Bentuk pengelolaan pembelajaran sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan / Dika Dwi Ebtanto
Main Author: | Ebtanto, Dika Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55914/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEbtantoDikaDwi.2017.BentukPengelolaanPembelajaranSistemFullDaySchoolDiSMPYadikaBangilPasuruan.ProgramStudiPendidikanIlmuPengetahuanSosial.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.INyomanRujaS.U.(II)IDewaPutuEskasasnandaS.Ant.M.AKataKunciBentukPengelolaanPembelajaranSistemFullDaySchool.Kemajuansuatubangsadapatdilihatdaripendidikanpenduduknya.Pendidikanmerupakansalahsatuunsurfundamentaldalamkehidupanbangsa.Pendidikanmerupakansalahsatusyaratuntuklebihmemajukanbangsakarenakeberadaansuatubangsaditentukanolehkualitassumberdayamanusianya.Berawaldarikebutuhanmasyarakatakanpendidikanyangberkualitaspemerintahpadatahun2017menerapkankonseppendidikanbaruyangdinamakanfulldayschool.Penelitianinimemilikilimarumusanmasalahyaitu(1)BagaimanasejarahdilaksanakansistemfulldayschooldiSMPYadikaBangilPasuruan(2)BagaimanapelaksanaandalampenerapansistemfulldayschooldiSMPYadikaBangilPasuruan(3)Faktor-faktorpendukungapasajaterhadappelaksanaansistemfulldayschooldiSMPYadikaBangilPasuruan(4)Faktor-faktorpenghambatapasajaterhadappelaksanaansistemfulldayschooldiSMPYadikaBangilPasuruan(5)BagaimanapendapatgurudansiswaterhadappelaksanaansistemfulldayschooldiSMPYadikaBangilPasuruanPendekatandanjenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdeskriptif.Prosedurpengumpulandataterdiridariobservasiwawancaradandokumentasi.InformandalampenelitianiniadalahinformanpendukungyaituUrusanKesiswaanUrusanSaranaprasaranaGurudanSiswasertainformankunciadalahKepalaSekolahdanUrusanKurikulum.AnalisisdatamenggunakanteknikanalisdatamodelinteraktifMilesHuberman.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapengelolaanpembelajaransistemfulldayschooldiSMPYadikadisebabkanolehkebutuhanmasyarakatBangilyangmenginginkansekolahyanghampirsamadengansistemdipondokpesantren.Aspekyangditekankandalampengelolaanpembelajaranyaituaspekkarakterdanaspekakademik.KurikulumyangdigunakandalampembelajaranyaitukurikulumnasionalKTSP2006denganwaktupembelajaranyangmenyesuaikankebutuhansekolah.Programsekolahsepertikegiatanrutinsetiaphariekstrakulikulerwajibdanekstrakulikulerkepeminatanyangbertujuanuntukmembentukpengembangandirisiswa.SaranaprasaranayangmemadaidalamkegiatanpembelajaranjugamenjadipenunjangdalampengelolaanpembelajaransistemfulldayschooldiSMPYadikaBangilPasuruan.Terdapatbeberapahambatandalampengelolaanpembelajaransistemfulldayschoolsepertisaranaprasaranayangmasihperluditambah.Saranbagipenelitiselanjutnyamengingatmasihbelumbanyakpenelitianserupamakapenelitimenyarankanuntukmelakukanpenelitianmengenaistudikomparasipadasekolahberbasisfulldayschooldenganhalfdayschoolatauproblematikadalampembelajaransistemfulldayschool.