Penerapan media pembelajaran berbasis prezi pada matapelajaran sejarah untuk meningkatkan motyivasi belajar siswa kelas X MM 3 di SMKN 10 Malang / Farisi Widodo
Main Author: | Widodo, Farisi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55243/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidodoFarisi.2017.PenerapanMediaPembelajaranBerbasisPrezipadaMatapelajaranSejarahuntukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaKelasXMM3diSMKN10Malang.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.MarsudiM.Hum.KataKuncimediapembelajaransejarahberbasisPrezimotivasibelajarsiswaPembelajaransejarahmerupakansalahsatupelajaranyangdianggapkurangmenarikdanmembosankanolehsiswa.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasXMM3SMKN10Malangguruseringmenggunakanmediapapantulissebagaialatbantumengajardikelas.Halitumenyebabkansiswakurangantusiasdenganmelakukanaktivitaslainsepertimengobroldengantemanmengantukmelamunbermainalattulisdanbermainhandphone.PenelitimenyimpulkanbahwamotivasibelajardikelasXMM3rendah.SolusiyangditawarkanolehpenelitiyaitudenganmenggunakanmediapembelajaranberbasisPrezi.PrezimerupakansebuahperangkatlunakberbasisinternetatauSoftwareasaService(SaaS)yangdigunakansebagaimediapresentasidanjugaalatuntukmenuangkanberbagaiidediataskanvasvirtual.Mediainidigunakanuntukmembantugurudalammenyampaikanmaterimelaluislide-slidepadamediaprezi.Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalah(1)bagaimanapelaksanaanpembelajaransejarahdenganmenggunakanmediapembelajaranPrezi(2)bagaimanapeningkatanmotivasibelajarsiswadikelasXMM3SMKN10MalangdenganmenggunakanmediapembelajaranPrezi.Penelitianinimenggunakanpendekatantindakankelasdenganrincianprosedurpenelitianyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PenelitianiniterdiridariduasiklussiklusIdenganduakalipertemuandenganmaterikerajaanDemakdanPajangdansiklusIIduakalipertemuandenganmaterikerajanMataramIslamdanGowa-Tallo.BerdasarkanhasilpenelitiantindakankelasinidiketahuibahwapersentasemotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar7451%denganrincianaspekperhatian74%keterkaitan73%kepercayaandiri75%dankepuasan77%.MotivasibelajarsiswapadasiklusIIsebesar8708%denganrincianaspekperhatian87%keterkaitan86%kepercayaandiri86%dankepuasan87%.MelaluiduasiklustersebutmakadapatdisimpulkanbahwamediapembelajaransejarahberbasisprezidapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasXMM3SMKN10Malang.MediapembelajaranberbasisPreziinidapatmenjadisalahsatualternatifyangdapatdigunakanolehguruuntukmengajardikelas.