Penggunaan rational emotive behavior therapy (REBT) untuk meningkatkan percaya diri (Self-Confidence) siswa SMP Negeri 6 Malang (Studi Pra-Eksperimental) / Rumidhatus Sakdiyah
Main Author: | Sakdiyah, Rumidhatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56240/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSakdiyahRumidhatus2009.PenggunaanRationalEmotiveBehaviorTherapy(REBT)UntukMeningkatkanPercayaDiri(Self-Confidence)SiswaSMPNegeri6Malang(StudiPra-Eksperimental).TesisProgramStudiBimbingandanKonselingProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MarthenPaliM.PsiPembimbing(II)Prof.Drs.RosjidanMA.KataKunciPercayaDiri(Self-Confidence)TerapiREBTTeknikDIBSREBTmerupakansalahsatupendekatankonselingyangberorientasipadaaspekkognitif.SiswaSMPNegeri6Malangyangmengalamipercayadirirendahperlumendapatlayanankonselingkhususnya(kuratif)agarmenjadimanusiayangmemilikikepribadiandenganaspekemosionalyangmatangdalammenghadapimasaremajanyayangpenuhdengankonflikyangdisebutdenganmasaStromStress.Halinipentingdilakukanpenelitiangunamemprosespembentukankepercayaandiridalamdiriseseorangsejakdinidenganmelibatkansemuapengalamanhidupnyasejakpertamakaliiaberhubungandenganoranglain(ibunyasendiri)sampaisaatsekarangdiaberada.AdapunrumusanmasalahdalampenelitianiniadalahapakahRationalEmotiveBehaviorTherapy(REBT)efektifuntukmenigkatkanpercayadirisiswaSMPNegeri6MalangUntukmenjawabpermasalahantersebutdigunakanteknikDIBS(DisputeIrrationalBeliefs)untukdapatmeningkatkanpercayadirisiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektifitasterapiREBTdapatmeningkatkanpercayadirisiswaSMPNegeri6Malang.Penelitianinimenggunakanmetodestudipra-eksperimentaldenganrancangantheone-grouppretest-postestdesign.Subyekpenelitiandiambilsampelsebanyak10orangdarisiswakelasVIIItahunajaran2008/2009yangditentukandenganteknikpurposivesampling.InstrumenpenelitianmenggunakanSkalaRasaPercayaDiridalambentukskalaLikert.AdapunmateriperlakuanteknikDIBSiniterdiridariempattahapyaitu(1)TahapIMembangunhubunganinterpersonal(rapport)(2)TahapIIEmpiricalDisputing(3)TahapIIILogicalDisputingdan(4)TahapIVPragmaticalDisputing.TerjadiperubahanyangsignifikanpadasiswaantarasebelumdiberiperlakuandengansesudahmendapatperlakuanteknikDIBS.Inidapatterlihatdarihasilpretestdanposttestyangdilakukansiswadimanasiswayangkategoripercayadirinyarendahdari6siswa(60%)berkurangmenjadi2siswa(20%)kategoripercayadirisedangyangsebanyak3siswa(30%)meningkatmenjadi5siswa(50%)dankategoripercayadiritinggisebanyak1siswa(10%)meningkatmenjadi3siswa(30%).UntukmengujihipotesispenelitiandigunakantesanalisisWilcoxon.Hasilnyamenunjukkanmeanpercayadirisesudahterapi(1600)lebihbesardarimeanpercayadirisebelumterapi(1417)sehinggaterjadiperbedaanskorantarapretestdanposttestsebesar183atauterjadipeningkatansebesar15303%.HasilujiZternyatazhitunglebihbesardariztabel(zhitung[-2599]ztabel-196)dengandemikianHoditolakdanH1diterimapadatarafkesalahan0025.KesimpulanterapiREBTefektif(berhasil)untukmeningkatkanpercayadirisiswayangrendah.Saran-saran(1)UntukmengatasimasalahpribadiyangterjadipadasiswakhususnyarendahnyapercayadirimakapendekatanterapiREBTdisarankanuntukdigunakanolehkonselorkarenapraktisefektifdanterapiinitidakterlalumenggunakanwaktuyangrelatiflamasehinggaterapiinidapatditerapkandenganmudahpadasiswasetingkatsekolahmenengah(2)Konselormelaluipelatihan-pelatihan/workshopuntukmenambahwawasandanketerampilankonselingdalammengefektifkanlayanankonselingkepadasiswaterutamalayanankonselingyangbersifatprefentifdankuratifterhadapmasalah-masalahpribadisosialkhususnyapercayadiri(3)Parateorisidanpengembangdalambidangbimbingandankonselingperlumengadakanpenelitiandalammetodepengembanganatautindakanlainuntukdapatmengujicobakanterapikonselinglaindalamkonteksyanglebihberagamdanpopulasiyanglebihluas.ABSTRACTSakdiyahRumidhatus2009.TheUseofRationalEmotiveTherapy(REBT)toImproveSelfConfidenceofStudentsatPublicSeniorHighSchool6Malang(Pre-experimentalStudy).ThesisStudyProgramofGuidanceandCounselingPostgraduateProgramStateUniversityofMalang.Advisors(I)Dr.MarthenPaliM.Psi(II)Prof.Drs.RosjidanMA.KeyWordsSelfConfidenceREBTTherapyDIBSTechniqueREBTisoneofthecounselingcognitiveaspect-orientedapproaches.StudentsatPublicSeniorHighSchool6whosufferfromloosingselfconfidenceneedacounselingserviceparticularlycurativesotheywillbepeoplewhohavepersonalitywiththematureemotionalaspectinfacingtheirteenageperiodexposingalotofproblemswhichiscalledasStromStress.Itrequiresaresearchinordertoshapeselfconfidenceinsidethemselvesearlybyinvolvingtheirexperiencessincethefirsttimetheyinteractedwithothers(theirownmothers)untilthepresenttimeandwheretheyare.TheresearchproblemiswhetherRationalEmotiveTherapy(REBT)iseffectivetoimproveselfconfidenceofstudentsatPublicSeniorHighSchool6Malang.InordertoanswersuchquestionDIBS(DisputeIrrationalbeliefs)techniqueisusedselfconfidence.TheaimofthisresearchistofindouttheefficacyofREBTtherapytoimproveselfconfidenceofstudentsatPublicSeniorHighSchool6Malang.Itemployspre-experimentalstudymethodwiththedesignoftheone-grouppretest-postest.Thesubjectofstudyistakenbythesampleconsisting10studentsfromeightgradebatch2008/2009whichisdeterminedbypurposivesamplingtechnique.TheresearchinstrumentisSelfConfidenceScaleintheformofLikertScale.ThetreatmentmaterialofDIBStechniqueconsistsof(1)StageIBuildinginterpersonalrelationship(rapport)(2)StageIIEmpiricalDisputing(3)StageIIILogicalDisputingand(4)StageIVPragmaticalDisputing.ThereisasignificantchangebeforeandafterreceivingDIBStechnique.Itisseenintheresultofstudentspretestandpostestwhere6studentswhowerecategorizedintohavinglowselfconfidence(60%)lesseninto2students(20%)3studentswhowerecategorizedintohavingmediumselfconfidence(30%)increaseinto5students(50%)and1studentwhowascategorizedintohighselfconfidence(10%)increasesinto3students(20%).InordertotestthehypothesisoftheresearchWilxcoxonanalysisisused.Theresultshowsthatselfconfidencemeanafterthetherapy(1600)ishigherthanbeforethetherapy((1417)sothereisascoredifferencebetweenpretestandposttestof183orthereisanincreaseof153.03%.TheresultofZtestshowsthatztestishigherthanztable(ztest[-2.599]ztable-1.96)thereforeH0isnotsupportedandH1issupportedintheerrorlevelof0.025.ItisconcludedthatREBTtherapyiseffective(successful)toimprovethelowselfconfidenceofstudents.Thesuggestionsinthisresearchare(1)InordertosolvethepersonalproblemfacedbystudentsparticularlythelowofselfconfidenceREBTtherapyshouldbeusedbycounselorsbecauseitispracticaleffectivebutdoesnotspendalotoftimesoitcanbeimplementedeasilytostudentsinthehighschoollevel(2)Counselorsshouldjointraining/workshoptoimprovetheircounselingknowledgeandskillintryingtomakecounselingservicebecomeeffectiveforstudentsparticularlypreventiveandcurativecounselingserviceforsocialpersonalproblemsespeciallyselfconfidenceand(3)Theoristsanddevelopersofguidanceandcounselingfieldshouldconducttheresearchinthemethodofdevelopmentorotheractionstotryoutothercounselingtherapiesinthemorevariouscontextandthewiderpopulation.