Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IIS 2 di SMAN 10 Malang tahun 2014/2015 / Irvan Rahmat Anggara
Main Author: | Anggara, Irvan Rahmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55103/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggaraIrvanRahmat.2015.PenerapanModelPembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranSejarahKelasXIIIS2diSMAN10MalangTahun2014/2015.SkripsiProdiPendidikanSejarahJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.NurHadiM.Pd.M.SiKataKunciModelPembelajaranCIRCHasilBelajarMataPelajaranSejarahKebanyakangurumengajarsiswadenganmetodeyangkonvensionalcontohnyasepertimetodeceramah.Metodedanmodelsepertiitulahyangmembuatpelajaransejarahmenjaditidakmenarikdanhasilbelajarsiswamenurun.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuandanhasilbelajarsiswaadalahmodelpembelajarankooperatif.Pembelajarankoopratifmerupakanstrategipembelajaranyangmendorongsiswaaktifmenemukansendiripengetahuannyamelaluiketrampilanbekerjasama.SalahsatumodelpembelajarankooperatifadalahCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC).ModelpembelajaranCIRCadalahpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraberkelompokuntukmemahamibacaanyangdapatdiaplikasikansecaraluas.Dalampelaksanaannyasiswadiajakbelajarbersamadalamkegiatanmembacadanmenulisdengantemansatukelompok.Siswadiajarkanuntukdapatmemahamidanmencariidepokokbacaandalamwacanaatauartikel.Adapunrumusanmasalahpenelitianiniyaitu(1)BagaimanapenerapanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)padamatapelajaransejarahdikelasXIIIS2(2)BagaimanapenerapanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)padamatapelajaransejarahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIIS2.JenispenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusmeliputiempattahapanyaitu(1)perencanaan(2)tindakan(3)observasidan(4)refleksi.BerdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandikelasXIIIS2tepatnyadiSMAN10Malangdiperolehhasilbelajaryangmeningkatdisetiapsiklusnya.Setelahmelaksanakanpre-testhasilbelajaryangdidapatyaitudaritotal29siswaterdapat19siswayangtidaktuntasdanpresentase6552%danhanyaada10siswayangtuntasdanpresentasebelajarhanya3448%.SetelahmenggunakanmodelpembelajaranpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)hasilbelajarsiswasiklusImengalamipeningkatan.Hasilbelajarpost-testsiklusIjumlahsiswayangmengikutiujian29siswadanyangtuntasberjumlah21siswadenganpresentase724%dansiswayangtidaktuntasberjumlah8siswadenganpresentase276%.Hasilpost-testsiklusIIdaritotalsiswaberjumlah29siswayangtuntasberjumlah25siswadenganpresentase862%siswayangtidaktuntasberjumlah4siswadenganpresentase138%.HalinimembuktikanbahwapenerapanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Halinidapatdilihatdariperbandinganperolehannilaisaatpre-testdanpost-testbaikdalamsiklusIatausiklusIIyangselalumeningkat.DapatdisimpulkanpembelajaransejarahdikelasXIIIS2tepatnyadiSMAN10MalangdapatmeningkatsetelahpenerapanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC).Melaluipnelitianinigurusejarahdiharapkandapatmenerapkanmodelpembelajaniniagarpemahamanmateridanhasilbelajarsiswameningkat