Analisis kualitas LKS mata pelajaran IPS sejarah SMP kelas VIII semester II di kota Malang / Widya Arista Dewi
Main Author: | Dewi, Widya Arista |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55052/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikualitasLKSIPSsejarahSMPkelasVIIIsemesterIIaspekkelengkapankomponenaspekfisikLKSaspekisi/materiaspekbahasaBerdasarkanobservasidilapangansaatinisekolahtidaklagimewajibkansiswanyauntukmembelibukuteks.SiswahanyadiwajibkanuntukmembelibukupendampingbelajarsiswayangseringdisebutLKSsebagaipenggantibukuteks.HalinidikarenakanhargaLKStersebutlebihmurahdibandingkandenganhargabukutekssehinggatidakmemberatkanorangtuasiswauntukmembelinya.KesadaranakanbanyaknyapermintaanterhadapLKSmenyebabkanbanyakpenerbitswastamenyusundanmenerbitkanLKSyangakandipakaisebagaipeganganwajibbagisiswa.LKSyangdipakaidisekolah-sekolahtersebutsebagianbesarbelumdianalisiskualitasnyaolehgurumatapelajarantermasukgurusejarah.OlehkarenaitudiperlukanadanyasuatupenelitianuntukmenganalisiskualitasLKStersebutmengingatbegitupentingnyaLKSdalamprosesbelajarmengajar.Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu(1)bagaimanakahkelengkapankomponendalamLKSIPSSejarahkelasVIIIsemesterIIdikotaMalang(2)bagaimanakahkualitasfisikLKSIPSSejarahkelasVIIIsemesterIIdikotaMalang(3)bagaimanakahkualitasaspekisi/materiLKSIPSkelasVIIIsemesterIIdikotaMalang(4)bagaimanakahkualitasaspekbahasaLKSIPSkelasVIIIsemesterIIdikotaMalang.Rancanganpenelitianmenggunakanpenelitiandeskriptifanalisisisi.SampelpenelitiandiambildenganteknikpurposivesamplingdariLKSIPSSejarahyangdigunakandiSekolahMenengahPertamaNegeridikotaMalang.LKSIPSSejarahyangdipilihsebagaisampeladalahCHCRdanES.Metodeyangdigunakanuntukpengumpulandataadalahmetodedokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatadeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakualitasLKSIPSSejarahCHCRdanESadalahcukupbaik.MeskipundemikiankualitasLKSIPSSejarahCRlebihungguldibandingkandenganduaLKSIPSSejarahyanglainnyadenganrincian1)KualitasaspekkelengkapankomponenketigaLKSIPSSejarahtersebutadalahbaikyaitu9090%2)KualitasaspekfisikLKSIPSSejarahCHadalahkurangbaik(5476%)CRadalahcukupbaik(6667%)sedangkanESjugacukupbaik(6785%)3)Kualitasaspekisi/materiLKSIPSSejarahCHadalahkurangbaik(5128%)LKSIPSSejarahCRadalahcukupbaik(6923%)sedangkanLKSIPSSejarahESjugacukupbaik(6156%)4)KualitasaspekbahasaLKSIPSSejarahCHadalahcukupbaik(6363%)CRadalahcukupbaik(606%)sedangkanESjugacukupbaik(606%).OlehiikarenaitudapatdisimpulkanbahawadalampenggunaanketigaLKSIPSSejarahtersebutharusdiengkapidenganbuku-bukupenunjanglainyangrelevan.BerdasarkankesimpulantersebutmakadisarankankepadaguruagardalamprosesbelajarmengajartidakhanyamenggunakanLKSIPSSejarahsaja.Diperlukanbuku-bukupenunjanglainnyakarenapadadasarnyaLKSIPSSejarahsifatnyahanyasebagaibukupenunjangataupelengkapbukuteks.BagipenelitilaindiharapkanmelakukanpenelitianyangsejenisuntukmenambahdanmelengkapipenelitiantentangLKSIPSSejarah.