Pemanfaatan situs sejerah Candi Jago sebagai salah satu sumber belajar dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang / Dwi Setyorini

Main Author: Setorini, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55043/
Daftar Isi:
  • KTSPadalahkurikulumoperasionalyangdisusundandilaksanakandimasing-masingsatuanpendidikan.DalampenerapanKTSPsangatdibutuhkanSDMguruyangprofesional.Guruharusmemfasilitasisiswa-siswauntukbelajarsecaramaksimaldenganmempergunakanberbagaistrategimetodemediadansumberbelajar.Gurudituntuttidakhanyamendayagunakansumberbelajaryangadadisekolahtetapijugamempelajariberbagaisumberbelajaryangadadilingkungansekitar.SMANegeri1TumpangadalahSekolahMenengahAtasNegeridiwilayahKecamatanTumpangyangtelahmelaksanakanKurikulumTingkatSatuanPendidikansejaktahunajaran2006/2007sampaisekarang.PenetapanSMANegeri1TumpangsebagailokasipenelitianantaralainkarenaSMANegeriITumpangmerupakansekolahtervaforitdiwilayahkecamatanTumpangdengansiswa-siswiyangmemilikiprestasiyangbagus.AlasanlainnyakarenalokasiSMANegeri1TumpangtidakjauhdarisitussejarahCandiJagoyangdapatdimanfaatkansebagaisumberbelajarsejarah.PemanfaatanCandiJagosebagaisumberbelajarsejarahtersebutsesuaidenganinovasipembelajaranyangdiharapkandalamKTSP.Berdasarkanpadajuduldanlatarbelakangyangpenuliskemukakanmakarumusanmasalahyangmunculyaitu(1)BagaimanapelaksanaankegiatanbelajardenganmemanfaatkansitussejarahCandiJagosebagaisumberbelajarsejarahdikelasXISMANegeri1Tumpang(2)Faktor-faktorapayangmendukungdanmenghambatdalampelaksananpembelajarandenganmemanfaatkansitussejarahCandiJagosebagaisumberbelajarsejarahdikelasXISMANegeri1Tumpang(3)BagaimanatingkatefektifitaspemanfaatansitussejarahCandiJagosebagaisumberbelajarsejarahdalampelaksanaanKurikulumTingkatSatuanPendidikandikelasXISMANegeri1Tumpang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrencanganpenelitiandeskriptifdenganmenggunakanpendekatankualitatif.SubjekdalampenelitianiniadalahgurusejarahkelasXISMANegeri1TumpangdansiswakelasXIIPS1SMANegeri1Tumpang.Instrumendalampenelitianiniadalahpeneliti(humaninstrument)yangmelakukanwawancaraobservasidokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwagurusejarahkelasXISMANegeri1Tumpangtelahmemanfaatkansitussejarahsebagaisalahsatusumberbelajar.AdapunbentukpemanfaatannyayaitugurumengajaksiswamelakukanpembelajarandicandiJago.KegiatanpembelajarandenganmemanfaatkansitussejarahcandiJagosebagaisumberbelajarsejarahlebihmenarikkegiatanbelajarmenjaditidakmembosankandanmenumbuhkanantusiasmesiswadalambelajarHaliniterbuktidenganpersentaseobservasiaktivitassiswadalampembelajaranberdasarkandeskripsiyangtampakpadalembarobservasiyaitu8554%dengankriteriasangatbaik.Pembelajaranlebihbermaknasebabsiswadapatmenangkapsecarakonkritmemahamidanmengamatisumbersecaralangsungsertasiswamampumenyerapmateriyangdisajikangurudenganbaik.FaktorpendukungpelaksanaanpembelajaranpelaksananpembelajarandenganmemanfaatkansitussejarahCandiJagosebagaisumberbelajarsejarahmeliputilokasisituscandiJagoyangberadadekatdenganSMANegeri1Tumpang.SelainitupembelajaranyangbersifatfaktualbiayamurahprosesadministrasiyangmudahdanpembelajaranyangsesuaidenganKTSP.Sedangkanfaktorpenghambatnyaadalahfaktorkedisplinansiswa.UntukmengukurtingkatefektifitaspelaksanaanpembelajarandenganmemanfaatkansituscandiJagosebagaisumberbelajarsejarahmakadilakukanteshasilbelajar.Darihasiltesbelajarsiswatelahmencapaistandarkeberhasilansecaraklasikalyangtelahditentukanyaknidenganpersentase9024%.BerdasarkanhasiltesbelajartersebutmakapembelajaransejarahdenganmemanfaakansituscandiJagosebagaisumberbelajarefektifditerapkandikelasXISMANegeriTumpang.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagargurusejarahmemanfaatkansirussejarahsebagaisalahsatusumberbelajarsejarahdengancaramembawasiswamelakukanpembelajarandisitussecaralangsung.Dalampelaksanaanpembelajaransejarahdenganmemanfaatkansitussejarahsebagaisalahsatusumberbelajarsejarahhendaknyaguruselaluberusahamengembangkankreatifitasdalammerencanakankegiatanpemanfaatansumberbelajarsecaraefektifagardalampelaksanaanpembelajaransiswamerasasenangdanantusiassehinggadapatmencapaihasilbelajaryanglebihbaik.