Perbandingan efektifitas pembelajaran konvensional dengan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran IPS-Sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 17 Malang / Uswatun Hasanah
Main Author: | Hasanah, Uswatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55038/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHasanahUswatun.2009.PerbandinganEfektifitasPembelajaranKonvensionalDenganPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)PadaMataPelajaranIPS-SejarahUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIISMPN17Malang.SkripsiJurusanSejarahProgramStudiPendidikanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.Hj.SitiMalikahTowafM.AP.hDKataKunciModelNumberedHeadsTogether(NHT)MetodeCeramahdanTanyaJawabHasilBelajarSalahsatumasalahpembelajaranpadajenjangpendidikandasardanmenengahadalahmasihadanyapolapembelajaranteoritisdankurangbervariasi.Selainitukegiatanpembelajarandikelasseringtextbookorienteddankurangmengaitkandenganlingkungandansituasidimanasiswaberada.BerdasarkanhasilobservasidalamprosespembelajaranIPS-sejarahdiSMPN17Malangmasihseringmenggunakanmodelceramahdanpernahmenggunakandiskusisederhanayangkurangbervariasisehinggasiswaseringmerasabosandanjenuhpadaakhirnyahasilbelajarnyapunkurangmaksimal.Namunkarenaperkembanganzamanmakametodekonvensionaldenganceramahdantanyajawabsudahtidakrelevandigunakan.OlehkarenaitupenelitimemperkenalkanmetodeyangbisadigunakansebagaiinovasipembelajarandiSMPN17MalangyaituNumberedHeadsTogether(NHT).Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalah(1)bagaimanahasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPS-SejarahsiswakelasVIIISMPN17Malangyangdiajarkandenganmenggunakanmetodekonvensional(2)bagaimanahasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPS-SejarahsiswakelasVIIISMPN17MalangyangdiajarkandenganmenggunakanmetodekooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)(3)bagaimanaperbandinganefektifitasmetodekonvensionaldanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)padamatapelajaranIPS-SejarahsiswakelasVIIISMPN17Malangdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuihasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPS-SejarahsiswakelasVIIISMPN17Malangyangdiajarkandenganmenggunakanmetodekonvensional(2)mengetahuihasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPS-SejarahsiswakelasVIIISMPN17MalangyangdiajarkandenganmenggunakanmetodekooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)(3)mengetahuiperbandinganefektifitasmetodekonvensionaldanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)padamatapelajaranIPS-SejarahsiswakelasVIIISMPN17Malangdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.HipotesisdalampenelitianiniadalahAdaperbedaanhasilbelajarantarasiswakelasVIIIyangmendapatperlakuanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)sebagaikelaseksperimendenganyangmendapatpembelajarankonvensionalmodelceramahdantanyajawabsebagaikelaskontrolpadamatapelajaranIPS-SejarahkelasVIIISMPN17Malang.iiPenelitianiniadalahpenelitianeksperimental(ExperimentalResearch)denganjenispenelitianeksperimeniniadalahEksperimenKuasi(QuasiExperimentaldesign).Darihasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarsiswadenganpembelajarankonvensionalmodelceramahdantanyajawablebihrendahdibandingkanhasilbelajarsiswadenganpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).(2)adanyapeningkatanbelajardarisiswayangdiajarkandenganmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)sebesar2879%.(3)pembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)lebihefektifjikadibandingkandenganpembelajarankonvensionalmodelceramahdantanyajawabKesimpulandaripenelitianini(1)hasilbelajarsiswayangdiajarkandenganmetodeceramahcenderunglebihrendahdibandingkandenganhasilsiswayangdiajarkandenganpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).(2)sesuaiyangtelahdilakukanpenelitidilapanganbahwapembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)jauhlebihefektifdaripadapembelajarankonvensionalterkaitdenganhasilpembelajaransiswa.Saranpadapenelitianini(1)perluadanyaliteraturmatapelajaranIPSyanglebihlengkapdisekolah.(2)pembelajarandenganpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)sebagaialternatifpilihanpembelajarandikelasuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(3)selanjutnyadapatdilakukanpenelitianlebihlanjutdenganmenggunakankompetensidansubjekyangberbeda.(4)siswahendaknyalebihmeningkatkankreatifitasmerekauntukberfikirlebihmajudanberanimengungkapkanpendapat.