Hubungan kemampuan adversity dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Dambit Ponorogo / Anindita Danurdara
Main Author: | Danurdara, Anindita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/56040/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDanurdaraAnindita.2015.HubunganKemampuanAdversitydenganPrestasiBelajarSiswaKelasVIIIdiSMPNegeri3SambitPonorogo.SkripsiJurusanPsikologiFakutasPendidikanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriWeniUtamiM.Si.(II)DiantiniIdaViatrieS.Psi.M.Psi.KatakuncikemampuanadversityprestasibelajarsiswaSMP.Kemampuanadversityadalahkemampuanindividuuntukbertahandalammenghadapisegalamacamkesulitan.Prestasibelajaradalahhasilusahayangdilakukandanmenghasilkanperubahanyangdinyatakandalambentuksimboluntukmenunjukkankemampuanpencapaiandalamhasilkerjadalamwaktutertentu.Individuyangmemilikiadversityquotientakanmemilikiketangguhanyanglebihdaripadamerekayangmemilikiadversityquotientrendah.Memilikiketangguhanakanmenghasilkanresponpositifdalammenghadapiprosesbelajardenganbermacamtantanganyangditunjukkandenganadanyasikapoptimissehinggamerekayakindapatmelewatitantangantersebut.Rasaoptimisituakanmembuatmotivasibelajarmerekameningkatkarenaadanyakeyakinanuntukmenghasilkanprestasibelajaryangtinggi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)kemampuanadversitypadasiswakelasVIIIdiSMPNegeri3KecamatanSambitPonorogo(2)prestasibelajarpadasiswakelasVIIIdiSMPNegeri3KecamatanSambitPonorogo(3)hubunganantarakemampuanadversitydenganprestasibelajarpadasiswakelasVIIIdiSMPNegeri3KecamatanSambitPonorogo.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.PengumpulandatamenggunakanangketkemampuanadversitydandokumentasiprestasibelajarsiswakelasVIII.Tryoutdilakukanpada43siswakelasVIIIdiSMPNegeri3KecamatanSambitPonorogo.Validitasitemuntukvariabelkemampuanadversityterdiridari25aitemdenganreliabilitassebesar0844.Prestasibelajardiukurmelaluipenilaiangurudalambentukrapotyaitujenistessumatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)siswakelasVIIISMPNegeri3KecamatanSambitPonorogosebagianbesarmemilikitingkatkemampuanadversityyangcukup(2)siswakelasVIIISMPNegeri3KecamatanSambitPonorogosebagianbesarmemilikitingkatnilaiprestasibelajaryangcukup(3)tidakadahubunganyangsignifikanantarakemampuanadversitydenganprestasibelajarpadasiswakelasVIIISMPNegeri3KecamatanSambitPonorogo.Haltersebutbisadisebabkanolehfaktor-faktordiluarkemampuanadversityyaitufaktorinternyangbersumberpadadirisiswadanfaktoreksternyangbersumberdariluardirisiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagisiswaagarmeningkatkankemampuannyadalammenghadapitantanganyangdihadapisebagaisaranauntukmengasahdirimenjadilebihbaiksehinggabisamemaksimalkanprestasibelajarnya.Banyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsehinggadiharapkanbagipenelitiselanjutnyauntukdapatmenelitihubunganantaravariabellaindalampeningkatanprestasibelajarsiswaterutamainteligensidanmotivasi.