Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Apriani Carlin Talip

Main Author: Talip, Apriani Carlin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55328/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTalipA.Carlin.2018.PenggunaanModelPembelajaranKooperatifTipeTwoStayTwoStray(TSTS)UntukMeningkatkanKeaktifanSiswaPadaMataPelajaranSejarahDiKelasXTKJ2SMKNegeri1KepanjenKabupatenMalang.Skripsi.JurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.MarsudiM.HumKatakunciModelpembelajaranTwoStayTwoStrayKeaktifanSiswaSMKNegeri1KepanjenadalahsalahsatusekolahmenengahkejuruandiKabupatenMalang.DisekolahtersebutadasalahsatukelasyangmengalamipermasalahandalampembelajaransejarahyaitukelasXTKJ2.BerdasarkanwawancaradanobservasiyangdilakukanpenelitipenelitimengetahuibahwapermasalahannyaadalahterkaitdenganrendahnyakeaktifansiswakelasTKJ2dalampembelajaransejarah.Salahsatuusahayangdilakukanuntukmeningkatkankeaktifansiswayaknidenganditerapkannyamodelpembelajaranyanginovatifolehkarenaitupenelitimemilihmodelpembelajarantwostaytwostrayyangdapatmembuatsiswaaktifketikamengikutipembelajarandikelassepertiaktifdalamberdiskusitanyajawabmencarijawabanmenjelaskandanjugamenyimakmateriyangdijelaskanolehtemansertabisamengalihkanperhatiansiswadarihandphone.Tujuanpenelitianiniadaalah(1)untukmengetahuiketerlaksanaanpembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)dikelasXTKJ2SMKN1Kepanjen(2)untukmeningkatkankeaktifansiswapadamatapelajaransejarahdikelasXTKJ2SMKN1KepanjenmelaluipenggunaanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStray(TSTS).JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasmelaluiempattahapdalamsatusiklusyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PenelitianinidilaksanakandikelasXTKJ2SMKN1KepanjendaninstrumenyangdigunakanyaitulembarpenilaianketerlaksanaanpembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)lembarpenilaiankeaktifansiswadancatatanlapangan.Hasilpenelitianinimenunjukankeaktifansiswasetelahmenerapkanmodelpembelajarantwostaytwostray(TSTS)keaktifansiswameningkatmulaidarisiklusIhinggasiklusII.PadasiklusIpersentasekeaktifansiswakategorisangataktif0%kategoriaktif222%kategoricukupaktif3889%kategorikurangaktif333%dankategorisangatkurangaktif0%.PadasiklusIIkeaktifanpesertadidikmengalamipeningkatanyaknipersentasekategorisangataktif361%kategoriaktif444%kategoricukupaktif194%dantidakadasiswakategorisangatkurangaktif.Sememtaraituskalakeaktifansiswasecaraklasikalpadasiklus1yakni222%menjadi805%padasiklusII.Sedangkanpersentaserata-ratakekatifansiswapadasiklus1sebesar58%danpadasiklusIImenjadi78%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadisarankanagarmenggunakanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)ketikapembelajaransejarahsehinggadapatmeningkatkankeaktifansiswakarenamodelpembelajarantersebutberorientasipadakeaktifansiswadikelas.Diharapkanjugapenelitianinidapatdijadikansebagaibahanrefrensibagiparapenelitiyanglain.