Analisis kualitas LKS mata pelajaran IPS sejarah SMP kelas VIII semester II di kota Malang / Widya Arista Dewi

Main Author: Dewi, Widya Arista
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55052/
Daftar Isi:
  • KatakuncikualitasLKSIPSsejarahSMPkelasVIIIsemesterIIaspekkelengkapankomponenaspekfisikLKSaspekisi/materiaspekbahasaBerdasarkanobservasidilapangansaatinisekolahtidaklagimewajibkansiswanyauntukmembelibukuteks.SiswahanyadiwajibkanuntukmembelibukupendampingbelajarsiswayangseringdisebutLKSsebagaipenggantibukuteks.HalinidikarenakanhargaLKStersebutlebihmurahdibandingkandenganhargabukutekssehinggatidakmemberatkanorangtuasiswauntukmembelinya.KesadaranakanbanyaknyapermintaanterhadapLKSmenyebabkanbanyakpenerbitswastamenyusundanmenerbitkanLKSyangakandipakaisebagaipeganganwajibbagisiswa.LKSyangdipakaidisekolah-sekolahtersebutsebagianbesarbelumdianalisiskualitasnyaolehgurumatapelajarantermasukgurusejarah.OlehkarenaitudiperlukanadanyasuatupenelitianuntukmenganalisiskualitasLKStersebutmengingatbegitupentingnyaLKSdalamprosesbelajarmengajar.Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu(1)bagaimanakahkelengkapankomponendalamLKSIPSSejarahkelasVIIIsemesterIIdikotaMalang(2)bagaimanakahkualitasfisikLKSIPSSejarahkelasVIIIsemesterIIdikotaMalang(3)bagaimanakahkualitasaspekisi/materiLKSIPSkelasVIIIsemesterIIdikotaMalang(4)bagaimanakahkualitasaspekbahasaLKSIPSkelasVIIIsemesterIIdikotaMalang.Rancanganpenelitianmenggunakanpenelitiandeskriptifanalisisisi.SampelpenelitiandiambildenganteknikpurposivesamplingdariLKSIPSSejarahyangdigunakandiSekolahMenengahPertamaNegeridikotaMalang.LKSIPSSejarahyangdipilihsebagaisampeladalahCHCRdanES.Metodeyangdigunakanuntukpengumpulandataadalahmetodedokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatadeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakualitasLKSIPSSejarahCHCRdanESadalahcukupbaik.MeskipundemikiankualitasLKSIPSSejarahCRlebihungguldibandingkandenganduaLKSIPSSejarahyanglainnyadenganrincian1)KualitasaspekkelengkapankomponenketigaLKSIPSSejarahtersebutadalahbaikyaitu9090%2)KualitasaspekfisikLKSIPSSejarahCHadalahkurangbaik(5476%)CRadalahcukupbaik(6667%)sedangkanESjugacukupbaik(6785%)3)Kualitasaspekisi/materiLKSIPSSejarahCHadalahkurangbaik(5128%)LKSIPSSejarahCRadalahcukupbaik(6923%)sedangkanLKSIPSSejarahESjugacukupbaik(6156%)4)KualitasaspekbahasaLKSIPSSejarahCHadalahcukupbaik(6363%)CRadalahcukupbaik(606%)sedangkanESjugacukupbaik(606%).OlehiikarenaitudapatdisimpulkanbahawadalampenggunaanketigaLKSIPSSejarahtersebutharusdiengkapidenganbuku-bukupenunjanglainyangrelevan.BerdasarkankesimpulantersebutmakadisarankankepadaguruagardalamprosesbelajarmengajartidakhanyamenggunakanLKSIPSSejarahsaja.Diperlukanbuku-bukupenunjanglainnyakarenapadadasarnyaLKSIPSSejarahsifatnyahanyasebagaibukupenunjangataupelengkapbukuteks.BagipenelitilaindiharapkanmelakukanpenelitianyangsejenisuntukmenambahdanmelengkapipenelitiantentangLKSIPSSejarah.