Penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi konflik sosial untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 di MA Al Maarif Singosari tahun pelajaran 2017/2018 / Khoirotul Anisa

Main Author: Anisa, Khoirotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55798/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnisaKhoirotul.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningPadaMateriKonflikSosialUntukMeningkatkanKeaktifanDanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXiIps3DiMaAlMaarifSingosariTahunPelajaran2017/2018.SkripsiProgramStudiPendidikanSosiologiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.NurHadiM.PdM.Si.KataKunciModelPembelajaranPBLKeaktifanKemampuanBerpikirKritis.PBLmerupakanmetodeinstruksionalyangmenantangsiswaagarbelajaruntukbelajarbekerjasamadalamkelompokuntukmencarisolusibagimasalahyangnyatamasalahinidigunakanuntukmeningkatkanrasakeingintahuansertakemampuananalitisdaninisiatifatasmateripembelajaran.BerdasarkanhasilrekapitulasinilaisiswadalamtugaskelompokdandigabungkandenganberbagaiaspekmakadapatdisimpulkanbahwanilaiyangdiperolehsiswapadasiklusImasih21%atau8siswadari38siswayangmencapainilaidiatasKKM.Hasiltersebutsudahmenunjukkanbahwaadanyapeningkatandalampemahamansiswawalaupunmasihbelumdiatas50%.OlehsebabitudiperlukansiklusIIyangberisitentangpengembanganmaterikonfliksosial.BerdasarkanhasilrekapitulasinilaisiswapadasiklusIImengalamipeningkatandari21%menjadi71%atau27siswadari38siswayangmencapainilaidiatasKKM.HaltersebutmenunjukkanbahwamodelpembelajaranPBLmampumeningkatkankeaktifandankemampuanberpikirkritissiswa.