Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Ima Rosyida

Main Author: Rosyida, Ima
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55848/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRosyidaIma.2016.PenerapanModelPembelajaranMindMappingUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranIPSKelasVIIISMPNegeri12Malang.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.APh.D.(II)Drs.SoetjiptoS.H.M.Pd.KataKunciMindMappingHasilBelajarPembelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)diSekolahMenengahPertama(SMP)sangatpentingbagisiswakarenaberhubungandengankehidupansehari-harimanusiabaikmasalampaumasasekarangdanmasayangakandatang.PermasalahandalamprosespembelajarandiSMPNegeri12Malangadalahmodelpembelajaranyangkurangmenarikbagisiswa.Haltersebutberakibatpadatidakoptimalnyapemusatanperhatianpadakemampuanyangharusdikuasaimenjadirendahtermasukjugahasilbelajaryangkurangmaksimal.Berdasarkandataawalyangdiperolehhanya20%atau6siswayangmencapaiketuntasandenganKKMyangtelahditentukanyaitu75.ModelpembelajarandenganmenggunakanMindMappingmerupakansolusiyangdapatdigunakandalamprosespembelajaranIPSdiSMPNegeri12MalangkarenamodelMindMappingmemudahkansiswauntukmengingatinformasimelaluigambargarisatauwarnayangdibuatsecarabervariasidengankreatifitasmasing-masingpesertadidik.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanapenerapanmodelpembelajaranMindMappingpadamatapelajaranIPSsiswakelasVIIISMPNegeri12Malang(2)BagaimanapeningkatanhasilbelajarmatapelajaranIPSsetelahditerapkanmodelpembelajaranMindMappingpadasiswakelasVIIISMPNegeri12Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).BerdasarkanhasilpenelitiantindakankelasyangdilakukanpadasiklusIdansiklusIImakadapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranMindMappingdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSpadasiswakelasVIIISMPNegeri12Malang.Haliniterbuktidenganadanyapeningkatanpadaketuntasanklasikalyangdiperolehsiswapadasetiapsiklus.PadasiklusIhasilposttestmenunjukkanketuntasanklasikalmeningkatmenjadi63%atau19siswa.PadasiklusIIhasilposttestmenunjukkanketuntasanklasikalmeningkatlagimenjadi93%atau28siswa.KinerjagurudansiswadalammengikutipembelajaranjugameningkatkanpadasetiappertemuandisetiapsiklusnyaDarihasilpenelitiandiatassayabisamemberikansarankepadakhususnyagurumatapelajaranIPSbahwamodelpembelajaranMindMappingdapatdigunakansebagaisalahsatualternatifdalampembelajaranIPSuntukmeningkatkankeaktifansiswadanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSyangmenarikdanmenyenangkan.KendalayangdihadapipadasaatpenelitiandilakukanadalahkurangnyapemahamansiswatentangMindMapping.TugasguruadalahmemberiinstruksiyangjelassertamemberipemahamankepadasiswabaiktentangmateripembelajaranmaupundalampembuatanMindMappingagarketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajaranMindMappingberhasildanhasilbelajarsiswameningkat.