Penerapan solution-focused brief therapy (SFBT) untuk meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa SMA: suatu embedded experimental design / Mulawarman
Main Author: | Mulawarman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56326/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPerubahanTerapeutikSFBTHargaDiriEmbeddedExperimentalDesignFaktayangdidapatdarihasil-hasilpenelitianmengenaiupayameningkatkanhargadiri(self-esteem)khususnyapadasiswaSMAmengindikasikanperlunyaupaya-upayaataustrategi-strategiuntukmenanganiremajayangmemilikihargadirirendahsecaraefektif.Padasetingpersekolahandalamrangkamembantupemecahanmasalahyangdihadapiolehsiswasalahsatukegiatanyangdilakukanolehkonselorsekolahadalahmemberikanlayanankonselingterhadapparasiswa.Dalammewujudkanlayanankonselingyangprofesionaldisekolahkonselordiharapkanmemilikikemampuanuntukterampilmenguasaidanmengaplikasikanstrategi-strategitertentusecaraefektifdanefisienyangtentunyamemperhatikanjugakonteksdankepribadiansiswa.Dengankatalaindiperlukanwaktuyangefektifdanefisienterutamaketikakonselormelakukanintervensi-intervensikhususmelaluikonselingdenganpendekatan-pendekatantertentuDalamupayauntukmelakukankonselingyangmemperhatikankontekswaktudanaplikatifterutamadisetingpersekolahanmakasalahsatupendekatankonselingyangakandigunakanadalahSolution-FocusedBriefTherapy(SFBT).SFBTmerupakanpendekatanterapiataukonselingyangmemilikikonsepyangsederhanadanmudahpadasisipraktikalnyalebihdifokuskanpadabagaimanamencaripemecahan(solusi)daripadadiorientasikanpadamasalah.SelainitupendekatanSFBTmenekankanpadakekuatankeberhasilansumber-sumberdayadanharapanindividusebagaielemenyangberdayagunadalamprosesterapeutik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuisejauhmanapenerapanSFBTmembuahkanperubahanterapeutikdalammeningkatkanhargadiri(self-esteem)siswaSMA.TujuanlaindaripengujiankemanjuranpendekatanSFBTadalahmengetahuisejauhmanatahapawalkonselingSFBTmembuahkanperubahanterapeutikpadakonselidanMengetahuisejauhmanapenerapanteknik-teknikspesifikpadakonselingSFBTyangterintegrasidengantahap-tahapawalsampaiterakhirmampumeningkatkanperubahanterapeutikyangmungkinsebelumnyatelahterjadisebagaidampakperwujudantahap-tahapkonselingSFBT.DalammenjawabpermasalahanpenelitiandigunakanrancanganpenelitianEmbeddedExperimentalDesign.Dalamdesainpenelitianinirancangannyabermanfaatuntukmengembangkansuatutreatmentmengujiprosesdarisebuahintervensiatautindaklanjutdarihasileksperimen.Desaininidapatdiwujudkanmelaluipemerolehandatayangbersifatkualitatifyangdisertakandalamdesaineksperimental.Penelitiandilakukanpadasubyekyangdiklasifikasikanatasduakelompokyaitusubyekeksperimentordansubyeksasaraneksperimen.DalamhalinisubyekeksperimentoradalahkonselordansebagaisubyeksasaraneksperimenadalahsiswaSMALaboratoriumUMMalangyangmenunjukkangejala-gejalarendahhargadiri.HasilPenelitianinidilihatdarihasilsecarakuantitatifditemukanbahwaadaperbedaantingkathargadiriketikasiswasebelummendapatkanintervensiSFBTdansesudahmendapatkanintervensiSFBT.DenganmenggunakanujiWilcoxonSigned-Ranktestdimananilaizhitungadalah-2207dimanapsebesar0027.DengankatalainintervensiSFBTmempunyaiefekpadaperubahanterapeutikuntukpeningkatanhargadiri(self-esteem)siswa.Padasisikualitatifdenganmendasarkanpadahasilanalisispercakapanditemukanbahwapenyataanataututurankonselidariyangbersifatrendahhargadiriberubahmenjaditinggihargadiri.Meskipunadabeberapakonseliyangperubahanberkutatpadatuturandansikapataupunmasihkeinginannamunadapulayangperubahannyadiikutipadaperilaku.Selainitupadaanalisispercakapandisesi-sesiawalkonselingkonselimerekamerasaterbantulebihnyamandanmendapatkanpolapikirataugambaranlebihjelasdarimasalahyangmerekahadapi.Haltersebutdiwujudkandalambentukpengaplikasianteknik-teknikSFBTyangterintegrasidalamfaktor-faktorumumdalamprosesterapeutik.