Metode pembelajaran sejarah Islam di kelas XII Jurusan MAKBI (Madrasah Aliyah Keagamaan Bertaraf Internasional) MAN 3 Malang / Moh. Thobib
Main Author: | Thobib, Moh. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55150/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKThobibMoh.2015.MetodePembelajaranSejarahIslamDiKelasXIIJurusanMAKBI(MadrasahAliyahKeagamaanBertarafInternasional)MAN3Malang.Skripsi.JurusanSejarah.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.HariyonoM.Pd.KatakunciMetodePembelajaranSejarahIslamMadrasahBertarafInternasional.PembelajaransejarahIslammenjadisuatukebutuhanintelektualyangpentingbagipesertadidikdilingkunganmadrasahbertarafinternasional.Untukbisamencapaihaltersebuthalyangmempengaruhiadalahpenggunaanmetodepembelajaranyangdigunanakanguru.Dalamprosesbelajarmengajargurudihadapkanuntukmemilihmetode-metode.Sebabmetodepembelajaranakanmenentukancaraterbaikdalammenyampaikanmeteriyangsesuaidengankondisipesertadidik.SehingganantinyaakanmenentukanstimulusyangsesuaidanharusdiberikankepadapesertadidikuntukmenghasilkanresponyangbaikpuladikelasXIIJurusanMAKBI(MadrasahAliyahKegamaanBertarafInternasional)MAN3Malang.KajiantentangmetodepembelajaranyangdigunakansaatpembelajaransejarahIslamdikelasXIIJurusanMAKBIMAN3Malang.Penelitiakanmengkajisesuairumusanmasalahsebagaiberikut(1)MetodeapayangdigunakansaatpemebelajaransejarahIslamdikelasXIIJurusanMAKBIMAN3Malang(2)BagaimanaefektivitaspenerapanmetodepembelajaranyangdigunakanolehguruSKIkelasXIIJurusanMAKBIMAN3Malang.Melaluimetodepenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptifmakapenelitimenjadiinstrumenutamadalampenelitiantesrebut.PenelitimemperolehdatadengancaraobservasiwawancaradokumentasidikelasXIIJurusanMAKBIMAN3Malang.DatayangberhasildidapatkansepertiperangkatpembelajaranberupasilabusrancanganrencanapembelajaranstandarkompetensidankompetensidasarpelajaranSKIsertadokumentasisaatkegiatanpembelajaransejarahIslamkelasXIIJurusanAgama.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)MetodepembelajaranyangdigunakanguruSKIsaatpembelajarandikelasXIIJurusanMAKBIMAN3MalangadalahmetodeceramahmerangkumtanyajawabpenayanganvideosejarahIslamdiskusikelompokdanpresentasi.(2)Untukefektivitaspenerapanmetodepembelajaranyangditerapakanditunjukkandenganrespondaripesertadidikberupa(a)mampumenjelaskanhasilpembelajaransejarahIslamdenganbaik(b)berupayamenyelesaikantugasSKIdenganbenardenganhasilpekerjaanmayoritasmendapatkannilaipredikatA(80)baiktugasindividudankelompok(c)memanfaatkankesempatanuntukbertanyakepadagurutentanghalyangbelumdipahamidalampembelajaransaatgurumenggunakanmetodepembelajaranceramahdantanyajawab(d)pesertadidikbenar-benarmemperhatikanpenjelasangurusaatadahal-halbaruyangbelumpernahpesertadidikketahui(e)mampumenyelesaikanmasalahdenganbaikmelaluicontohpengalamanpribadiataukehidupandisekitarnyasetelahmelihattayanganvideosejarahIslamsepertikisahKhalifahUmarbinKhattab.Penelitimenyarankankepadagurudanpihakmadarasah.PentingnyapemilihandanperluadanyafariasimetodepembelajaransejarahuntukmenumbuhkanketertarikanpesertadidikdanpembelajarantidakhanyaterfokuspadasejarahIslam.Namunpembelajaransejarahumumdiperlukanuntukwawasansejarahsecaraglobalbagipesertadidik.