Keefektifan konseling multimodal untuk mengelola stres mahasiswa (Studi Pra-Eksperimental) / Kustyarini

Main Author: Kustyarini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/56171/
Daftar Isi:
  • Setiapindividumempunyaikeinginanuntukmencapaisesuatuyangdicita-citakan.Daricita-citainilahmakakebutuhanuntukberprestasidimilikiolehsetiapindividu.Usahauntukmencapaisesuatukebutuhanberprestasitidakmenutupkemungkinanmenyebabkanindividumengalamihambatandalammencapaicita-citayangpadaakhirnyadapatmenyebabkanindividumengalamitekananataustres.Setiapindividumempunyairespondancarayangberbedadalammenghadapisituasiyangsama.Masing-masingorangmemandangduniasecaraberbedadanmeresponterhadapsesuatuituberbedapula.Kemampuanseseorangatautidakadanyakemampuanuntukmengatasikejadiandanreaksiyangdialamiindividumenimbulkanstresdansangatmempengaruhikehidupansehari-hari.Stresmerupakansuaturesponfisikdanpsikologisyangbiasadialamiolehindividuhampirdisemuakalanganbaikorangdewasaremajabahkananak-anak.Jenis-jenispermasalahannyatentunyaberanekaragam.Stresbelajarmerupakansalahsatujenisstresyangbanyakdialamiolehmahasiswa.Berkaitandenganfenomenadiatasmakaperlukiranyadikembangkanpendekatanpsikologisuntukmembantumahasiswamengelolastres.SalahsatualternatifyangdapatdilakukanadalahdenganmenerapkanMultimodalTherapydariLazarusuntukmengelolastresmahasiswa.LazarusmenyebutkonsepBASICID(behavioraffectsensationimagerycognitioninterpersonalrelationshipsdrugs-biology-nutrition-exercise)sebagaitujuhbidangpencetusstres.LazarusbermaksudbahwaBASICIDdapatmembawasetiapinsanuntukmengatasiketidakberesandalamsetiapbidangkehidupannyalewattindakannyataolehdirinyasendiriTujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmengujiKonselingmultimodal(KM)yangterujiketerterimaannya(acceptability)padaaspekkegunaan(utility)kelayakan(fesiability)danketepatan(accuracy)dan(2)UntukmengujikeefektifanKonselingMultimodal(KM)dalammengurangistresmahasiswa.Rancanganpenelitianiniadalahpra-eksperimentaldenganmenggunakantheone-grouppretest-posttestdesign.SubyekpenelitianiniadalahmahasiswaFakultasPsikologiUniversitasWisnuwardhanaangkatan2006/2007yangmemilikiketerampilanmengelolastresrendah.Penelitianinimenggunakanduajenisinstrumenyaitua)bahanperlakuandanb)instrumenpengukuran.UntukmengetahuisignifikansikeefektifanPenerapanKonselingMultimodal(PKM)dalammengelolastresmahasiswadilakukananalisisdatadenganmenggunakanstatistiknonparametrik.Hasilpretestmenunjukkanbahwasubyekpenelitianterindikasimengalamistres.Haliniterlihatdarisebarannilaipretestuntuksetiapmodalitas.Hampirsemuapertanyaandijawabdengannilaiskor2.Hasilpost-testyangdiberikansetelahmahasiswadiberipenerapantujuhmodalitas(perilakuemosipenginderaankhayalanpikiraninteraksidenganoranglainbiologi/obat-obatan)menunjukkanbahwaterdapatperbedaannilaiskorantarapretestdanpost-test.Nilairata-ratapost-testlebihbesardaripadanilairata-ratapretest.Padamodalitasperilakudarirerata191sebelumpenerapanmenjadirerata257sesudahpenerapan.Padamodalitasemosidarirerata173sebelumpenerapanmenjadirerata265sesudahpenerapan.Padamodalitaspenginderaandarirerata172sebelumpenerapanmenjadirerata258sesudahpenerapan.Padamodalitaskhayalandarirerata180sebelumpenerapanmenjadirerata259sesudahpenerapan.Padamodalitaspikirandarirerata173sebelumpenerapanmenjadirerata269sesudahpenerapan.Padamodalitasinteraksidenganoranglaindarirerata174sebelumpenerapanmenjadirerata247sesudahpenerapan.Padamodalitasbiologi/obat-obatandarirerata167sebelumpenerapanmenjadirerata229sesudahpenerapanKonselingMultimodal.PerbedaaninimenunjukkanbahwasetelahmahasiswadiberipelatihansepertiyangdimaksuddalamKonselingMultimodal(KM)terjadipeningkatanuntuksemuamodalitasyangdilatihkan.AdanyaperbedaanantarameansebelumpenerapandanmeansesudahpenerapanyangterbacapadahasilujibedamenunjukkanberkurangnyagejalastresyangdialamimahasiswaberartiKonselingMultimodal(KM)efektifmengelolastresmahasiswa.DarihasilevaluasiterhadappelatihanketujuhmodalitasinimengindikasikanbahwapelaksanaanKonselingMultimodal(KM)initelahterlaksanadenganhasilsesuaidengantujuanyangdiharapkan.HaliniberartibahwaKonselingMultimodal(KM)efektifdandapatditerapkanuntukmengelolastresmahasiswa.