Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis macromedia flash 8.0 pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 10 Malang / Dwi Karuniawan

Main Author: Karuniawan, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55059/
Daftar Isi:
  • KataKuncipengembanganmediapembelajaranpermainanulartanggapokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiahasilbelajar.Padaproseskegiatanbelajarmengajar(KBM)terdapattigakomponenutamayangterlibatdidalamnya.Ketigakomponentersebutyaitugurusiswadanisi(materipembelajaran).AgarprosesKBMberjalandenganbaikdanlancarketigakomponentersebutharuslahsalingmelengkapi.GurusebisamungkinmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkanagarsiswatertarikdantermotivasimengikutiKBM.Untukmenciptakansuasanayangmenyenangkantersebutgurudapatmenggunakanmultimediasebagaimediapembelajaran.Sehinggadiharapkandenganmengemasisi(materipembelajaran)denganmultimediasiswalebihtertarikdantermotivasimengikutiKBM.DiSMANegeri10MalangpembelajaransejarahdenganpokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiamasihbelummenyentuhpengembanganmediapembelajaranyangberbasismultimedia.HaltersebutnampakpadasaatprosesKBMyangberlangsungdisanayangmasihmenggunakanmetodeceramahdandiskusisedangkanmediapembelajaranyangdigunakanhanyaberkisarpadabukupaketpetadanpapantulissaja.Olehkarenaitulahdilakukansebuahpenelitianpengembanganmediapembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianpengembanganiniyaitu(1)BagaimanapengembanganmediapembelajaranpermainanulartanggaberbasisMacromediaFlash8.0padapokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiadikelasXIProgramIPSSMANegeri10Malangtahunpelajaran2009/2010(2)BagaimanapenerapanmediapembelajaranpermainanulartanggaberbasisMacromediaFlash8.0padapokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiadikelasXIProgramIPSSMANegeri10Malangtahunpelajaran2009/2010dan(3)BagaimanahasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmediapembelajaranpermainanulartanggaberbasisMacromediaFlash8.0pokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiadikelasXIProgramIPSSMANegeri10Malangtahunpelajaran2009/2010.DarirumusanmasalahdiatasnampakbahwamediayangdikembangkanadalahpermainanulartanggayangpengembangannyamenggunakanprogramMacromediaFlash8.0.Ulartanggadipilihkarenapermainaninitelahdikenalluasolehsiswaselaininipermainanulartanggajugamerupakansalahsatubentukpermainanyangkreatifdanmenariksertasiswaakandituntutuntukberkompetisidalammemainkannya.Mediapembelajaraninimemilikiduakomponenutama