Analisis butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X MIPA I SMA Brawijaya Smart School tahun ajaran 2016/2017 / Nadya Afiqma Wahda

Main Author: Wahda, Nadya Afiqma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55279/
Daftar Isi:
  • RINGKASANWahdaNadyaAfiqma.2017.AnalisisButirSoalPenilaianAkhirTahunMataPelajaranSejarahIndonesiaKelasXMIPA1SMABrawijayaSmartSchoolTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanSejarahProgramStudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MashuriM.Hum.KatakuncianalisisbutirsoalpenilaianakhirtahunsejarahIndonesiaKegiatanevaluasimempunyaiperananpentingdalambidangpendidikan.Padakurikulum2013salahsatukomponenevaluasipembelajaranadalahpenilaianautentik.PenilaianAkhirTahun(PAT)adalahsalahsatudaribagianpenilaianautentik.PATmerupakanbentukpenilaiansumatifberupateskemampuankognitifyangberfungsiuntukmengukurketercapaiankompetensibelajarsiswa.SesuaidenganPermendikbudNomor23Tahun2016tentangStandarPenilaianmakaPATharusmemilikipersyaratansubstansikonstruksidanbahasasertamemilikibuktivaliditasempirik.SMABrawijayaSmartSchooladalahsatu-satunyaSMAswastamandiriyangmengajukandirisebagaiSatuanPendidikanKerjasama(SPK)sejaktahun2016dikotaMalang.SMABSSmulaimenerapkansistemSPKpadaprosesbelajarmengajarsejakTahunAjaran2016/2017hanyapadakelasmodelXMIPA1.PATSejarahIndonesiakelasXMIPA1perluuntukditelitilebihlanjutsebabPATSejarahIndonesiatersebutbelumdiujivaliditasnyauntukmengetahuikelayakansoal-soalyangdiujikan.HalinidapatmenyebabkanhasilbelajarsiswayangdidasarkanatasPATkurangterukurdenganbaikdisebabkanolehrendahnyaketepatansoaldalammengukurkemampuandanhasilbelajarsiswayangsesungguhnya.DengandemikianpenelitianyangberjudulAnalisisButirSoalPenilaianAkhirTahunMataPelajaranSejarahIndonesiaKelasXMIPAISMABrawijayaSmartSchoolTahunAjaran2016/2017dilakukan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)menganalisisbutirsoalsecarakualitatifberdasarkankesesuaiankurikulumdengankisi-kisisoalproporsibutirsoalterhadapkisi-kisitelaahbutirsoalaspekmaterikonstruksidanbahasadan(2)menganalisisbutirsoalsecarakuantitatifberdasarkanindekstingkatkesukaranindeksdayabedadanefektivitasdistraktorterhadapPenilaianAkhirTahunMataPelajaranSejarahIndonesiakelasXMIPAISMABrawijayaSmartSchoolTahunAjaran2016/2017.Rancanganpenelitianinimenggunakanpendekatancampuran(mixedmethods)danjenispenelitiannyaadalahpenelitianeksploratif.PenelitihanyaakanmemaparkandatahasilanalisisuntukmengetahuikualitasbutirsoalPATberdasarkananalisisbutirsoalkualitatifdenganmenggunakanteknikpaneldanlembartelaahbutirsoalsebagaiinstrumennya.Sedangkananalisisbutirsoalkuantitatif(empiris)dilakukandenganbantuanaplikasiANATESv.4.0.9.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakualitasbutirsoalpadatingkatkesesuaianKurikulum2013dengankisi-kisisoaladalahrendahproporsijumlahbutirsoalterhadapkisi-kisisoaluntukmaterimasaPra-memilikiprosentase28%materimasakerajaanHindu-Buddhasebesar36%danmaterimasakerajaanIslamsebesar36%danproporsijumlahbutirsoaluntukranahkognitifC3(aplikasi)adalah36%ranahkognitifC4(analisis)sebesar33%danranahkognitifC5(sintesis)sebesar31%.Relevansibutirsoalaspekmaterisebesar883%aspekkonstruksisebesar931%danaspekbahasasebesar953%.HasilanalisisbutirsoaldenganmenggunakanaplikasiANATESv.4.0.9.menunjukkanbahwatingkatkesukaran(ITK)butirsoalberkategoribaiksebesar822%dayabeda(IDB)butirsoalyangberkategoribaiksebesar489%danefektivitasdistraktoryangberfungsisecaraefektifsebesar578%.