Pengembangan media pembelajaran komik sejarah pada materi Perang Jawa untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Lawang / Achmad Nasor
Main Author: | Nasor, Achmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55314/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKAchmadNasor.2018.PengembanganMediaPembelajaranKomikSejarahUntukMeningkatkanMinatBelajarSiswaKelasXIIPS2SMAN1Lawang.SkripsiJurusanPendidikanSejarahIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AriSaptoM.Hum.KataKunciMediapembelajaranKomikSejarahPerangJawa.PenelitianinidilatarbelakangiolehkondisipembelajaransejarahyangadadiSMANegeri1lawangkususnyapadakelasXIIPS2yangmanapembelajaranberlangsungsecarakurangmaksimal.Dalamsuatuprosespembelajaranditemuikasussiswakurangmemperhatikanpenjelasangurusaatpelajaranberlangsung.Minatbelajarsiswaterhadappelajaransejarahterhitungrendah.Hasilobservasidanwawancaramenyebutkanbahwadiantarapenyebabnyaialahpenggunaanmediapembelajaranyangminimdanpembelajarancenderungsatuarah.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MengembangkanmediapembelajaranKomikSejarahPerangJawayangValid/Layakyangmeliputi(a)Ciri-cirimediapembelajaran(b)Kriteriamediapembelajaran.Tujuanselanjutnyaadalah(2)MeningkatkanminatbelajarsejarahmenggunakanMediaPembelajaranKomikSejarahPerangJawameliputi(a)ApasajaFaktor-faktoryangmempengaruhiminatbelajarsiswa(b)Bagaimanaciri-cirisiswayangmemilikiminatbelajar.PenelitianinibertempatdiSMANegeri1LawangdenganmenggunakansatukelasyaitukelasXIIPS2.MetodeyangdigunakandalampenelitianinimengadaptasidarimodelpenelitiandanpengembanganAnalysisDesignDevelopmentImplementationEvaluation(ADDIE).UjilapangandilaksanakandiSMANegeri1lawang.langkah-langkahpenelitia(1)analisiskebutuhan(2)analisislingkunganbelajar(3)pengembanganmedia(4)validasiproduk(5)revisidanpenyempurnaan(6)Produksi(7)implementasiyangmeliputiujicobakelompokkecilujicobakelompokbesardanujicobauntukmengetahuipeningkatanminatterhadappelajaransejarah.Dalamprosespengembangannyaprodukinitelahmelaluiujicobadenganhasilvalidasidariahlimaterimenunjukkanpersentasesebesar909%dengankriteriavaliddan79%dariahlimediadengankriteriavalid.Dariujicobayangdilakukankepadakelompokkecilmenunjukkanpersentasesebesar875%dengankriteriavaliddan84%dariujikelompokbesardengankriteriavalid.KemudianterdapatkenaikanpresentaseminatsiswaterhadappelajarahSejarahdilihatdaridatahasilangketyaitumenunjukkannilairata-ratasebelummenggunakanproduksebesar53%(kategoriminatrendah)danhasilsesudahperlakuansetelahmenggunakanproduksebesar79%(kategoriminattinggi).DalampemanfaatannyaKomikSejarahdiharapkandapatmembantumeringankansiswadalammemahamiaspekruangwaktusertamanusiaitusendirisebagaipelakusejarah.KonsepKomikyangmerupakankumpulangambardisertaidenganpercakapandannarasidiharapkandapatmemberikangambaranterhadapperistiwasejarah