Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IIS 2 di SMAN 10 Malang tahun 2014/2015 / Irvan Rahmat Anggara

Main Author: Anggara, Irvan Rahmat
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55103/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnggaraIrvanRahmat.2015.PenerapanModelPembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranSejarahKelasXIIIS2diSMAN10MalangTahun2014/2015.SkripsiProdiPendidikanSejarahJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.NurHadiM.Pd.M.SiKataKunciModelPembelajaranCIRCHasilBelajarMataPelajaranSejarahKebanyakangurumengajarsiswadenganmetodeyangkonvensionalcontohnyasepertimetodeceramah.Metodedanmodelsepertiitulahyangmembuatpelajaransejarahmenjaditidakmenarikdanhasilbelajarsiswamenurun.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuandanhasilbelajarsiswaadalahmodelpembelajarankooperatif.Pembelajarankoopratifmerupakanstrategipembelajaranyangmendorongsiswaaktifmenemukansendiripengetahuannyamelaluiketrampilanbekerjasama.SalahsatumodelpembelajarankooperatifadalahCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC).ModelpembelajaranCIRCadalahpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraberkelompokuntukmemahamibacaanyangdapatdiaplikasikansecaraluas.Dalampelaksanaannyasiswadiajakbelajarbersamadalamkegiatanmembacadanmenulisdengantemansatukelompok.Siswadiajarkanuntukdapatmemahamidanmencariidepokokbacaandalamwacanaatauartikel.Adapunrumusanmasalahpenelitianiniyaitu(1)BagaimanapenerapanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)padamatapelajaransejarahdikelasXIIIS2(2)BagaimanapenerapanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)padamatapelajaransejarahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIIS2.JenispenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusmeliputiempattahapanyaitu(1)perencanaan(2)tindakan(3)observasidan(4)refleksi.BerdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandikelasXIIIS2tepatnyadiSMAN10Malangdiperolehhasilbelajaryangmeningkatdisetiapsiklusnya.Setelahmelaksanakanpre-testhasilbelajaryangdidapatyaitudaritotal29siswaterdapat19siswayangtidaktuntasdanpresentase6552%danhanyaada10siswayangtuntasdanpresentasebelajarhanya3448%.SetelahmenggunakanmodelpembelajaranpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)hasilbelajarsiswasiklusImengalamipeningkatan.Hasilbelajarpost-testsiklusIjumlahsiswayangmengikutiujian29siswadanyangtuntasberjumlah21siswadenganpresentase724%dansiswayangtidaktuntasberjumlah8siswadenganpresentase276%.Hasilpost-testsiklusIIdaritotalsiswaberjumlah29siswayangtuntasberjumlah25siswadenganpresentase862%siswayangtidaktuntasberjumlah4siswadenganpresentase138%.HalinimembuktikanbahwapenerapanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Halinidapatdilihatdariperbandinganperolehannilaisaatpre-testdanpost-testbaikdalamsiklusIatausiklusIIyangselalumeningkat.DapatdisimpulkanpembelajaransejarahdikelasXIIIS2tepatnyadiSMAN10MalangdapatmeningkatsetelahpenerapanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC).Melaluipnelitianinigurusejarahdiharapkandapatmenerapkanmodelpembelajaniniagarpemahamanmateridanhasilbelajarsiswameningkat