Pengembangan bahan ajar booklet sejarah berbasis QR code dengan materi pertempuran TRIP Malang sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia untuk kelas XI Jasa Boga 2 di SMKN 1 Batu / Ganang Whisnu Oktavian Akhbar

Main Author: Akhbar, Ganang Whisnu Oktavian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55376/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAkhbarGanangWhisnuOktavian.2018.PengembanganBahanAjarBookletBerbasisQRCodedalampembelajaranSejarahdenganMateriPertempuranTRIPMalangsebagaiUpayaMempertahankanKemerdekaanIndonesiadiSMKN1Batu.SkripsiProgramStudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.JokoSayonoM.Pd.M.HumKataKunciBahanajarBookletSejarahberbasisQRCodePertempuranTRIPMalangSejarahmerupakansebuahmatapelajaranyangmemilikifungsiuntukmenyadarkanadanyaprosesperubahandanperkembanganmasyarakatdalamdimensiwaktuuntukmembangunperspektifsertakesadaransejarahdalammenemukanmemahamidanmenjelaskanjatidiribangsaditengahperubahandunia.Namunkenyataannyadipadasaatpembelajaranberlangsungpesertadidikkurangtertarikdanmemaknaipelajaransejarah.Banyakfaktoryangmembuatpesertadidikkurangtertarikpelajaransejarahhaltersebutdisebabkankurangnyainovasipadabahanajaryangadapadamatapelajaransejarah.SelainitubanyakdaripesertadidikyangkurangbegitumengetahuiberbagaiperistiwamempertahankankemerdekaanIndonesiapadahalperistiwatersebutterjadidisekitarwilayahpesertadidik.BerdasarkanhaltersebutmakatujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkandanmengembangkanbahanajarbookletsejarahberbasisQRCodedenganmateripertempuranTRIPMalang.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmengembangkandanmenghasilkanbahanajarbookletsejarahberbasisQRcode.BahanajarbookletsejarahinidibuatuntukmenunjangpembelajaransejarahdenganmaterimenganalisisstrategidanbentukperjuanganbangsaIndonesiadalammempertahankankemerdekaanIndonesiakhususnyapadamateripertempuranTRIPMalang.MetodepenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganSugiyono.Prosedurpenelitiandanpengembanganinidiantaranyapotensidanmasalahpengumpulandatadesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukrevisiprodukujicobapemakaianrevisiprodukdanproduksiakhir.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanolehpenelitiberupalembarvalidasiahlimediadanvalidasiahlimaterisertaangketresponyangdiisiolehpesertadidik.Hasilvalidasimaterisebesar92%danvalidasimediasebesar95%.Selainituhasilpenelitiankelompokkecilmendapatpresentasesebesar86%danpadaujicobakelompokbesarmendapatpresentase87%.BerdasarkanhasilpresentaseyangdiperolehdapatdisimpulkanbahwabahanajarbookletsejarahberbasisQRCodelayakdigunakansebagaibahanajarpadamatapelajaransejarah.Potensibookletsejarahsebenarnyatidakhanyaterbataspadamateriyangdigunakanolehpenelitipendidikbisamengembangkanmaterilainuntukmembuatpesertadidikmenjadilebihmudahmemahamimateridalampelajaransejarah.