Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar / Sri Utami

Main Author: Sri, Utami
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55888/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUtamiSri.2016.PeningkatanMotivasidanHasilBelajarIPSMelaluiModelPembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)PadaSiswaKelasVIISMPNegeri2Papar.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.APh.D.(II)Drs.SoetjiptoS.H.M.Pd.KataKunciNumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiHasilBelajarPerananguruuntukmencapaikeberhasilandalamsuatupembelajaransangatlahbesarterutamadalammemberikanmateripelajaraan.Padaumumnyauntukmengejarpencapaikurikulumparaguruakanmemilihjalantermudah.ModelpembelajaranyangdigunakanolehguruIPShanyamenggunakanmodelyangmenekankanpemberianinformasisajadalamhalinigurumenggunakanmodelceramahtanpamelibatkansiswadalamprosespembelajaran.NumberedHeadsTogether(NHT)adalahsuatumodelbelajardimanasetiapsiswadiberinomorkemudiandibentuksuatukelompokdansetiapkelompokdiberitugasyangakandidiskusikankemudiansecaraacakgurumemanggilnomordarisiswa.Metodeinimengedepankanaktivitaspesertadidikdalammencaridanmengolahdatadaribeberapatemannyayangakhirnyadipresentasikandidepankelas.RumusanMasalahdalampenelitianiniyaitu(1)BagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranNHTdalampembelajaranIPSpadasiswakelasVIISMPNegeri2Papar(2)BagaimanakahpeningkatanmotivasibelajarIPSmelaluimodelpembelajaranNHTpadasiswakelasVIISMPNegeri2Papar(3)BagaimanakahpeningkatanhasilbelajarIPSmelaluimodelpembelajaranNHTpadasiswakelasVIISMPNegeri2Papar.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmelaluiempattahapanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridariduasiklusyangterdiridaritigapertemuanpadasetiapsiklusnya.Datapenelitianberupahasilbelajardiperolehmelaluitesyangdiberikankepadasiswapadasetiapakhirsiklus.Datapenelitianmotivasibelajardiperolehmelaluiinstrumentangketyangdiberikankepadasiswapadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaNHTdapatmeningkatkanmotivasibelajarIPSsiswapadasiklusIsebesar7762%dengankategoriSedang.PadasiklusIImeningkatmenjadi9508%%dengankategoriTinggi.PeningkatanmotivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebesar1746%%.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaNHTdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswapadasiklusIsebesar7211%.PadasiklusIImeningkatmenjadi7917%.PeningkatanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebesar706%.Penelitiselanjutnyadiharapkandapatmelaksanakanpenelitiansejenisyangtujuannyamemperbaikidanmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanmodelpembelajaranyangbervariasidengansubyekpenelitiandanmateriyangberbeda.SebelummenerapkanmodelNHTperlupengarahanagarsiswatidakbingungdanmenghabiskanwaktupadamediapembelajaransebaiknyamenggunakanmediapembelajaranyangbervariasiagarmenarikperhatiansiswa.