Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar semester gasal tahun ajaran 2010/2011 / Emy Khudhaifah
Main Author: | Khudhaifah, Emy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55069/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimotivasibelajarkebiasaanbelajarprestasi.MotivasibelajarsiswakelasXIIPSMadrasahAliyahNegeriBlitarpadamatapelajaransejarahberdasarkanobservasiawaltergolongrendahsedangkankebiasaanbelajarmerekatergolongkurangbaik.Merekaumumnyahanyabelajarsaatmenghadapiujiandanjarangsekalimelakukanstudiataubelajarsecararutin.Cukupbanyaksiswayangmempunyaikebiasaanbelajarkurangbaiksepertibelajardenganwaktuyangtidakteratur(tidakmemilikijadwal).PrestasibelajarpadamatapelajaransejarahsiswamasihbanyakyangmemperolehnilaidibawahSKMyaitu65.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhsecaraparsialmaupunsimultanmotivasibelajardankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSMadrasahAliyahNegeriBlitar.Berdasarkanlatarbelakangtersebutdirumuskanmasalahyaitu(1)apakahterdapatpengaruhmotivasibelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSMadrasahAliyahNegeriBlitarpadamatapelajaransejarah(2)apakahterdapatpengaruhkebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSMadrasahAliyahNegeriBlitarpadapelajaransejarahdan(3)apakahterdapatpengaruhsecarasimultanantaramotivasibelajardankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSMadrasahAliyahNegeriBlitarpadapelajaransejarah.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkorelasionaldaninstrumenyangdigunakanberupakuesionerdandokumentasi.Teknikpengambilansampelpadapenelitianiniadalahproportionalrandomsampling.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSMadrasahAliyahNegeriBiltaryangberjumlah209siswadengansampelsebesar70respondensedangkanteknikanalisisdatanyamenggunakanregresilinierberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraparsialmotivasibelajarberpengaruhsecarasignifikanterhadapprestasibelajarsiswa.Haliniterbuktidarihasilanalisisdarivariabelmotivasibelajardenganujityaituthitungttabelsebesar22451995dansignifikansit(sig000005).Secaraparsialkebiasaanbelajarberpengaruhsecarasignifikanterhadapprestasibelajarsiswayangditunjukkanhasilujityaituthitungttabelsebesar26442007dansignifikansit(sig002005).Kemudiandiketahuisecarasimultanbahwamotivasidankebiasaanbelajarmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.HaliniterbuktidenganujiFyaituFhitungFtabelsebesar445313.Berdasarkanhasilpenelitianbeberapasaranyangdiperkirakandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadiajukan.Saranyangdiajukantersebutadalah(1)pihaksekolahhendaknyajugamemperhatikanfaktor-faktorlainyangsekiranyadapatmenunjangprestasibelajarsejarahsiswamisalnyamemberikankelengkapandankemudahanfasilitassekolahyangdapatmendukungsuasanabelajarsejarahsehinggasiswabersemangatdalambelajar.Halinibisaberupapelengkapanbuku-bukusejarahyangmenunjangpembelajaransertapenambahanmediapembelajaransejarah(2)agarguruhendaknyadapatmenentukanlangkahyangefektifuntukmeningkatkancaradanmutupengajarannyadan(3)dalampenelitianinimasihbanyakvariabelbebaslainyangturutberpengaruhterhadapprestasisiswayangtidakdikajimisalnyapendidikangurumetodepembelajaranintelegensisiswaperhatianorangtuacaramengajargurusertasaranadanprasarana.Olehkarenaitubagipenelitiselanjutnyahendaknyamenambahvariabel-variabelyangbelumdikajitersebutsehinggadapatmenemukanfaktordominanyangmempengaruhiprestasibelajarsiswaagarselanjutnyadapatdiambillangkah-langkahdalamusahapeningkatanprestasibelajarsiswa.