Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis macromedia flash 8.0 pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 10 Malang / Dwi Karuniawan
Main Author: | Karuniawan, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55059/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganmediapembelajaranpermainanulartanggapokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiahasilbelajar.Padaproseskegiatanbelajarmengajar(KBM)terdapattigakomponenutamayangterlibatdidalamnya.Ketigakomponentersebutyaitugurusiswadanisi(materipembelajaran).AgarprosesKBMberjalandenganbaikdanlancarketigakomponentersebutharuslahsalingmelengkapi.GurusebisamungkinmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkanagarsiswatertarikdantermotivasimengikutiKBM.Untukmenciptakansuasanayangmenyenangkantersebutgurudapatmenggunakanmultimediasebagaimediapembelajaran.Sehinggadiharapkandenganmengemasisi(materipembelajaran)denganmultimediasiswalebihtertarikdantermotivasimengikutiKBM.DiSMANegeri10MalangpembelajaransejarahdenganpokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiamasihbelummenyentuhpengembanganmediapembelajaranyangberbasismultimedia.HaltersebutnampakpadasaatprosesKBMyangberlangsungdisanayangmasihmenggunakanmetodeceramahdandiskusisedangkanmediapembelajaranyangdigunakanhanyaberkisarpadabukupaketpetadanpapantulissaja.Olehkarenaitulahdilakukansebuahpenelitianpengembanganmediapembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianpengembanganiniyaitu(1)BagaimanapengembanganmediapembelajaranpermainanulartanggaberbasisMacromediaFlash8.0padapokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiadikelasXIProgramIPSSMANegeri10Malangtahunpelajaran2009/2010(2)BagaimanapenerapanmediapembelajaranpermainanulartanggaberbasisMacromediaFlash8.0padapokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiadikelasXIProgramIPSSMANegeri10Malangtahunpelajaran2009/2010dan(3)BagaimanahasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmediapembelajaranpermainanulartanggaberbasisMacromediaFlash8.0pokokbahasanpendudukanmiliterJepangdiIndonesiadikelasXIProgramIPSSMANegeri10Malangtahunpelajaran2009/2010.DarirumusanmasalahdiatasnampakbahwamediayangdikembangkanadalahpermainanulartanggayangpengembangannyamenggunakanprogramMacromediaFlash8.0.Ulartanggadipilihkarenapermainaninitelahdikenalluasolehsiswaselaininipermainanulartanggajugamerupakansalahsatubentukpermainanyangkreatifdanmenariksertasiswaakandituntutuntukberkompetisidalammemainkannya.Mediapembelajaraninimemilikiduakomponenutama