Konstruksi sosial pendidikan di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Auliya Fikri Nabila

Main Author: Nabila, Auliya Fikri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55904/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNabilaAuliyaFikri.2017.KonstruksiSosialPendidikandiDesaPasinanKecamatanLekokKabupatenPasuruan.Skripsi.ProgramStudiPendidikanIPS.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.GM.SukamtoM.Pd.M.Si(II)Dra.Hj.SitiMalikhahThowafM.A.Ph.DKataKunciKonstruksiSosialPendidikanDesaPasinanKecamatanLekokKabupatenPasuruanadalahsalahsatudaerahtingkatpendidikandiKecamatanLekokkhususnyaDesaPasinancukuprendahdenganangkaDropOutpadapendidikanmenengahtertinggidanpencapaianhasilujiannasionalterutamaditingkatsekolahdasaryaitudiSDNPasinan1selalumenempatiurutanterakhirdiKabupatenPasuruandengankategoriCpadatahunajaran2015/2016.HaltersebutterbuktijugamelaluidataBadanPemberdayaanMasyarakatDesaPasinanKecamatanLekokKabupatenPasuruantahun2016yangmenyatakansebanyak13758orangusia12-56tahuntercatattidaktamatSMPdanSMA.Masyarakatsetempatberpandanganbahwapendidikanbukanlahjaminanuntukhidupsejahtera.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanakonstruksisosialpendidikandilihatdarikondisisosialdidesaPasinanKecamatanLekokKabupatenPasuruan(2)BagaimanakonstruksisosialpendidikandilihatdarikondisiekonomididesaPasinanKecamatanLekokKabupatenPasuruan(3)BagaimanakonstruksisosialpendidikandilihatdarikondisibudayadidesaPasinanKecamatanLekokKabupatenPasuruanPenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankonstruksisosialataupandanganmasyarakatterhadappendidikandilihatdarikondisisosialekonomibudayadiDesaPasinanKecamatanLekokKabupatenPasuruan.SumberdatamenggunakanduajenisdataberdasarkansumbernyayaitudataprimerdandatasekunderdenganmenggunakanteknikSnowball.Prosedurpengumpulandatadalampenelitianiniadalahwawancaraobservasidandokumentasi.HasildaripenelitianiniadalahKostruksisosialmasyarakatDesaPasinanterhadappendidikan(1)DilihatdarikondisisosialmasyarakatDesaPasinanmemandangpendidikansebagaisaranamobilitassosialdimanadapatmerubahstatusdankedudukandidalammasyarakat.(2)DilihatdarikondisiekonomiadalahmasyarakatDesaPasinanmemandangpendidikandapatmempermudahmencaripekerjanmemberikanposisistrategisdalambekerjadanmeningkatkanpangkatjabatansertagajidalambekerja.(3)DilihatdarikondisibudayamasyarakatDesaPasinanmemandangbahwapendidikantidaklahbegitupentingjikadibandingkandenganbudayafanatikterhadapagamadanjugapernikahandinidimasyarakat.KesimpulandaripenelitianiniyaitumasyarakatDesaPasinanmemandangpendidikansebagaihalyangpositifdandiyakinidapatmemperbaikitarafhidup.OlehsebabitupenelitiselanjutnyadiharapkandapatmengkajipermasalahanpendidikanmelaluistudifenomenologiatauetnografidiDesaPasinanKacamatanLekokKabupatenPasuruan.ABSTRACTNabilaAuliyaFikri.2017.SocialConstructionofEducationinPasinanVillageLekokSub-districtPasuruanRegency.Thesis.SocialStudiesEducation.FacultyofSocialScience.StateUniversityofMalang.Advisor(I)Dr.GM.SukamtoM.Pd.M.Si(II)Dra.Hj.SitiMalikhahThowafM.A.Ph.DKeywordsSocialConstructionEducation.PasinanVillageLekokSub-districtPasuruanRegencyisoneofeducationlevelinLekoksub-districtespeciallyinPasinanVillagewhichisquitelowwithdropoutinthehighestsecondaryeducationlevelandtheachievementofnationalexamresultespeciallyatelementaryschoollevelinSDNPasinan1alwaysrankslastinRegencyPasuruanbycategoryCin2015/2016academicyear.ItisprovenalsothroughdataofPasinanVillageCommunityEmpowermentAgencyLekokSub-districtPasuruanregencyin2016whichstatedthat13758peopleaged12-56yearsarenotgraduatedfromjuniorandseniorhighschool.Thelocalcommunityholdsandbelievesthateducationisnotaguaranteeforprosperity.Theresrachofprobleminthisresearchis(1)HowsocialconstructionofeducationseenfromsocialconditionatPasinanvillageLekokSub-districtPasuruanRegency(2)HowisthesocialconstructionofeducationseenfromtheeconomicconditioninPasinanvillageLekoksub-districtPasuruanregency(3)HowisthesocialconstructionofeducationseenfromtheculturalconditionsinPasinanvillageLekoksub-districtPasuruanregency.Inthisresearchtheresearcherusesqualitativeapproachanddescriptiveresearchtype.ThisstudyaimstodescribesocialconstructionorcommunityviewsoneducationseenfromthesocialeconomicculturalconditionsinPasinanvillageLekoksub-districtPasuruanregency.ThedatasourceusestwotypesofdatabasedwhichiscollectedbyitssourcessuchasprimarydataandsecondarydatawhichtheresearchergetitbyusingSnowballtechnique.TheDatacollectionprocedureinthisresearchisbyusinginterviewobservationanddocumentation.TheresultofthisresearchisSocialConstructionofPasinanVillagesocietytowardseducationis(1)JudgingfromsocialconditionPasinanVillagepeoplevieweducationasameansofsocialmobilitywhichcanchangethestatusandpositioninsociety.(2)SeenfromtheeconomicconditionthepeopleofPasinanVillageseeeducationasfacilitatingonjobsearchinggivingstrategicpositioninworkingandimprovingrankpositionandsalaryinworkenvironment.(3)ViewedfromtheculturalconditionsthepeopleofPasinanVillageseeeducationasnotsoimportantwhencomparedtothefanaticalcultureofreligionandalsoinearlymarriageconditioninsociety.InconclusionpeopleofPasinanVillageviewededucationasapositivethingandbelievedtoimprovethestandardofliving.ThereforethenextresearcherisexpectedtostudytheeducationalproblemthroughphenomenologyorethnographystudyinPasaranVillageLekokPasuruanRegency.