanyahubunganyangpositifdansignifikanantaralingkunganbelajardukunganorangtuadanmotivasibelajar.SumbanganefektifsemuavariabelbebaslingkunganbelajardukunganorangtuadanmotivasibelajarsebesarR0460danhargaF21086.Sumbanganvariabelbersama-samasebesar220%.Berdasarkantemuandiatasdisarankankepada(1)GuruBK/KonselorSekolahSMANegeridiKabupatenLombokTimurhendaknyaterusmengupayakanperkembanganoptimalsiswa-siswadenganterusmemperhatikanfaktor-faktoryangmempengaruhiperkembanganterutamapencapaianprestasibelajarnyamelakukankolaborasiataukerjasamadengansegenappihakmeningkatkankompetensidalammelaksanakankarenatuntutankebutuhansiswaakanperkembanganoptimalmerekakhususnyapeningkatanprestasibelajarakanterusmeningkat.(2)kepalaSMANegeridiKabupatenLombokTimursebagaipenanggungjawabbimbingandankonselingdisekolahkepalasekolahhendaknyamemfasilitasiuntukterciptanyalingkunganbelajaryangkondusifdisekolahdanmeningkatkanmotivasibelajarsiswahendaknyamemfasilitasiuntukterusterbangunnyadukunganorangtuaterhadapanak-anakmerekakarenadukunganorangtuadengankondisi-kondisimasing-masingmerekapalingbesarpengaruhnyaterhadapprestasibelajarsiswa.(3)Kepadaguru-gurubidangstudiSMANegeridiKabupatenLombokTimurdiharapkandapatsalingmembangunkerjasamadenganguruBK/konselorsekolahdalammeningkatkanprestasibelajarsiswadandapatmenciptakanlingkunganbelajaryanglebihkondusifketikamelakukanpembelajarandikelas.UntukpenelitiyangakandatangdisarankanmemperluassampelpenelitiandanjugadalammerancangmetodeanalisisuntukpenelitianserupasehinggadapatmenggambarkanpopulasisiswadiSMANegeridiKabupatenLombokTimuryangseutuhnyadanselengkap-lengkapnya.