Pengembangan media pembelajaran komik sejarah pada materi Perang Jawa untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Lawang / Achmad Nasor

Main Author: Nasor, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55314/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAchmadNasor.2018.PengembanganMediaPembelajaranKomikSejarahUntukMeningkatkanMinatBelajarSiswaKelasXIIPS2SMAN1Lawang.SkripsiJurusanPendidikanSejarahIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AriSaptoM.Hum.KataKunciMediapembelajaranKomikSejarahPerangJawa.PenelitianinidilatarbelakangiolehkondisipembelajaransejarahyangadadiSMANegeri1lawangkususnyapadakelasXIIPS2yangmanapembelajaranberlangsungsecarakurangmaksimal.Dalamsuatuprosespembelajaranditemuikasussiswakurangmemperhatikanpenjelasangurusaatpelajaranberlangsung.Minatbelajarsiswaterhadappelajaransejarahterhitungrendah.Hasilobservasidanwawancaramenyebutkanbahwadiantarapenyebabnyaialahpenggunaanmediapembelajaranyangminimdanpembelajarancenderungsatuarah.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MengembangkanmediapembelajaranKomikSejarahPerangJawayangValid/Layakyangmeliputi(a)Ciri-cirimediapembelajaran(b)Kriteriamediapembelajaran.Tujuanselanjutnyaadalah(2)MeningkatkanminatbelajarsejarahmenggunakanMediaPembelajaranKomikSejarahPerangJawameliputi(a)ApasajaFaktor-faktoryangmempengaruhiminatbelajarsiswa(b)Bagaimanaciri-cirisiswayangmemilikiminatbelajar.PenelitianinibertempatdiSMANegeri1LawangdenganmenggunakansatukelasyaitukelasXIIPS2.MetodeyangdigunakandalampenelitianinimengadaptasidarimodelpenelitiandanpengembanganAnalysisDesignDevelopmentImplementationEvaluation(ADDIE).UjilapangandilaksanakandiSMANegeri1lawang.langkah-langkahpenelitia(1)analisiskebutuhan(2)analisislingkunganbelajar(3)pengembanganmedia(4)validasiproduk(5)revisidanpenyempurnaan(6)Produksi(7)implementasiyangmeliputiujicobakelompokkecilujicobakelompokbesardanujicobauntukmengetahuipeningkatanminatterhadappelajaransejarah.Dalamprosespengembangannyaprodukinitelahmelaluiujicobadenganhasilvalidasidariahlimaterimenunjukkanpersentasesebesar909%dengankriteriavaliddan79%dariahlimediadengankriteriavalid.Dariujicobayangdilakukankepadakelompokkecilmenunjukkanpersentasesebesar875%dengankriteriavaliddan84%dariujikelompokbesardengankriteriavalid.KemudianterdapatkenaikanpresentaseminatsiswaterhadappelajarahSejarahdilihatdaridatahasilangketyaitumenunjukkannilairata-ratasebelummenggunakanproduksebesar53%(kategoriminatrendah)danhasilsesudahperlakuansetelahmenggunakanproduksebesar79%(kategoriminattinggi).DalampemanfaatannyaKomikSejarahdiharapkandapatmembantumeringankansiswadalammemahamiaspekruangwaktusertamanusiaitusendirisebagaipelakusejarah.KonsepKomikyangmerupakankumpulangambardisertaidenganpercakapandannarasidiharapkandapatmemberikangambaranterhadapperistiwasejarah