Penerapan model pembelajaran kooperatif examples non examples untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPA 3 MAN 2 Probolinggo / Baron Hermanto
Main Author: | Hermanto, Baron |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55299/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKHermantoBaron.2017.PenerapanModelPembelajaranKooperatifExamplesNonExamplesUntukMeningkatkanKeaktifanSiswaDalamPembelajaranSejarahDiKelasXIPA3MAN2Probolinggo.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.KasimanuddinIsmainM.Pd.KataKuncipembelajaransejarahkooperatifexamplesnonexampleskeaktifansiswaModelpembelajaranadalahsalahsatucarayangdigunakanolehseorangguruuntukmembuatpembelajaranmenjadimenarikdanmenyenangkandalamkenyataannyaberdasarkanhasilobservasipadapembelajaransejarahdikelasXIPA3MAN2Probolinggomenunjukkanbahwamodelpembelajaranmasihmenggunakanmodelceramah.Halinimengakibatkansiswadalammengikutipembelajarankurangantusiasadayangberbicaradengantemannyaadayangmencoret-coretbukudanadayangramaisendiridanberakibatkeaktifansiswamenjadirendah.Haltersebutdisebabkankarenagurudalampenyampaianmaterimasihmenggunakanmodelceramahtanpaadavariasimodelpembelajaranyanglain.OlehkarenaitupenelitimencobamengusulkankepadaguruuntukmenggunakanmodelpembelajaranExamplesNonExamplesdikelasXIPA3denganharapandapatmeningkatkankeaktifansiswamodelExamplesNonExamplesmemilikipoinpentingyaitudapatmembuatsiswalebihkritisdalammenganalisisgambar.JenispenelitianyangdigunakanolehpenelitiadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandengan2siklusdimanasetiapsiklusterdiridari4tahapanyaitutahapperencanaantahappelaksanaantindakantahappengamatandantahaprefleksi.DalampenelitianinipenelitimenggunakanmodelPenelitianTindakanKelasmodelKemmisMcTaggart.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukanmelaluitahapobservasiwawancaradokumentasiangketlembarketerlaksanaanpembelajarandanlembarpenilaiankeaktifansiswa.Analisisdatayangdilakukandalampenelitianinimeliputireduksidatapenyajiandatadankesimpulan.BerdasarkanhasilpenelitiandikelasXIPA3MAN2Probolinggodiperolehdatasebagaiberikutpadapra-tindakandiperolehnilaiklasikalsebesar13.51siklusIsiswayangaktifsebanyak21dengannilaiklasikal56.75.PelaksanaanpembelajaransiklusIIberdasarkananalisisdatayangdidapatkandikelasXIPA3siswayangaktifsebanyak31dengannilaiklasikal83.78.DaridataanalisispembelajaransiklusIItelahmengalamipeningkatandimanasiklusIsebesar56.75meningkatpadasiklusIImenjadi83.78.BerdasarkanpenelitianyangsudahdilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifExamplesNonExamplesdapatmeningkatkankeaktifansiswakelasXIPA3MAN2ProbolinggomelaluitindakanyangdilakukanpadasiklusIdansiklusIIdimanasetiapsiklusdilakukan2kalipertemuandenganalokasiwaktu90menit.