Penerapan model pembelajaran kooperatif examples non examples untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPA 3 MAN 2 Probolinggo / Baron Hermanto

Main Author: Hermanto, Baron
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55299/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKHermantoBaron.2017.PenerapanModelPembelajaranKooperatifExamplesNonExamplesUntukMeningkatkanKeaktifanSiswaDalamPembelajaranSejarahDiKelasXIPA3MAN2Probolinggo.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.KasimanuddinIsmainM.Pd.KataKuncipembelajaransejarahkooperatifexamplesnonexampleskeaktifansiswaModelpembelajaranadalahsalahsatucarayangdigunakanolehseorangguruuntukmembuatpembelajaranmenjadimenarikdanmenyenangkandalamkenyataannyaberdasarkanhasilobservasipadapembelajaransejarahdikelasXIPA3MAN2Probolinggomenunjukkanbahwamodelpembelajaranmasihmenggunakanmodelceramah.Halinimengakibatkansiswadalammengikutipembelajarankurangantusiasadayangberbicaradengantemannyaadayangmencoret-coretbukudanadayangramaisendiridanberakibatkeaktifansiswamenjadirendah.Haltersebutdisebabkankarenagurudalampenyampaianmaterimasihmenggunakanmodelceramahtanpaadavariasimodelpembelajaranyanglain.OlehkarenaitupenelitimencobamengusulkankepadaguruuntukmenggunakanmodelpembelajaranExamplesNonExamplesdikelasXIPA3denganharapandapatmeningkatkankeaktifansiswamodelExamplesNonExamplesmemilikipoinpentingyaitudapatmembuatsiswalebihkritisdalammenganalisisgambar.JenispenelitianyangdigunakanolehpenelitiadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandengan2siklusdimanasetiapsiklusterdiridari4tahapanyaitutahapperencanaantahappelaksanaantindakantahappengamatandantahaprefleksi.DalampenelitianinipenelitimenggunakanmodelPenelitianTindakanKelasmodelKemmisMcTaggart.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukanmelaluitahapobservasiwawancaradokumentasiangketlembarketerlaksanaanpembelajarandanlembarpenilaiankeaktifansiswa.Analisisdatayangdilakukandalampenelitianinimeliputireduksidatapenyajiandatadankesimpulan.BerdasarkanhasilpenelitiandikelasXIPA3MAN2Probolinggodiperolehdatasebagaiberikutpadapra-tindakandiperolehnilaiklasikalsebesar13.51siklusIsiswayangaktifsebanyak21dengannilaiklasikal56.75.PelaksanaanpembelajaransiklusIIberdasarkananalisisdatayangdidapatkandikelasXIPA3siswayangaktifsebanyak31dengannilaiklasikal83.78.DaridataanalisispembelajaransiklusIItelahmengalamipeningkatandimanasiklusIsebesar56.75meningkatpadasiklusIImenjadi83.78.BerdasarkanpenelitianyangsudahdilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifExamplesNonExamplesdapatmeningkatkankeaktifansiswakelasXIPA3MAN2ProbolinggomelaluitindakanyangdilakukanpadasiklusIdansiklusIIdimanasetiapsiklusdilakukan2kalipertemuandenganalokasiwaktu90menit.