Metode pembelajaran sejarah Islam di kelas XII Jurusan MAKBI (Madrasah Aliyah Keagamaan Bertaraf Internasional) MAN 3 Malang / Moh. Thobib

Main Author: Thobib, Moh.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55150/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKThobibMoh.2015.MetodePembelajaranSejarahIslamDiKelasXIIJurusanMAKBI(MadrasahAliyahKeagamaanBertarafInternasional)MAN3Malang.Skripsi.JurusanSejarah.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.HariyonoM.Pd.KatakunciMetodePembelajaranSejarahIslamMadrasahBertarafInternasional.PembelajaransejarahIslammenjadisuatukebutuhanintelektualyangpentingbagipesertadidikdilingkunganmadrasahbertarafinternasional.Untukbisamencapaihaltersebuthalyangmempengaruhiadalahpenggunaanmetodepembelajaranyangdigunanakanguru.Dalamprosesbelajarmengajargurudihadapkanuntukmemilihmetode-metode.Sebabmetodepembelajaranakanmenentukancaraterbaikdalammenyampaikanmeteriyangsesuaidengankondisipesertadidik.SehingganantinyaakanmenentukanstimulusyangsesuaidanharusdiberikankepadapesertadidikuntukmenghasilkanresponyangbaikpuladikelasXIIJurusanMAKBI(MadrasahAliyahKegamaanBertarafInternasional)MAN3Malang.KajiantentangmetodepembelajaranyangdigunakansaatpembelajaransejarahIslamdikelasXIIJurusanMAKBIMAN3Malang.Penelitiakanmengkajisesuairumusanmasalahsebagaiberikut(1)MetodeapayangdigunakansaatpemebelajaransejarahIslamdikelasXIIJurusanMAKBIMAN3Malang(2)BagaimanaefektivitaspenerapanmetodepembelajaranyangdigunakanolehguruSKIkelasXIIJurusanMAKBIMAN3Malang.Melaluimetodepenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptifmakapenelitimenjadiinstrumenutamadalampenelitiantesrebut.PenelitimemperolehdatadengancaraobservasiwawancaradokumentasidikelasXIIJurusanMAKBIMAN3Malang.DatayangberhasildidapatkansepertiperangkatpembelajaranberupasilabusrancanganrencanapembelajaranstandarkompetensidankompetensidasarpelajaranSKIsertadokumentasisaatkegiatanpembelajaransejarahIslamkelasXIIJurusanAgama.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)MetodepembelajaranyangdigunakanguruSKIsaatpembelajarandikelasXIIJurusanMAKBIMAN3MalangadalahmetodeceramahmerangkumtanyajawabpenayanganvideosejarahIslamdiskusikelompokdanpresentasi.(2)Untukefektivitaspenerapanmetodepembelajaranyangditerapakanditunjukkandenganrespondaripesertadidikberupa(a)mampumenjelaskanhasilpembelajaransejarahIslamdenganbaik(b)berupayamenyelesaikantugasSKIdenganbenardenganhasilpekerjaanmayoritasmendapatkannilaipredikatA(80)baiktugasindividudankelompok(c)memanfaatkankesempatanuntukbertanyakepadagurutentanghalyangbelumdipahamidalampembelajaransaatgurumenggunakanmetodepembelajaranceramahdantanyajawab(d)pesertadidikbenar-benarmemperhatikanpenjelasangurusaatadahal-halbaruyangbelumpernahpesertadidikketahui(e)mampumenyelesaikanmasalahdenganbaikmelaluicontohpengalamanpribadiataukehidupandisekitarnyasetelahmelihattayanganvideosejarahIslamsepertikisahKhalifahUmarbinKhattab.Penelitimenyarankankepadagurudanpihakmadarasah.PentingnyapemilihandanperluadanyafariasimetodepembelajaransejarahuntukmenumbuhkanketertarikanpesertadidikdanpembelajarantidakhanyaterfokuspadasejarahIslam.Namunpembelajaransejarahumumdiperlukanuntukwawasansejarahsecaraglobalbagipesertadidik.