Penggunaan terapi Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengubah self-esteem rendah mahasiswa Stipak "Duta Harapan" Malang (Studi Pra-Experimental) / Obeth Rumabar

Main Author: Rumabar, Obeth
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/56132/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSuratmanBambang.2009.HubunganKompetensiManajerialKepalaSekolahKetersediaanSaranaPrasaranaKapabilitasMengajarGurudanDukunganOrangTuadenganPrestasiBelajarSiswaSMPNegeridiKotaSurabaya.DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.HendyatSoetopoM.Pd.(II)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pddan(III)Prof.H.AhmadSonhadjiK.H.M.A.Ph.D.Katakuncikompetensimanajerialkekepalasekolahansaranaprasaranasekolahkapa-bilitasmengajarguruorangtuasiswaprestasisiswaKepemimpinankepalasekolahmerupakansalahsatufaktoryangikutmenentukantinggirendahnyaprestasisiswasehinggakepalasekolahdituntutmemilikikemam-puanmemimpinyangmemadaiagarmampumengambilinisiatifmeningkatkankuali-tassekolah.Prestasisiswadipengaruhiolehbanyakfaktormisalnyakompetensimanajerialkepalasekolahkapabilitasmengajargurusaranaprasaranadanfaktorlainnya.PrestasisiswaSMPNdiSurabayabeberapatahunterakhirtidakmasuk10besarJawaTimursehinggaperludiketahuipenyebabnya.Tujuanpokokpenelitianuntukmemperolehinformasitentangsejauhmanakontribusivariabel-variabelkompetensimanajerialkepalasekolahketersediaansaranadanprasaranadankapabilitasmengajargurudukunganorangtuadenganprestasisiswaSMPNdiSurabaya.Ditinjaudarijenisdatayangdikumpulkanpenelitianiniadalahpendekatankuantitatiftermasukpenelitiansurveykarenamengumpulkandatayangluasdanbanyaksertauntukmencaripembuktian.Jugatermasukpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhguruNegeriyangbertugasdiSMPNdikotaSurabayayangberjumlah2016orangguru.Sampelsebesar322oranggurudanpengambilannyasecaraproporsionalsampel.Teknikpengumpulandatamenggunakaninstrumenberupakuesioneruntukmenjaringkeempatvariabelyaitu(1)kompetensimanajerialkepalasekolah(2)ketersediaansaranapra-sarana(3)kapabilitasmengajarguru(4)dukunganorangtuadan(5)untukmemperolehdataprestasisiswaSMPNdikotaSurabayadilakukandengandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)kompetensimanajerialkepalasekolahKeterse-diaansaranadanprasaranaKapabilitasmengajarguruDukunganorangtuadanPrestasibelajarsiswasecaraumumberadadalamkategorisedang.(2)terdapathubunganlangsungyangsignifikanantarakompetensimanajerialkepalasekolahdengandukunganorangtua(3)adahubunganlangsungyangsignifikanantarakompetensimanajerialkepalasekolahdengankapabilitasmengajarguru(4)adahubunganlangsungyangsignifikanantaraketersediaansaranadanprasaranadengankapabilitasmengajarguru(5)adahubunganlangsungyangsignifikanantaradukunganiorangtuadengankapabilitasmengajarguru(6)adahubunganlangsungyangsignifikanantarakapabilitasmengajargurudenganprestasibelajarsiswa(7)adahubunganlangsungyangsignifikanantaradukunganorangtuadenganprestasibelajarsiswa(8)adahubunganlangsungyangsignifikanantaraketersediaansaranadanprasaranadenganprestasibelajarsiswa(9)adahubunganlangsungyangsignifikanantarakompetensimanajerialkepalasekolahdenganprestasibelajarsiswa(10)adahubungantidaklangsungyangsignifikanantarakompetensimanajerialkepalasekolahdengankapabilitasmengajargurumelaluidukunganorangtua(11)adahubungantidaklangsungyangsignifikanantarakompetensimanajerialkepalasekolahdenganprestasibelajarsiswamelaluikapabilitasmengajarguru(12)adahubungantidaklangsungyangsignifikanantarakompetensimanajerialkepalasekolahdenganprestasibelajarsiswamelaluidukunganorangtua(13)adahubungantidaklangsungyangsignifikanantaraketersediaansaranadanprasaranadenganprestasibelajarsiswamelaluikapabilitasmengajarguru.(14)BerdasarkannilaikontribusikumulasidarikeempatvariabelbebaskompetensimanajerialkepalasekolahketersediaansaranadanprasaranakapabilitasmengajargurudandukunganorangtuaterhadapprestasibelajarsiswadiSMPNKotaSurabayasebesarRSquare0938atausebesar938%dan62%lainnyadimungkinkanolehsebabvariabelyangtidaktermasukdalampenelitianini.Berdasarkantemuanyangdikemukakantersebutmakadapatdikemukakansaransebagaiberikut(1)MelihatkeadaandarikompetensimanajerialkepalasekolahketersediaansaranadanprasaranakapabilitasmengajargurudukunganorangtuadanprestasibelajarsiswakesemuanyadalamkategorisedangpenulismenyarankankepadapihakSMPNegeridiKotaSurabayauntuk(a)meningkatkankompetensimanajerialkepalasekolah(b)meningkatkandanmemanfaatkansecaramaksimalketersediaansaranadanprasarana(c)meningkatkankapabilitasmengajargurudenganmengikutikegiatanpengembanganprofesimisalnyatrainingmaupunpendidikanlanjutdan(d)meningkatkandukunganorangtuamelaluisikap-sikaptenggangrasadansambungrasajalinankerjasamadenganoranglainkhususnyadenganorangtuasiswadanmasyarakatpadaumumnya.(2).Denganditerimanyasemuahipotesisyangdiajukandalampenelitianinimakapenulismenyarankankepadabeberapapihak(a)BagiDinasPendidikanuntukmemprioritaskanpelatihantentangkepemimpinanmanajerialkepalasekolahmemberikanizindanbeasiswauntukstudilanjut.(b)BagiKepalaSekolahmeningkatkanketersediaansaranadanprasaranadanpemanfaatannyasebaik-baiknya.(c)Bagiguru-gurudisarankanuntukmengikutistudilanjutmengikutiseminardansejenisnya.(d)Bagipenelitilaindiharapkandijadikanpertimbangandalampenelitianlainnyayangmempunyaisasaransamadenganpendekatansecaraparsialmaupunsecarakomprehensif.(e)Bagipengembangilmumanajemenpendidikanagardapatdijadikanacuandalampengembanganilmuyagberkaitandengankompetensimanajerialkepalasekolahsaranaprasaranasekolahdukunganorangtuakapabilitasmengajargurumaupunprestasisiswadalamrangkapengembanganmodel.