Pendapat warga belajar tentang kemampuan tutor dalam proses pembelajan kejar paket C (studi kasus di PKBM "Bina Bangsa" Desa Sumbersuko Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang) / Indah Nur Masfufah

Main Author: Indah Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/5518/
Daftar Isi:
  • KataKunciPendapatWargaBelajarTutorKejarPaketCPusatKegiatanBelajarMasyarakatadalahsebuahlembagaatauwadahuntukmenampungkegiatanbelajarmasyarakatsehinggakeberadaannyamerupakansalahsatualternatifyangdapatdipilihataudijadikanajangpemberdayaanmasyarakat.SejalandenganpemikiranmelembagakanPKBMmakapotensiyangselamainitidaktergaliakandapatdigaliditumbuhkandandimanfaatkanolehmasyarakat.Tutoradalahorangyangmemberikanilmupengetahuankepadaanakdidik.Tutordalampandanganmasyarakatadalahorangyangmelaksanakanpendidikanditempat-tempattertentutidakselaludalamsuatulembagatapibisajugadidalammesjidsurau/musholadirumahdanlainsebagainyaKejarPaketCmerupakanprogrampendidikanluarsekolahyangsetaradenganSMAyangdikembangkandengantujuanuntukmemberikanpelayanan-pelayananpendidikanterhadapmasyarakatpadaumumnyayangdidalamnyamencakuptentangilmupengetahuandanketrampilankegiataninisetaradengantingkatSMA.PaketCberperanuntukmeningkatkansumberdayamanusiadalamhaliniperluadanyasuatukajiantentangkejarpaketC.DalampenelitianiniakandideskripsikanmengenaiPendapatwargabelajartentangtutordalamprosespembelajaranKejarPaketCdiPKBMBinaBangsa.PembahasaniniberkaitandenganpendapatwargabelajartentangcaramengajartutorpenguasaanmateribelajarpenggunaanmetodebelajarpenggunaanmediabelajarpenggunaanbahasadalampembelajarancaratutormengevaluasihasilbelajarpendapatwargabelajartentangkesesuaianjambelajardansaranaprasaranayangadadalamPKBMBinaBangsa.Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdenganmenggunakanrancanganstudikasus.Untukmenjaringdatayangmenggunakanangketwawancaradanobservasi.Angketiniberisi8pertanyaandandiberikankepada40wargabelajarkejarpaketC.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapendapatwargabelajartentangtutordarikeseluruhanprosespembelajaranpadaumumnyacukupbaikdanmenguasai.Haliniditunjukkandengantercapainyaseluruhindikatorpendapatwargabelajartentangtutor.Caramengajartutor425%cukupbaik325%baikdan25%sangatbaik.Penguasaanmateribelajar35%hasilnyacukupmenguasaidan35%hasilnyamenguasaisedangkan30%lainnyamengatakansangatmenguasai.Penggunaanmetodebelajar30%berpendapatcukuptepat475%tepatdan225%lainnyamenyatakansangattepat.Penggunaanmediabelajar5%menyatakankurangmenguasai375%cukupmenguasai275%menyatakanmenguasaisedangkan30%lainnyaberpendapatsangatmenguasai.Penggunaanbahasa225%berpendapatcukupbaik525%baikdan25%lainnyaberpendapatsangatbaik.Pengevaluasianhasilbelajar325%menyatakancukupbaik425%wargabelajarmenyatakanbaikdan25%wargabelajarmenyatakansangatbaik.Kesesuaianjambelajar10%wargabelajarmenyatakantidaksesuai5%menyatakankurangsesuai35%menyatakancukupsesuaisedangkan275%menyatakansesuaidan225%lainnyamenyatakansangatsesuai.SaranadanPrasarana15%menyatakantidakmemadai20%menyatakankurangmemadai325%menyatakancukupmemadai20%menyatakanmemadaidan125%menyatakansangatmemadai.Bertolakdarikeseluruhanhasilpenelitianinidisarankanagar(1)BagiTutorkejarpaketCdiharapkanTutorhendaknyaterusmeningkatkankemampuannyadalammenguasaimateribelajarmetodebelajardanpenggunaanmediabelajar.Sehinggakegiatanpembelajarandapatlebihefektif.(2)BagiWargaBelajardiharapkandapatberperanaktifdalamprosespembelajaranagarkegiatanpembelajarandapatberlangsungdenganbaik.(3)BagiPKBMBinaBangsaDiharapkanbisameningkatkanpengelolaanKejarPaketCdanjugalebihmeningkatkansaranadanprasaranadalamprosespembelajaran.(4)BagiPenelitiSelanjutnyaDiharapkandapatmelakukanpenelitianlebihlanjutpadaprogramKejarPaketCdiPKBMBinaBangsadalamaspekyangberkaitandenganpendapatwargabelajartentangtutordalamprosespembelajarannya.(5)BagiJurusanPendidikanLuarSekolahPenelitiberharapagarJurusanPLSdapatmeningkatkanpemahamanmahasiswaterhadappraktekpendidikannonformaldiPKBMagarmahasiswamemilikipemahamankonsepdanpraktekpendidikannonformalyanglebihbaik.