Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Turen Kabupaten Malang dalam Pembelajaran Sejarah / Ni Made Ayu Fitriani

Main Author: Fitriani, Ni Made Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55310/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitrianiNiMade.2018.PengaruhModelPembelajaranSearchSolveCreateAndShare(SSCS)TerhadapHasilBelajarSiswaKelasXdiSMKNegeri2TurenKabupatenMalangdalamPembelajaranSejarah.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.JokoSayonoM.Pd.M.Hum.KataKuncimodelpembelajaranSSCShasilbelajarpembelajaransejarahPembelajaransejarahmerupakanpelajaranyangmemilikiperanpentingnamunmasihadabeberapasiswayangberanggapanpelajaransejarahadalahhalyangmembosankan.Melaluiperkembanganzamanyangterusberlangsunggurudituntutuntukbisamengubahpersepsisiswaagartujuanpembelajaransejarahdapattersampaikansaatpelajaran.Faktorwaktudanmaterimenjadisalahsatualasanguruterkadangmenggunakanmodelpembelajaranyangmonotondanbersifatkonvensionalagarsemuamateridapatterselesaikan.HaliniyangdirasakanolehgurudiSMKNegeri2Turensehinggatidakjarangsaatpembelajaransejarahsiswaterlihatsibuksendiritidakmendengarkandanbosandenganpembelajaransejarah.Pembelajaranyangkurangmenarikinitentunyaakanmempengaruhihasilbelajarsiswa.Melaluiperkembanganzamanyangterjadisetiapharinyagurudiharapkanmampumenyesuaikandiri.SalahsatunyadenganmencobamenggunakanmodelpembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS).Modelinimerupakansalahsatuperkembangandarimodelproblemsolvingpadamodelpembelajaraninitidakhanyakognitiftetapisiswajugadilatihuntukmenggunakankreativitasnyasaatbelajar.PenelitimemilihSMKNegeri2TurensebagaitempatpenelitiandanmengambilpopulasikelasXSMKNegeri2TurendanmengambilsampelkelasX-APIsebagaikelaseksperimenkemudiankelasX-TKJ2sebagaikelaskontrol.Alasanpemilihankeduakelastersebutdikarenakanmemilikihomogenitasdanhasilbelajaryangsama.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)hasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dalampembelajaransejarahdiSMKNegeri2Turen(2)hasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelmodelpembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)dalampembelajaransejarahdiSMKNegeri2Turen(3)pengaruhmodelpembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)terhadaphasilbelajarsiswadalampembelajaransejarahdiSMKNegeri2Turen.PenelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifeksperimentalsemudenganbentukdesainNonequivalentControlGroupDesign.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMKNegeri2Turen.Teknikpengambilansampeldengansamplingpurposive.Instrumenpenelitianyangdipakaiadalahtesdilakukanujivaliditasujireliabilitasujitingkatkesukarandanujibedasebelumtesdigunakan.Dalamiipenelitianinidatadidapatdarihasilpretestdanposttestyangdilakukanpadakelaskontroldankelaseksperimen.Datadianalisismenggunakanujinormalitasdanujihomogenitasselanjutnyahipotesispenelitiandiujimenggunakantesregresiliniersederhana.Hasildaripenelitianadalah(1)hasilbelajarsiswayangtidakmenggunakanmodelpembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)lebihrendahdaripadahasilbelajarkelaseksperimendanmengalamipeningkatansebesar2615%(2)hasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)lebihtinggidaripadahasilbelajarkelaskontroldanmengalamipeningkatanhasilbelajarsebesar3620%(3)modelpembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)dapatmemberikanpengaruhterhadaphasilbelajarsiswasebesar521%.ModelpembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)memilikilangkah-langkahpembelajaranyangmenariksehinggamembuatsiswatertarikdanmemahamimateridalampembelajaran.DarihasilanalisisdatamenunjukkanbahwaH0ditolakdanHaditerimasehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)padapembelajaransejarahdiSMKNegeri2Turen.Bagipenelitiyanginginmelanjutkanpenelitianinidapatmencobamengaitkanpenelitianinidenganminatblajarataukeaktifanbelajar.