Pengaruh penggunaan pemandu Buku Teks Pelajaran (BTP) dalam UKBM terhadap hasil belajar Sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang / Arini Rhosidatin
Main Author: | Rhosidatin, Arini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55306/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKRhosidatinArini.2018.PengaruhPenggunaanPemanduBukuTeksPelajaran(BTP)dalamUKBMTerhadapHasilBelajarSejarahKelasXIIPS2SMANegeri7Malang.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.DewaAgungGedeAgungM.Hum.KataKunciKurikulum2013pemanduBTPdalamUKBMhasilbelajarKurikulum2013merupakankurikulumpenggantiKurikulum2006atauKTSP.TujuandaridiselenggarakanyaKurikulum2013yaitumenghasilkaninsanIndonesiayangproduktifkreatifinovatifafektifmelaluisikapketerampilandanpengetahuanyangterintegrasi.ImplementasiKurikulum2013DirektoratJenderalPendidikanDasardanMenengahmemprogramkankegiatanpelatihandanpendampinganbagigurusekolahyangakanmelaksanakanKurikulum2013.MendukungimplementasitersebutDirektoratJenderalPendidikanDasardanMenengahmemprogramkanmelaluipengembangannaskahpendukunguntukimplementasiKurikulum2013.NaskahpendukungtersebutadalahUnitKegiatanBelajarMandiriatauUKBM.UKBMadalahperangkatuntukmemandupenyususunanunit-unitpembelajaranyangutuhUKBMjugamerupakansatuanpelajaranyangkecildisusunsecaraberurutandariyangmudahsampaiyangsukar.PenggunaanUKBMyangdiwajibkanolehpemerintahtelahdipakaidikelasXSMANegeri7Malang.PenggunaanUKBMtersebutdiSMANegeri7MalangdigunakandalamsalahsatubentukyaitupemanduBukuTeksPelajaranatauBTP.UKBMtersebuthanyadifokuskanpadakelasXyangtelahmenerapkansistemSKS.KelasXISMANegeri7MalangyangmenerapkansistemSKSlamabelummenggunakanpemanduBTPdalamUKBMhaltersebutmembuatpenelitimerancangbagaimanapengaruhpembelajarantersebutjikaditerapkandikelasXISMANegeri7Malang.PenelitiandenganmenggunakanpemanduBTPdalamUKBMtersebutdikaitkandenganprestasisiswaatauhasilbelajarsiswa.PenelitimengambilpopulasikelasXIIPSSMANegeri7MalangdanmengambilsampelkelasXIIPS2sebagaikelaseksperimenkemudiankelasXIIPS3sebagaikelaskontrol.Alasanpemilihankeduakelastersebutdikarenakanmemilikihomogenitasyangsama.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodekuantitatifataueksperimendenganmodelpre-eksperimentaldandesaincontrolgrouppre-testpost-testyangdilakukansebanyak2kali.Penelitiandilakukandenganmengambildataawalnilaisiswaataupre-testdandataakhirpost-test.Analisisdatayangdilakukanpenelitimenggunakanstatistikinferensialdanstatistikdeskriptifdenganmenggunakanujit.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatpengaruhpenggunaanpemanduBTPdalamUKBMterhadaphasilbelajarsiswa(2)efektifitaspembelajaransejarahdapatdicapaidenganmenggunakanpemanduBTPdalamUKBM.Efektifitasdibuktikandenganhasilpre-testkelaskontrol4607danpost-test7878sedangkankelaseksperimenmemperolehhasilpretest4535danpost-tets8571.Masing-masingdarikeduakelastersebutmengalamiperbedaaniipeningkatan.Kelaskontrolmengalamipeningkatanhasil3271sedangkankelaseksperimenmemperolehpeningkatanhasil4036.Analisisdatadiperolehthitungsebesar22612sehinggathitungttabelyaitu2.048yangdiartikanbahwaditolakdanHaditerima.HasillainyangmenyatakanefektifitaspembelajarantersebutdilihatdarinilaiyangdiperolehdarikelaseksperimentelahmencapainilaiKKMyaitu75.