Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran sejarah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS di MAN Mojosari / Arisa Shofiliani
Main Author: | Shofiliani, Arisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55247/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKShofilianiArisa.2017.PengaruhPenggunaanStrategiPembelajaranTeamQuizTerhadapHasilBelajardalamMataPelajaranSejarahpadaMateriProklamasiKemerdekaanIndonesiaKelasXIIPSdiMANMojosari.SkripsiJurusanSejarahProgramStudiS1PendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.MarsudiM.Hum.KataKunciStrategipembelajaranTeamQuizHasilBelajar.Tujuanpembelajarandapatdikatakantercapaiapabilahasilbelajarpesertadidikbaikdandiatasrata-rataKKM.Hasilbelajarmerupakankemampuanyangdiperolehindividusetelahprosesbelajarberlangsung.Hasilbelajardipengaruhiolehbeberapafaktorsalahsatunyacaramengajarguruuntukmencapaitujuanpembelajaran.BanyakstrategipembelajaranyangdapatdimanfaatkangurusalahsatunyaTeamQuiz.TeamQuizmerupakanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkankerjasamatimdansikaptanggungjawabpesertadidikdalamsuasanayangmenyenangkan.Strategipembelajaraninidapatmenjadikanhasilbelajarlebihbaikdalambelajarsejarah.Terdapattigarumusanmasalahdalampenelitianini.PertamabagaimanahasilbelajarpesertadidikkelasXIIPS1padamatapelajaransejarahsebelummenggunakanstrategipembelajaranTeamQuiz.KeduabagaimanahasilbelajarpesertadidikkelasXIIPS1padamatapelajaransejarahsesudahmenggunakanstrategipembelajaranTeamQuiz.KetigabagaimanapengaruhpenggunaanstrategipembelajaranTeamQuizterhadaphasilbelajarpesertadidikdalammatapelajaransejarahpadamateriProklamasiKemerdekaanIndonesiakelasXIIPS1.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimendenganjenispenelitianQuasiExperiment.DesaineksperimenyangdigunakanadalahNonequevalentControlGroupDesign.PopulasipadapenelitianiniadalahkelasXIMANMojosari.Sampeldipilihsecaranonprobabilitysampling(purposive)berdasarkansarandarigurusejarahdiMANMojosariyaknikelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS5sebagaikelaskontrol.InstrumenyangdigunakanberupainstrumenperlakuanberupasilabusRPPdanstrategiTeamQuiz.Sedangkaninstrumenpengukuranberupates(pre-testdanpost-test).Analisisstatistikyangdigunakanadalahuji-t.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpengaruhhasilbelajarpesertadidiksebelumdansesudahmenggunakanstrategiTeamQuiz.Pengaruhhasilbelajarpesertadidikterlihatdarinilaigainscore.Rata-ratagainscorekelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaitu19621162.Hasilanalisismenggunakanindependentsampletestdiperolehnilaithitung3396danttabel1994.KarenathitungttabelmakadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhTeamQuizterhadaphasilbelajar.