Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Devi Lailatul Azizah

Main Author: Azizah, Devi Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55840/
ctrlnum 55840
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/55840/</relation><title>Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Devi Lailatul Azizah </title><creator>Azizah, Devi Lailatul</creator><subject>H Social Sciences</subject><description>ABSTRAKAzizahDeviLailatul.2016.PenerapanKurikulum2013MataPelajaranIPSdiSMPNegeri15Malang.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.APh.D(II)Drs.SoetjiptoS.H.M.Pd.KataKunciPenerapanKurikulum2013IPSPerubahanGlobalyangterjadijugaberpengaruhdalamhalpendidikan.Untukmendukungperubahandalamperkembanganpendidikandiperlukansebuahkurikulum.DiIndonesiaKurikulumsudahmengalamibanyakperubahankuranglebih11kalisetelahkemerdekaan.KurikulumyangterbaruadalahKurikulum2013yangserempakdilaksanakanmulaitahun2014/2015.PadatahunajaransebelumyaKurikulum2013hanyaditerapkandibeberapasekolahpilihan.SeiringdenganbergantinyamenteripendidikandanbanyaksekolahyangbelumsiapmenerapkanKurikulum2013makalahirlahperaturanpemerintahyangterbaruPermendikbudNo.160tahun2014tentangpemberlakuanKTSPdanKurikulum2013.PadapenerapanKurikulum2013inimatapelajaranIPSharusdilaksanakanterpadutetapimasihbanyakguruyangmengajarkannyasecaraterkotak-kotak.SepertihalnyadenganguruIPSdiSMPNegeri15Malang.RumusanMasalahdalampenelitianiniyaitu(1)BagaimanapemahamanguruterhadaptujuanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013MataPelajaranIPS(2)BagaimanapenerapanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013MataPelajaranIPS(3)KendalaapasajayangdihadapiolehgurudalampenerapanKurikulum2013MataPelajaranIPS.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.LokasipenelitianterletakdiSMPNegeri15Malang.SumberdatayangdigunakanadalahdataprimerdansumberdatasekunderProsedurpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaraobservasidandokumentasi.AnalisisdatayangdigunakanadalahmodelMilesHuberman.Pengecekankeabsahantemuandilakukandengancaratriangulasidanmenggunakanbahanreverensi.Tahappenelitianyangdilakukanyaitutahappersiapantahappelaksanaandantahappelaporan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemahamgurumengenaitujuanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013baikkarenagurumampumejelaskansesuaidengandokumenKurikulum.UntukpenerapanisiMataPelajaranIPSdiajarkansecaraterpadudengantemamengacupadabukupemerintahsedangkanpenerapanpembelajaranmenggunakanpembelajaransaintifikwalaupunbelumsemuagurumenerapkandanpenerapanevaluasitidakdilaksanakandalamsetiapkalipertemuan.KendalayangdihadapiguruyaitudalamhalpenilaianyangbanyakformatnyasertapembelajaranIPSyangdiajarkansecaraterpadu.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanguruharusrajinuntukbelajarmengenaiKurikulum2013.Sekolahmampumenerapkankurikulum2013secaraoptimaldengancarapelatihangurudisekolahselaindaripemerintah.BagipenelitiselanjutnyadisarankanmerancangdanmelaksanakanpenelitianmengenaipenerapanKurikulum2013denganmembandingkanbeberapasekolah.</description><date>2016-08-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Azizah, Devi Lailatul (2016) Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Devi Lailatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>55840</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Azizah, Devi Lailatul
title Penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Devi Lailatul Azizah
publishDate 2016
topic H Social Sciences
url http://repository.um.ac.id/55840/
contents ABSTRAKAzizahDeviLailatul.2016.PenerapanKurikulum2013MataPelajaranIPSdiSMPNegeri15Malang.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.APh.D(II)Drs.SoetjiptoS.H.M.Pd.KataKunciPenerapanKurikulum2013IPSPerubahanGlobalyangterjadijugaberpengaruhdalamhalpendidikan.Untukmendukungperubahandalamperkembanganpendidikandiperlukansebuahkurikulum.DiIndonesiaKurikulumsudahmengalamibanyakperubahankuranglebih11kalisetelahkemerdekaan.KurikulumyangterbaruadalahKurikulum2013yangserempakdilaksanakanmulaitahun2014/2015.PadatahunajaransebelumyaKurikulum2013hanyaditerapkandibeberapasekolahpilihan.SeiringdenganbergantinyamenteripendidikandanbanyaksekolahyangbelumsiapmenerapkanKurikulum2013makalahirlahperaturanpemerintahyangterbaruPermendikbudNo.160tahun2014tentangpemberlakuanKTSPdanKurikulum2013.PadapenerapanKurikulum2013inimatapelajaranIPSharusdilaksanakanterpadutetapimasihbanyakguruyangmengajarkannyasecaraterkotak-kotak.SepertihalnyadenganguruIPSdiSMPNegeri15Malang.RumusanMasalahdalampenelitianiniyaitu(1)BagaimanapemahamanguruterhadaptujuanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013MataPelajaranIPS(2)BagaimanapenerapanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013MataPelajaranIPS(3)KendalaapasajayangdihadapiolehgurudalampenerapanKurikulum2013MataPelajaranIPS.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.LokasipenelitianterletakdiSMPNegeri15Malang.SumberdatayangdigunakanadalahdataprimerdansumberdatasekunderProsedurpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaraobservasidandokumentasi.AnalisisdatayangdigunakanadalahmodelMilesHuberman.Pengecekankeabsahantemuandilakukandengancaratriangulasidanmenggunakanbahanreverensi.Tahappenelitianyangdilakukanyaitutahappersiapantahappelaksanaandantahappelaporan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemahamgurumengenaitujuanisipembelajarandanevaluasiKurikulum2013baikkarenagurumampumejelaskansesuaidengandokumenKurikulum.UntukpenerapanisiMataPelajaranIPSdiajarkansecaraterpadudengantemamengacupadabukupemerintahsedangkanpenerapanpembelajaranmenggunakanpembelajaransaintifikwalaupunbelumsemuagurumenerapkandanpenerapanevaluasitidakdilaksanakandalamsetiapkalipertemuan.KendalayangdihadapiguruyaitudalamhalpenilaianyangbanyakformatnyasertapembelajaranIPSyangdiajarkansecaraterpadu.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanguruharusrajinuntukbelajarmengenaiKurikulum2013.Sekolahmampumenerapkankurikulum2013secaraoptimaldengancarapelatihangurudisekolahselaindaripemerintah.BagipenelitiselanjutnyadisarankanmerancangdanmelaksanakanpenelitianmengenaipenerapanKurikulum2013denganmembandingkanbeberapasekolah.
id IOS13003.55840
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:14:05Z
last_indexed 2021-11-04T07:14:05Z
recordtype dc
_version_ 1752721928354791424
score 17.13294