Analisis kompetensi pedagogik guru mata pelajaran IPS dalam menerapkan pendekatan Student Centered Learning (SCL) di SMP Negeri 2 Malang / Tria Septi Wulandari

Main Author: Wulandari, Tria Septi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55906/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulandariTriaSepti.2017.AnalisisKompetensiPedagogikGuruMataPelajaranIPSdalamMenerapkanPendekatanStudentCenteredLearning(SCL)diSMPNegeri2Malang.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafPh.D.(2)IDewaPutuEskasasnandaS.Ant.M.A.KataKunciGuruKompetensiPedagogikPendekatanStudentCenteredLearning(SCL)Pendidikantelahberlangsungsejakawalperadabandanbudayamanusia.Bentukdancarapendidikanitutelahmengalamiperubahansesuaidenganperubahanzamandantuntutankebutuhan.Gurumemilikiperandalammengajardanmendidiksiswasertadalammemajukanduniapendidikan.PemerintahtelahmerumuskanempatjeniskompetensigurusebagaimanatercantumdalamPenjelasanPeraturanPemerintahNomor19Tahun2005Pasal28Ayat3tentangStandarPendidikandanTenagaKependidikanyaknikompetensipedagogikkepribadiansosialdanprofesional.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanapemahamanguruIPStentangkompetensipedagogikdanpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)(2)BagaimanakompetensipedagogikguruIPSdalamperencanaanpelaksanaandanevaluasihasilbelajardenganmenggunakanpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)dan(3)BagaimanausahaguruIPSdalammengembangkanpembelajaranIPSdenganpendekatanStudentCenteredLearning(SCL).Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Kehadiranpenelitiyaitusebagaiinstrumenkuncidalampenelitian.LokasipenelitianberadadiSMPNegeri2Malang.Sumberdatayangdigunakanyaknisumberdataprimerdansumberdatasekunder.Prosedurpengumpulandatamelaluiobservasiwawancaradandokumentasi.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatamodelinteraktifMilesdanHuberman.Pengecekankeabsahantemuanmenggunakantriangulasisumberdantriangulasiteknik.Tahappenelitianyangdilakukanadalahtahappendahuluantahappengajuanproposaltahappelaksanaandantahappenyusunanlaporan.Hasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)pemahamangurumengenaikompetensipedagogikdanpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)sudahbaik(2)perencanaanpelaksanaandanevaluasipembelajaranbelumsepenuhnyamenerapkanpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)(3)usahagurudalammengembangkanpembelajaranIPSdenganpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)yaknimengikutiUjiKompetensiGuru(UKG)sertaseminar.Saranbagipenelitiselanjutnya(1)diharapkandapatmenelitidenganmemanfaatkanperspektiflaindiluarteorikonstruktivisme(2)diharapkanpenelitilaindapatmenggalimengenaikompetensiyanglainnyatidakhanyafokuspadakompetensipedagogiktetapijugakompetensiprofesionalkompetensikepribadiandankompetensisosial.