Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile untuk mata pelajaran matematika materi teorema Pythagoras SMP kelas VIII / Miranda Silviarista

Main Author: Silviarista, Miranda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/552/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Silviarista, Miranda. 2015. Pengembangan Media Pembalajaran Berbasis Mobile untuk Mata Pelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Ed, (II) Saida Ulfa, M.Edu., Ph.D Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, mobile learning, mata pelajaran matematika, teorema phytagoras Bentuk dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan, yaitu memanfaatkan handphone sebagai media pembelajaran.Pembelajaran yang memanfaatkan handphone biasa dikenal dengan istilah mobile learning. Penggunaan perangkat bergerak (mobile device) dalam proses pembelajaran kemudian dikenal sebagai mobile learning (m-learning) (Gorgiev, 2004:2). Mobile Learning adalah suatu pembelajaran yang menggunakan perangkat bergerak (mobile device) dalam proses pembelajarannya, dimana siswa dapat mengakses materi pelajaran secara berulang-ulang kapanpun dan dimanapun. Mobile Learning diterapkan di SMP Muhammadiyah 4 Singosari karena pada siswa kelas VIII tingkat kepemilikan handphone lebih tinggi dibandingkan dengan kepemilikan komputer/laptop. Tujuan pengembangan adalah menghasilkan produk media pembelajaran mengenai materi teorema pythagoras bagi siswa dalam bentuk media mobile learning yang telah divalidasi. Media yang dikembangkan berisi materi teorema phytagoras yang terdiri teks, gambar, suara, animasi dan video dan dikemas secara menarik. Media yang dikembangkan ini diharapkan diharapkan mampu memberikan visualisasi tentang materi teorema phytagoras dan juga sebagai media pembelajaran penunjang (suplemen) yang digunakan secara mandiri pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Muhammdiyah 4 Singosari. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini mengadaptasi model pengembangan dari Lee & Owens dengan alur Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Selanjutnya, dilakukan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan angket. Media mobile learning ini divalidasikan oleh ahli materi 1 orang, ahli media 1 orang, dan audiens siswa sebanyak 25 orang. Dari hasil penelitian, media mobile learning ini dinyatakan valid atau layak dengan hasil perhitungan ahli media 86,25%, ahli media 91,25%, kepada audiens/ siswa yaitu kelompok kecil (85%), dan uji coba lapangan 88,75%. Dengan demikian media pembelajaran mobile matematika teorema pythagoras untuk siswa kelas VIII dapat digunakan untuk proses belajar secara individu maupun kelompok. Berdasarkan saran dari penelitian pengembangan media mobile ini, perlu dilakukan beberapa perbaikan, yaitu dalam hal sistematika urutan materi, soal latihan, penggunaan huruf pada media harus readable, serta konsep animasi lebih dikembangkan lagi sehingga media pembelajaran mobile matematika teorema pythagoras akan menjadi lebih baik dan mudah digunakan.