Konstruksi sosial atas makna tradisi dan nilai-nilai upacara labuhan dalam kehidupan masyarakat di Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang / Citra Dara Rahmadani

Main Author: Rahmadani, Citra Dara
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55899/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahmadaniCitraDara.2017.KonstruksiSosialAtasMaknaTradisidanNilai-NilaiUpacaraLabuhandalamKehidupanMasyarakatdiPantaiNgliyepDesaKedungsalamKecamatanDonomulyoKabupatenMalang.ProgramStudiPendidikanIlmuPengetahuanSosialFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SukamtoM.PdM.Si(II)IDewaPutuEskasasnandaS.Ant.M.A.KataKunciKonstruksiSosialMaknaTradisiNilai-NilaiUpacaraLabuhanUpacaraLabuhanmerupakanupacaraadatyangmasihdilaksanakansetiaptahunnyaolehmasyarakatDesaKedungsalamKecamatanDonomulyoKabupatenMalang.UpacarainidilaksanakandengancaramenenggelamkanberbagaimacamsesajidiPantaiNgliyep.Sesajitersebutterdiridarikulitdarahkakidankepalakambing.MasyarakatKedungsalamberpandanganbahwadengandilaksanakannyaUpacaraLabuhandapatmemberikanberkahsertakeselamatan.Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalah(1)Bagaimanasejarahasal-usultradisiUpacaraLabuhandiPantaiNgliyepDesaKedungsalamKecamatanDonomulyo(2)BagaimanaprosespelaksanaantradisiUpacaraLabuhandiDesaKedungsalamKecamatanDonomulyo(3)BagaimanakonstruksisosialatasmaknatradisiUpacaraLabuhandalamkehidupanmasyarakatDesaKedungsalamKecamatanDonomulyo(4)Bagaimananilai-nilaididalamtradisiUpacaraLabuhanDesaKedungsalamKecamatanDonomulyoPenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Sumberdatamenggunakanprimerdansekunder.Prosedurpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradandokumentasi.AnalisisdatamenggunakanMilesdanHubermanyangterdiridaripengumpulandatareduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Pengecekankeabsahantemuanpadapenelitianinimeliputiperpanjangankehadiranpenelitiketekunanpengamatandantriangulasi.Hasilpenelitian(1)AwalmulapelaksanaanLabuhandisebabkanwabahpageblukyangmenimpamasyarakatKedungsalam.PelaksanaantradisiinidipeloporiolehEyangKyaiThalibdanMbahAtun.Labuhandilaksanakanpertamakalitanggal20Februari1913atau13Mulud1331HdansesuaidenganhitunganJawa.(2)TradisiLabuhanmemiliki3(tiga)tahapprosesi.Pertamatahappersiapanberupamempersiapkanberbagaiperalatanritualdanpelaksanaantirakatan.KeduatahappelaksanaanyaitumelabuhsesajikePantaiNgliyep.Ketigatahappenutupberupapelaksanaanselamatandanpertunjukkankesenianwayang.(3)MasyarakatKedungsalamdapatmemaknaitradisiLabuhandikarenakanpengaruhataudoronganyangberasaldariorangtua(leluhur)danlingkungannya.MaknaLabuhanyangadadimasyarakatdiyakinimaupundipercayaisecarabersama-sama.(4)Nilaigotongroyongnilaihiduprukunnilaimusyawarah/mufakatnilaireliginilaiketertibannilaisosialdannilaipariwisata.PenelitiselanjutnyadiharapkanuntukmelakukanpenelitiantentangmaknasimbolikUpacaraLabuhandiDesaKedungsalam.Banyaknyasimbol-simbolpadaritualLabuhanyangbelumterungkapsecarajelassertamaknayangterkandungdidalamnya.