Analisis kompetensi pedagogik guru mata pelajaran IPS dalam menerapkan pendekatan Student Centered Learning (SCL) di SMP Negeri 2 Malang / Tria Septi Wulandari
Main Author: | Wulandari, Tria Septi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55906/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariTriaSepti.2017.AnalisisKompetensiPedagogikGuruMataPelajaranIPSdalamMenerapkanPendekatanStudentCenteredLearning(SCL)diSMPNegeri2Malang.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafPh.D.(2)IDewaPutuEskasasnandaS.Ant.M.A.KataKunciGuruKompetensiPedagogikPendekatanStudentCenteredLearning(SCL)Pendidikantelahberlangsungsejakawalperadabandanbudayamanusia.Bentukdancarapendidikanitutelahmengalamiperubahansesuaidenganperubahanzamandantuntutankebutuhan.Gurumemilikiperandalammengajardanmendidiksiswasertadalammemajukanduniapendidikan.PemerintahtelahmerumuskanempatjeniskompetensigurusebagaimanatercantumdalamPenjelasanPeraturanPemerintahNomor19Tahun2005Pasal28Ayat3tentangStandarPendidikandanTenagaKependidikanyaknikompetensipedagogikkepribadiansosialdanprofesional.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanapemahamanguruIPStentangkompetensipedagogikdanpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)(2)BagaimanakompetensipedagogikguruIPSdalamperencanaanpelaksanaandanevaluasihasilbelajardenganmenggunakanpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)dan(3)BagaimanausahaguruIPSdalammengembangkanpembelajaranIPSdenganpendekatanStudentCenteredLearning(SCL).Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Kehadiranpenelitiyaitusebagaiinstrumenkuncidalampenelitian.LokasipenelitianberadadiSMPNegeri2Malang.Sumberdatayangdigunakanyaknisumberdataprimerdansumberdatasekunder.Prosedurpengumpulandatamelaluiobservasiwawancaradandokumentasi.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatamodelinteraktifMilesdanHuberman.Pengecekankeabsahantemuanmenggunakantriangulasisumberdantriangulasiteknik.Tahappenelitianyangdilakukanadalahtahappendahuluantahappengajuanproposaltahappelaksanaandantahappenyusunanlaporan.Hasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)pemahamangurumengenaikompetensipedagogikdanpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)sudahbaik(2)perencanaanpelaksanaandanevaluasipembelajaranbelumsepenuhnyamenerapkanpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)(3)usahagurudalammengembangkanpembelajaranIPSdenganpendekatanStudentCenteredLearning(SCL)yaknimengikutiUjiKompetensiGuru(UKG)sertaseminar.Saranbagipenelitiselanjutnya(1)diharapkandapatmenelitidenganmemanfaatkanperspektiflaindiluarteorikonstruktivisme(2)diharapkanpenelitilaindapatmenggalimengenaikompetensiyanglainnyatidakhanyafokuspadakompetensipedagogiktetapijugakompetensiprofesionalkompetensikepribadiandankompetensisosial.