Keefektifan konseling multimodal untuk mengelola stres mahasiswa (Studi Pra-Eksperimental) / Kustyarini
Main Author: | Kustyarini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56171/ |
Daftar Isi:
- Setiapindividumempunyaikeinginanuntukmencapaisesuatuyangdicita-citakan.Daricita-citainilahmakakebutuhanuntukberprestasidimilikiolehsetiapindividu.Usahauntukmencapaisesuatukebutuhanberprestasitidakmenutupkemungkinanmenyebabkanindividumengalamihambatandalammencapaicita-citayangpadaakhirnyadapatmenyebabkanindividumengalamitekananataustres.Setiapindividumempunyairespondancarayangberbedadalammenghadapisituasiyangsama.Masing-masingorangmemandangduniasecaraberbedadanmeresponterhadapsesuatuituberbedapula.Kemampuanseseorangatautidakadanyakemampuanuntukmengatasikejadiandanreaksiyangdialamiindividumenimbulkanstresdansangatmempengaruhikehidupansehari-hari.Stresmerupakansuaturesponfisikdanpsikologisyangbiasadialamiolehindividuhampirdisemuakalanganbaikorangdewasaremajabahkananak-anak.Jenis-jenispermasalahannyatentunyaberanekaragam.Stresbelajarmerupakansalahsatujenisstresyangbanyakdialamiolehmahasiswa.Berkaitandenganfenomenadiatasmakaperlukiranyadikembangkanpendekatanpsikologisuntukmembantumahasiswamengelolastres.SalahsatualternatifyangdapatdilakukanadalahdenganmenerapkanMultimodalTherapydariLazarusuntukmengelolastresmahasiswa.LazarusmenyebutkonsepBASICID(behavioraffectsensationimagerycognitioninterpersonalrelationshipsdrugs-biology-nutrition-exercise)sebagaitujuhbidangpencetusstres.LazarusbermaksudbahwaBASICIDdapatmembawasetiapinsanuntukmengatasiketidakberesandalamsetiapbidangkehidupannyalewattindakannyataolehdirinyasendiriTujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmengujiKonselingmultimodal(KM)yangterujiketerterimaannya(acceptability)padaaspekkegunaan(utility)kelayakan(fesiability)danketepatan(accuracy)dan(2)UntukmengujikeefektifanKonselingMultimodal(KM)dalammengurangistresmahasiswa.Rancanganpenelitianiniadalahpra-eksperimentaldenganmenggunakantheone-grouppretest-posttestdesign.SubyekpenelitianiniadalahmahasiswaFakultasPsikologiUniversitasWisnuwardhanaangkatan2006/2007yangmemilikiketerampilanmengelolastresrendah.Penelitianinimenggunakanduajenisinstrumenyaitua)bahanperlakuandanb)instrumenpengukuran.UntukmengetahuisignifikansikeefektifanPenerapanKonselingMultimodal(PKM)dalammengelolastresmahasiswadilakukananalisisdatadenganmenggunakanstatistiknonparametrik.Hasilpretestmenunjukkanbahwasubyekpenelitianterindikasimengalamistres.Haliniterlihatdarisebarannilaipretestuntuksetiapmodalitas.Hampirsemuapertanyaandijawabdengannilaiskor2.Hasilpost-testyangdiberikansetelahmahasiswadiberipenerapantujuhmodalitas(perilakuemosipenginderaankhayalanpikiraninteraksidenganoranglainbiologi/obat-obatan)menunjukkanbahwaterdapatperbedaannilaiskorantarapretestdanpost-test.Nilairata-ratapost-testlebihbesardaripadanilairata-ratapretest.Padamodalitasperilakudarirerata191sebelumpenerapanmenjadirerata257sesudahpenerapan.Padamodalitasemosidarirerata173sebelumpenerapanmenjadirerata265sesudahpenerapan.Padamodalitaspenginderaandarirerata172sebelumpenerapanmenjadirerata258sesudahpenerapan.Padamodalitaskhayalandarirerata180sebelumpenerapanmenjadirerata259sesudahpenerapan.Padamodalitaspikirandarirerata173sebelumpenerapanmenjadirerata269sesudahpenerapan.Padamodalitasinteraksidenganoranglaindarirerata174sebelumpenerapanmenjadirerata247sesudahpenerapan.Padamodalitasbiologi/obat-obatandarirerata167sebelumpenerapanmenjadirerata229sesudahpenerapanKonselingMultimodal.PerbedaaninimenunjukkanbahwasetelahmahasiswadiberipelatihansepertiyangdimaksuddalamKonselingMultimodal(KM)terjadipeningkatanuntuksemuamodalitasyangdilatihkan.AdanyaperbedaanantarameansebelumpenerapandanmeansesudahpenerapanyangterbacapadahasilujibedamenunjukkanberkurangnyagejalastresyangdialamimahasiswaberartiKonselingMultimodal(KM)efektifmengelolastresmahasiswa.DarihasilevaluasiterhadappelatihanketujuhmodalitasinimengindikasikanbahwapelaksanaanKonselingMultimodal(KM)initelahterlaksanadenganhasilsesuaidengantujuanyangdiharapkan.HaliniberartibahwaKonselingMultimodal(KM)efektifdandapatditerapkanuntukmengelolastresmahasiswa.