Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Devi Lailatul Azizah
Main Author: | Azizah, Devi Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55840/ |
ctrlnum |
55840 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/55840/</relation><title>Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Devi Lailatul Azizah </title><creator>Azizah, Devi Lailatul</creator><subject>H Social Sciences</subject><description>ABSTRAKAzizahDeviLailatul.2016.PenerapanKurikulum2013MataPelajaranIPSdiSMPNegeri15Malang.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.APh.D(II)Drs.SoetjiptoS.H.M.Pd.KataKunciPenerapanKurikulum2013IPSPerubahanGlobalyangterjadijugaberpengaruhdalamhalpendidikan.Untukmendukungperubahandalamperkembanganpendidikandiperlukansebuahkurikulum.DiIndonesiaKurikulumsudahmengalamibanyakperubahankuranglebih11kalisetelahkemerdekaan.KurikulumyangterbaruadalahKurikulum2013yangserempakdilaksanakanmulaitahun2014/2015.PadatahunajaransebelumyaKurikulum2013hanyaditerapkandibeberapasekolahpilihan.SeiringdenganbergantinyamenteripendidikandanbanyaksekolahyangbelumsiapmenerapkanKurikulum2013makalahirlahperaturanpemerintahyangterbaruPermendikbudNo.160tahun2014tentangpemberlakuanKTSPdanKurikulum2013.PadapenerapanKurikulum2013inimatapelajaranIPSharusdilaksanakanterpadutetapimasihbanyakguruyangmengajarkannyasecaraterkotak-kotak.SepertihalnyadenganguruIPSdiSMPNegeri15Malang.RumusanMasalahdalampenelitianiniyaitu(1)BagaimanapemahamanguruterhadaptujuanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013MataPelajaranIPS(2)BagaimanapenerapanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013MataPelajaranIPS(3)KendalaapasajayangdihadapiolehgurudalampenerapanKurikulum2013MataPelajaranIPS.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.LokasipenelitianterletakdiSMPNegeri15Malang.SumberdatayangdigunakanadalahdataprimerdansumberdatasekunderProsedurpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaraobservasidandokumentasi.AnalisisdatayangdigunakanadalahmodelMilesHuberman.Pengecekankeabsahantemuandilakukandengancaratriangulasidanmenggunakanbahanreverensi.Tahappenelitianyangdilakukanyaitutahappersiapantahappelaksanaandantahappelaporan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemahamgurumengenaitujuanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013baikkarenagurumampumejelaskansesuaidengandokumenKurikulum.UntukpenerapanisiMataPelajaranIPSdiajarkansecaraterpadudengantemamengacupadabukupemerintahsedangkanpenerapanpembelajaranmenggunakanpembelajaransaintifikwalaupunbelumsemuagurumenerapkandanpenerapanevaluasitidakdilaksanakandalamsetiapkalipertemuan.KendalayangdihadapiguruyaitudalamhalpenilaianyangbanyakformatnyasertapembelajaranIPSyangdiajarkansecaraterpadu.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanguruharusrajinuntukbelajarmengenaiKurikulum2013.Sekolahmampumenerapkankurikulum2013secaraoptimaldengancarapelatihangurudisekolahselaindaripemerintah.BagipenelitiselanjutnyadisarankanmerancangdanmelaksanakanpenelitianmengenaipenerapanKurikulum2013denganmembandingkanbeberapasekolah.</description><date>2016-08-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Azizah, Devi Lailatul (2016) Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Devi Lailatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>55840</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Azizah, Devi Lailatul |
title |
Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Devi Lailatul Azizah |
publishDate |
2016 |
topic |
H Social Sciences |
url |
http://repository.um.ac.id/55840/ |
contents |
ABSTRAKAzizahDeviLailatul.2016.PenerapanKurikulum2013MataPelajaranIPSdiSMPNegeri15Malang.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.APh.D(II)Drs.SoetjiptoS.H.M.Pd.KataKunciPenerapanKurikulum2013IPSPerubahanGlobalyangterjadijugaberpengaruhdalamhalpendidikan.Untukmendukungperubahandalamperkembanganpendidikandiperlukansebuahkurikulum.DiIndonesiaKurikulumsudahmengalamibanyakperubahankuranglebih11kalisetelahkemerdekaan.KurikulumyangterbaruadalahKurikulum2013yangserempakdilaksanakanmulaitahun2014/2015.PadatahunajaransebelumyaKurikulum2013hanyaditerapkandibeberapasekolahpilihan.SeiringdenganbergantinyamenteripendidikandanbanyaksekolahyangbelumsiapmenerapkanKurikulum2013makalahirlahperaturanpemerintahyangterbaruPermendikbudNo.160tahun2014tentangpemberlakuanKTSPdanKurikulum2013.PadapenerapanKurikulum2013inimatapelajaranIPSharusdilaksanakanterpadutetapimasihbanyakguruyangmengajarkannyasecaraterkotak-kotak.SepertihalnyadenganguruIPSdiSMPNegeri15Malang.RumusanMasalahdalampenelitianiniyaitu(1)BagaimanapemahamanguruterhadaptujuanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013MataPelajaranIPS(2)BagaimanapenerapanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013MataPelajaranIPS(3)KendalaapasajayangdihadapiolehgurudalampenerapanKurikulum2013MataPelajaranIPS.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.LokasipenelitianterletakdiSMPNegeri15Malang.SumberdatayangdigunakanadalahdataprimerdansumberdatasekunderProsedurpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaraobservasidandokumentasi.AnalisisdatayangdigunakanadalahmodelMilesHuberman.Pengecekankeabsahantemuandilakukandengancaratriangulasidanmenggunakanbahanreverensi.Tahappenelitianyangdilakukanyaitutahappersiapantahappelaksanaandantahappelaporan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemahamgurumengenaitujuanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013baikkarenagurumampumejelaskansesuaidengandokumenKurikulum.UntukpenerapanisiMataPelajaranIPSdiajarkansecaraterpadudengantemamengacupadabukupemerintahsedangkanpenerapanpembelajaranmenggunakanpembelajaransaintifikwalaupunbelumsemuagurumenerapkandanpenerapanevaluasitidakdilaksanakandalamsetiapkalipertemuan.KendalayangdihadapiguruyaitudalamhalpenilaianyangbanyakformatnyasertapembelajaranIPSyangdiajarkansecaraterpadu.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanguruharusrajinuntukbelajarmengenaiKurikulum2013.Sekolahmampumenerapkankurikulum2013secaraoptimaldengancarapelatihangurudisekolahselaindaripemerintah.BagipenelitiselanjutnyadisarankanmerancangdanmelaksanakanpenelitianmengenaipenerapanKurikulum2013denganmembandingkanbeberapasekolah. |
id |
IOS13003.55840 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:14:05Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:14:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721928354791424 |
score |
17.13294 |