Pengembangan bahan ajar booklet sejarah berbasis QR code dengan materi pertempuran TRIP Malang sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia untuk kelas XI Jasa Boga 2 di SMKN 1 Batu / Ganang Whisnu Oktavian Akhbar
Main Author: | Akhbar, Ganang Whisnu Oktavian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55376/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKAkhbarGanangWhisnuOktavian.2018.PengembanganBahanAjarBookletBerbasisQRCodedalampembelajaranSejarahdenganMateriPertempuranTRIPMalangsebagaiUpayaMempertahankanKemerdekaanIndonesiadiSMKN1Batu.SkripsiProgramStudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.JokoSayonoM.Pd.M.HumKataKunciBahanajarBookletSejarahberbasisQRCodePertempuranTRIPMalangSejarahmerupakansebuahmatapelajaranyangmemilikifungsiuntukmenyadarkanadanyaprosesperubahandanperkembanganmasyarakatdalamdimensiwaktuuntukmembangunperspektifsertakesadaransejarahdalammenemukanmemahamidanmenjelaskanjatidiribangsaditengahperubahandunia.Namunkenyataannyadipadasaatpembelajaranberlangsungpesertadidikkurangtertarikdanmemaknaipelajaransejarah.Banyakfaktoryangmembuatpesertadidikkurangtertarikpelajaransejarahhaltersebutdisebabkankurangnyainovasipadabahanajaryangadapadamatapelajaransejarah.SelainitubanyakdaripesertadidikyangkurangbegitumengetahuiberbagaiperistiwamempertahankankemerdekaanIndonesiapadahalperistiwatersebutterjadidisekitarwilayahpesertadidik.BerdasarkanhaltersebutmakatujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkandanmengembangkanbahanajarbookletsejarahberbasisQRCodedenganmateripertempuranTRIPMalang.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmengembangkandanmenghasilkanbahanajarbookletsejarahberbasisQRcode.BahanajarbookletsejarahinidibuatuntukmenunjangpembelajaransejarahdenganmaterimenganalisisstrategidanbentukperjuanganbangsaIndonesiadalammempertahankankemerdekaanIndonesiakhususnyapadamateripertempuranTRIPMalang.MetodepenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganSugiyono.Prosedurpenelitiandanpengembanganinidiantaranyapotensidanmasalahpengumpulandatadesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukrevisiprodukujicobapemakaianrevisiprodukdanproduksiakhir.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanolehpenelitiberupalembarvalidasiahlimediadanvalidasiahlimaterisertaangketresponyangdiisiolehpesertadidik.Hasilvalidasimaterisebesar92%danvalidasimediasebesar95%.Selainituhasilpenelitiankelompokkecilmendapatpresentasesebesar86%danpadaujicobakelompokbesarmendapatpresentase87%.BerdasarkanhasilpresentaseyangdiperolehdapatdisimpulkanbahwabahanajarbookletsejarahberbasisQRCodelayakdigunakansebagaibahanajarpadamatapelajaransejarah.Potensibookletsejarahsebenarnyatidakhanyaterbataspadamateriyangdigunakanolehpenelitipendidikbisamengembangkanmaterilainuntukmembuatpesertadidikmenjadilebihmudahmemahamimateridalampelajaransejarah.