Keefektivan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di sekolah / Bernardus Widodo
Main Author: | Widodo, Bernardus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56260/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidodoBernardus.2009.KeefektivanKonselingKelompokRealitasUntukMeningkatkanPerilakuDisiplinSiswadiSekolah.Tesis.ProgramStudiBimbingandanKonseling.ProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Dany.M.HandariniM.A.Pembimbing(II)Dr.ImanuelHitipeuwM.A.KataKuncihakekatdisiplinpengendaliandirikonselingkelompokrealitas.Kedisiplinanmerupakanbagianpentingdalampendidikanbaikdalamkontekspendidikanformalnonformalmaupundalampendidikaninformal.Kedisiplinanhendaknyadipandangsebagaisebuahkekuatanpositifdankonstruktifyangmemungkinkanterwujudnyaberbagaipirantiuntukmembentukkonsistensiprediktabilitaskenyamanandanlingkunganyangbenargunapembelajarandanpendidikan.Disiplinpadahakikatnyabukanhanyamerupakankepatuhanpadanormayangdipaksakandariluarmelainkanmerupakankemampuanmengendalikandiriyangdidasarkanpadakeinginanuntukmenciptakanketeraturandanketertibandidalamkehidupan.Lemahnyapengendaliandiripadaindividu/siswaakanberdampakpadaterbentuknyaperilakumenyimpangyangdisebutsebagaimasalahdisiplinyangmenggejaladalambentukpelanggaranterhadaptatatertibsekolahsepertiperilakumembolosterlambatmasuksekolahributdikelasngobroldikelassaatgurusedangmenjelaskanmatapelajarantidakmengenakanatributsekolahsecaralengkapmenyontek.Bimbingankonselingsebagaibagianintegraldaripendidikanmempunyaitanggungjawabmengatasimasalahdisiplinsiswadisekolahmelaluipelayananbimbingandengancara-caradanteknikbimbingankonselingyangbersifattidakmenghukum.KonselingkelompokrealitasolehWilliamGlasserdapatdiajukansebagaimodelpemberianlayananbagikonseloruntukmeningkatkanperilakudisiplinsiswayangbercorakkonselingbukanmenghukum.Modelinidiharapkanmemilikiaspekkepraktisanuntukmenolongindividu/siswadalammengontrolhidupnyaagarmenjadilebihbaikdapatbelajarbertingkahlakusecararealistikdanbertanggungjawab.Penelitiankuantitatifdenganrancanganeksperimeninibertujuanuntukmengetahuiefektivitaskonselingkelompokrealitasdalammeningkatkanperilakudisiplinsiswadisekolahyangditandaidenganmeningkatnyaaspekpengendaliandiridanmenurunnyaperilakuindisiplinersiswa.Penelitiandilakukandalamduakegiatanutama.Kegiatanpertamaadalahpenyusunanbahanperlakuandalambentukpanduanpelaksanaankonselingkelompokrealitasberupanaskahtulis.SecaraoperasionalmodelpengembangannyaberisiprosedurpelaksanaankonselingkelompokrealitasdenganmodelWDEPyangmeliputienamtahapanyaitutahapketerlibatantahapeksplorasikebutuhan(wants)tahaparahdantindakan(directionanddoing)tahapevaluationtahapperencanaan(planning)dantahapterminasi.iKegiatankeduamerupakankegiatanintiyaitupelaksanaankonselingkelompokrealitasdenganmenggunakanpanduankonselingyangtelahdiujikelayakannya.PenelitiandilaksanakandiSMKPGRIWonoasriCarubanMadiundenganjumlahsubyeksebanyak8siswa.Ke-8subyekpenelitianinisecarariilmemilikiperilakuindisiplineryangmenggejaladalambentukpelanggarantatatertibsekolahyaitumembolosterlambatmasuksekolahtidakmengenakanatributsekolahsecaralengkapributdikelasdanngobroldikelas.Untukmengetahuiefektivitaskonselingkelompokterapirealitasdalammeningkatkanperilakudisiplinsiswadisekolahdipergunakanduamodelalatukur.Yangpertamaalatukurdalambentukskalapengendaliandiridanyangkeduaalatukurdalambentukobeservasitingkahlakulangsung.Hasilanalisisdaripengukuransebelumdansetelahdilakukanperlakuandenganpendekatankonselingkelompokrealitaskepada8subyekpenelitianmenunjukkanbahwasubyekmengalamipeningkatanskorrata-ratauntukke-3aspekpengendaliandirisebagaiberikut(a)padaposttestIkontrolperilakurata-sebesar2370%padaposttestIIrataratasebesar2474%(b)kontrolkognitifpadaposttestIsebesar2760%padaposttestIIterjadipeningkatanrata-ratasebesar2786%dan(c)kontrolkeputusanpadaposttestIrata-ratasebesar2318%padaposttestIIterjadipeningkatanrata-ratasebesar2344%.Secarastatistikpengukuranpertamadiperolehsignifikanpadataraf0011untukkontrolperilaku0011untukkontrolkognitifdan0010untukkontrolkeputusan.Padapengukuranstatistikkeduadarike-3aspekpengendaliandirimasing-masingdiperolehsignifikanpadataraf0011.Hasilolahdatayangmenunjukkanterjadinyapeningkatanpadake-3aspekpengendaliandiritersebutdidugasebagaipengaruhdariperlakuankonselingkelompokrealitasyangdiikutioleh8subyekpenelitian.Hasilanalisaalatukurobservasitingkahlakulangsungterhadapjenisperilakumembolosperilakuterlambatdanperilakutidakmengenakanatributsekolahsecaralengkapuntuksemuasubyekjugamenunjukkanadanyapenurunanrata-ratafrekuensi/jumlahperilakuindisiplinersebagaiberikutsebelumkonselingrata-ratasebesar95setelahkonselingpadapengukuranpertamarata-ratafrekuensi/jumlahperilakumelanggarterjadipenurunanhinggamencapai40.Padapengukurankeduaterjadipenurunanrata-ratamencapai26.Darikeduapengukurantersebutmenunjukkanadanyaperbedaansebesar24.Untukjenisperilakumelanggarngobroldanributdikelasberdasarkanhasilobservasitingkahlakulangsungpadasemuasubyekmenunjukkanpenurunandurasisebagaiberikutsebelumkonselingdurasiperilakusebesar198menitsetelahkonselingpadapengukuranpertamarata-ratadurasimenjadi76menit(76)adapengurangandurasisebesar122menit(-122).Padapengukiurankeduarata-ratamenjadi71menitlimadetik(71.5)terjadipengurangandurasiperilakumelanggarsebesar126menitlimadetik(-126.5).Hasilpengukuranpertamadanpengukurankeduamenunjukkanadanyaperbedaanpengurangandurasisebesarempatmenitlimadetik(-4.5).