Pengaruh penggunaan media panah keberuntungan dart-board (pake-dabo) berbasis gambar sejarah kerajaan Majapahit terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Kandat Kabupaten Kediri / Erni Widyawati
Main Author: | Widyawati, Erni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55217/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidyawatiErni.2017.PengaruhPenggunaanMediaPanahKeberuntunganDartBoard(Pake-Dabo)BerbasisGambarSejarahKerajaanMajapahitTerhadapKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelasXIPSSMAN1KandatKabupatenKediri.SkripsiJurusanSejarahProgramStudiS1PendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.KasimanuddinIsmainM.Pd.KataKuncimediaPake-Daboberbasisgambarsejarahkeaktifansiswahasilbelajar.MediaPanahKeberuntunganDartBoard(Pake-Dabo)berbasisgambarsejarahyaituberupapermainandartboardyangpadabagianangka1-20digantidengangambarsejarahkerajaanMajapahit.PembelajaranmenggunakanmediaPake-Daboberbasisgambarsejarahsiswaterlibatlangsungketikaprosespembelajaranmulaidarimencarigambarmencocokkandenganmaterimencatathasildiskusidanpresentasi.Prosespembelajaranmemerlukanketerlibatansiswasehinggasiswatidakhanyadudukdanmendengarkan.Siswayangaktifketikaprosespembelajaranakanmemilikihasilbelajaryangbagus.BerkaitandenganitumakadiperlukanpenelitiantentangpengaruhpenggunaanmediaPake-Daboberbasisgambarsejarahterhadapkeaktifandanhasilbelajarsiswa.Terdapatduarumusanmasalahdalampenelitianini.PertamabagaimanapengaruhpenggunaanmediaPake-DaboberbasisgambarsejarahKerajaanMajapahitterhadapkeaktifansiswakelasXIPSSMAN1KandatKabupatenKediri.KeduabagaimanapengaruhpenggunaanmediaPake-DaboberbasisgambarsejarahKerajaanMajapahitterhadaphasilbelajarsiswakelasXIPSSMAN1KandatKabupatenKediri.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganmetodepenelitianeksperimendandenganbentukpre-exsperimentaldesign.PopulasipenelitianiniadalahkelasXIPSSMAN1KandatKabupatenKediri.Sampeldipilihberdasarkannonprobabilitysampling(Purposivesampling).KelasdipilihberdasarkansarandarigurukelasXIPS3memilikikeaktifandanhasilbelajarkurangcenderungtidakseriusketikaprosespembelajarantetapisiswadikelasXIPS3lebihmudahdikondisikanjikadibandingkandengansiswakelasyanglainnya.InstrumenpenelitianiniberupainstrumenperlakuanyaituRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danmediaPake-Daboberbasisgambarsejarahsedangkaninstrumenpengukuranyaitulembarobservasidantes(pretestdanposttest).AnalisisstatistikdilakukandenganmenggunakanPairedSampleTest.Hasilpenelitiandipaparkansebagaiberikut.PertamaterdapatpengaruhpenggunaanmediaPake-DaboberbasisgambarsejarahkerajaanMajapahitterhadapkeaktifansiswa.Halituberdasarkanpadanilairata-ratakeaktifansebelummenggunakanmediaPake-Daboberbasisgambarsejarahadalah3757sedangkanketikamenggunakanmediaPake-Daboberbasisgambarsejarahadalah7843..KeduaterdapatpengaruhpenggunaanmediaPake-DaboberbasisgambarsejarahkerajaanMajapahitterhadaphasilbelajar.Halinidapatdilihatdarinilairata-ratapretest3909sedangkannilairata-rataposttestadalah7886.Sehinggadapatdisimpulkanbahwakeaktifandanhasilbelajarsiswalebihbaikmenggunakanmediadibandingkandenganpembelajarantanpamenggunakanmedia.