Konstruksi sosial pemanfaatan Group Wahatsapp Kelas 7.4 di SMP Negeri 6 Malang / Bagus Febrianto Legowo

Main Author: Legowo, Bagus Febrianto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55927/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKLegowoBagusFebrianto.2017.KonstruksiSosialPemanfaatanGrupWhatsAppKelas7.4diSMPNegeri6Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanIlmuPengetahuanSosialFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IDewaPutuEskasasnandaS.AntM.A.(II)Dr.SukamtoM.PdM.Si.KataKunciKonstruksiSosialWhatsAppSiswaPemanfaatanPerkembanganteknologiseiringzamansemakinmajudalammemudahkanpekerjaanmanusia.Hambatanberupawaktudanjarakdenganseketikadapatdiatasidenganmenggunakansebuahmediakomunikasisalahsatunyamelaluismartphone.Melaluismartphonememungkinkankomunikasiterjadisecararealtimedanreallife.SalahsatuaplikasipadasmartphoneuntukmenunjangkebutuhaniniadalahWhatsApp.BentukkomunikasiyangditawarkanWhatsAppberupaprivatechatdangroupdiscussion(grupWhatsApp).HalinilahyangmenyebabkanWhatsAppbanyakdigunakandisekolahtermasukdiSMPNegeri6Malang.Penelitianinimemilikitigarumusanmasalahyaitu(1)BagaimanakonstruksisosialpembentukangrupWhatsAppkelas7.4(2)Bagaimanakonstruksisosialbentuk-bentukpemanfaatangrupWhatsAppkelas7.4olehsiswagurudanorangtua(3)BagaimanakonstruksisosialdampakpositifyangditimbulkandariadanyagrupWhatsAppkelas7.4bagisiswaPendekatandanjenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdeskriptif.Prosedurpengumpulandataterdiridariobservasiwawancaradandokumentasi.Informandalampenelitianiniadalahsiswagurudanorangtuasebagaiinformankunci.Sedangkaninformanpendukungnyaadalahkepalasekolah.AnalisisdatamenggunakanteknikanalisdatamodelinteraktifMilesHuberman.Hasilpenelitianinidiperoleh(1)PembentukkangrupWhatsAppkelas7.4diSMPNegeri6Malangpadaawalnyadibentukolehsiswa.Kemudiandisusulguruwalikelasdanorangtuauntukbergabungkedalamgrup.AdanyagrupinisejalandengankebijakansekolahmengenaiKomitePerwakilanKelas(KPK)yangbertujuanuntukmenjalinhubungankomunikasiyangintensantarasekolahdenganorangtuauntukmenunjangpembelajaransiswa.Momeneksternalisasiyakniketikasemuaanggotakelasikubergabungkedalamgrupkelas.(2)Bentukpemanfaatangrupdimanfaatkanuntukmencaridanberbagiinformasitentangsekolahdansiswa.SelainitudimanfaatkanuntukkepentingantugasatauPRsekolahdanmateripelajaran.Momenobjektivasiyakniketikagrupdimanfaatkansebagaimediakomunikasibersamaantarasiswagurudanorangtua.(3)Adanyagrupinimemberidampakpositifbagisiswadiantaranyamemudahkankomunikasimemudahkandalammelakukankoordinasikelasmendukungprosesbelajarsiswadanmenambahkeakrabananggotakelas.Momeninternalisasiyakniketikabeberapadampakpositifyangditerimasiswadisadarisehinggamemanfaatkangruphanyauntukkepentinganakademis.SaranbagipenelitiselanjutnyamengingatmasihbelumbanyakpenelitianserupamakapenelitimenyarankanuntukmelakukanpenelitianmengenaiproblematikadalampenerapangrupWhatsAppkelasdisekolah.