Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam mata pelajaran sejarah peminatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Malang / Vina Wahyuningtyas

Main Author: Wahyuningtyas, Vina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55387/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKWahyuningtyasVina.2018.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTAD(StudentTeamsAchievmentDivision)DalamMataPelajaranSejarahPeminatanUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXIIPS2SMANegeri9MalangSkripsiJurusanSejarah.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)NajibJauhariS.Pd.M.HumKataKunciModelPembelajaranKooperatifSTAD(StudentTeamsAchievmentDivision)HasilBelajarPembelajaranmerupakansuatusistemyangterdiriatasberbagaikomponenyangsalingberhubungansatudenganyanglainmeliputitujuanmaterimetodemediadanevaluasi.Tujuanpembelajaranmerupakantujuanyangpalingkhususuntukdapatmeningkatkankemampuanyangdimilikianakdidiksetelahmerekamempelajaribahasantertentu.Pembelajaransejarahyangbaikselalumelibatkanaktivitasgurudansiswaagardapatmemenuhikebutuhanpendidikansiswadanmencapaitujuanpembelajaranyanghendakdicapai.Penelitianinididasarkanpadamasalahyangterjadisaatpembelajaranbahwakegiatanpembelajaranmasihdilaksanakandenganmenggunakanmodelpembelajarankonvensionalyangmenyebabkansiswabelajardenganaktivitasbelajaryangbelumoptimal.Aktivitasbelajaryangbelumoptimalmenyebabkanhasilbelajarsiswarendah.Upayayangdilakukanguruuntukmeningkatkanhasilbelajardenganmenggunakanmediapembelajaranbelumdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haltersebutdikarenakanpesanpembelajaranbelumdapatdisampaikandenganbaik.PadapenelitianinipenelitimenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADmatapelajaransejarahpeminatanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIPS2SMANegeri9Malangsebagaialternatifsolusidarimasalahpembelajarantersebut.RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADpadamatapelajaransejarahpeminatandikelasXIIPS2SMANegeri9MalangdanbagaimanahasilbelajarsiswakelasXIIPS2SMANegeri9MalangsetelahmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdanhasilbelajarsiswaXIIPS2SMANegeri9MalangsetelahmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasyangterdiriatasduasiklus.Tiapsiklusterdiriatastahapperencanaantindakanobservasidanrefleksi.SumberdatapenelitianiniberdasarkanpelaksanaanpembelajaranSTADsesuaiRPPdanlembarobservasipembelajaransertahasilbelajarsiswa.Alatpengambilandatayangdigunakanberupatesobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisdatadilakukansecarakuantitatifdankualitatif.Prosespenelitiandilaksanakandenganmenggunakanobservasiterhadapkegiatansiswadanguruselamaprosespelaksanaantindakandalampembelajaran.ObservasipelaksanaantindakandilaksanakanmenggunakansintaksSTADuntukmengamatiaktivitassiswadanguru.AktivitassiswadanguruberdasarkanhasilpengamatanobserverdalamsintaksSTADsudahbaikpadapelaksanaanpembelajaransiklusI.AktivitassiswadangurusemakinbaikpadapelaksanaanpembelajaransiklusIIberdasarkanhasilsintaksSTADpadasiklusII.BerdasarkanpengamatanprosesyangtelahdilakukanpadasiklusIdansiklusIIaktivitassiswaselamapembelajaranyangdilaksanakandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADsudahsangatbaik.Aktivitasbelajarsiswasaatiipembelajaranmampudilaksanakandenganoptimal.SiswamampumengembangkanaktivitasbelajarprestasiakademiksertakecakapansosialmerekaselamapembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranSTAD.Hasilbelajarsiswamengalamipeningkatanyangsangatbaik.HaliniditandaidengansemakinmeningkatnyajumlahsiswayangmencapaiKKM(80)berdasarkanhasilposttestyangtelahdilakukan.PeningkatannilaisiswapadasiklusImencapai7446%danPeningkatannilaisiswapadasiklusIImencapai100%.Nilairata-ratasiswasebelumdilakukantindakanyaknisebesar72dannilairata-ratahasilbelajarsiswasetelahtindakanyaknisebesar86denganpersentaseketuntasan100%.DengandemikianhasilpembelajarankooperatiftipeSTADsangatbaikditerapkandalampembelajaransejarahuntukmeningkatkankualitaspembelajarandanhasilbelajarsiswa.SarandalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranSTADsangatbaikuntukditerapkandalamkegiatanpembelaransejarahuntukmeningkatkankualitaskegiatanpembelajaran.namundisisilainpenerapanmodelpembelajaranSTADharusmemerhatikanpenggunaanwaktupembelajarandenganbaikagarwaktuyangdiberikanuntukkegiatanpembelajaransesuaidantidakmelebihijampelajaran.Pengelolaankelasharusdiperhatikanagarseluruhsiswadapatmelaksanakanaktivitasbelajardengansangatnyaman.